15 Des 2012

SOAL UAS MATEMATIKA SMP


Untuk melatih kemampuan siswa dalam menghadapai Ujian Akhir semester 1, nggak ada salahnya jika para siswa berlatih beberapa soal yang ada di web ini, selain buatan kami sendiri juga sebagian kami i peroleh dari berbagai sumber, silakan download pada link dibawah.
Semoga bermanfaat!

Link Download :
  1. UAS Semester ganjil Kelas 7_1
  2. Soal latihan Semester 1 kelas 9 
  3. Soal latihan Semester 1 kelas 8
  4. Soal latihan Semester 1 kelas 7_2

12 Des 2012

Bahan Uji Publik Kurikulum 2013


Tanggal 29 November 2012 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengumumkan Draf resmi Kurikulum 2013.

Draf ini juga bisa diuji publik secara online di http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id

Kita semua berharap bahwa kurikulum ini akan benar benar dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Anda dapat menggunakan kesempatan baik ini untuk memberi masukan, kritik, dan saran hingga tanggal 24 Desember 2012.

Link Download
Bahan Uji Publik Kurikulum 2012

8 Des 2012

RPP Matematika Hasil WS MGMP



Workshop yang diselenggarakan MGMP Matematika SMP Kabupaten Tulungagung telah selesai dilaksanakan dan telah menghasilkan seperangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP lengkap dengan hand out dan LKS-nya dan dapat digunakan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013!

Apa yang kemudian kami Upload pada posting kali ini adalah hasil karya teman teman kami yang sudah begitu semangat mengikuti kegiatan tersebut, hanya saja masih berupa "bahan mentah", yang tentunya masih membutuhkan penyempurnaan.

Alasan kami masih meng-upload dalam bahan mentah adalah agar panjenengan bisa mengedit dengan mudah sesuai dengan kebutuhan, dan dengan itu pula kami berharap mendapat masukan dari panjenengan, agar kami bisa semakin baik dalam membekali diri.

Link download RPP semester genap:
  1. Kelas VII
  2. Kelas VIII
  3. Kelas IX

7 Des 2012

KURIKULUM 2013 : Tematik Integratif


Kurikulum 2013


JAKARTA - Akhir November lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan uji publik terhadap rancangan kurikulum baru yang akan diterapkan 2013 mendatang. Website Kemendikbud pun menampung beragam pro dan kontra terkait rancangan kurikulum baru ini.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyatakan, komentar-komentar tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan untuk menyempurnakan kurikulum tersebut. Nuh mengingatkan, kurikulum adalah ranah akademik, bukan ranah politik. "Jadi, semua persiapan, tradisi, dan persoalan dilakukan secara akademik," kata Nuh di ruang rapat Mendikbud, Gedung Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (6/12/2012).

Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya itu menegaskan, akan banyak hal yang diubah pada kurikulum ini, di antaranya standar kompetensi kelulusan (SKL), standar isi, standar proses dan standar penilaian. Sementara itu, kurikulum 2013, ujar Nuh, akan menggunakan pendekatan tematik integratif. Pendekatan ini memungkinkan satu tema pelajaran dibahas selama empat minggu.

"Kurikulum tematik integratif ini tidak mengurangi substansi dari pelajaran atau nilai tersebut. Sebenarnya bentuk ini juga sudah digunakan oleh sekolah-sekolah top di Indonesia," tuturnya.

Nuh mengimbuh, penerapan kurikulum untuk tingkat sekolah dasar (SD) lebih menekankan pada keutuhan berpikir, bukan spesialisasi. Dengan demikian, pelajaran yang dahulu disebut ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ilmu pengetahuan sosial (IPS), pada kurikulum baru disebut dengan fenomena alam dan fenomena sosial.

"Sekali lagi, ini tidak mengurangi subtansinya," tutur pria yang pernah menjabat sebagai menteri komunikasi dan informatika tersebut.

Saat ini, penerapan kurikulum 2013 masih dalam tahap persiapan. Kemendikbud pun gencar melakukan sosialisasi dalam rangka pengimplementasiannya. Desember ini, Kemendikbud memfokuskan pembahasan pada kerangka dasar penerapan kurikulum baru. Kemudian, dijadwalkan pada Maret 2013 sudah masuk tahap penyusunan buku babon untuk pegangan guru, dan Juni 2013 mulai implementasi terbatas.

"Diharapkan, tiga tahun kemudian, tepatnya Juni 2016, Kemendikbud dapat menilai implementasi kurikulum 2013 ini," tutur Nu

Bagi yang menghendaki BAHAN KURIKULUM 2013 silakan di download disini
REVISI SOP TEMATIK INTEGRATIF 17 MEI GUMATI

ANALISIS SKL MATEMATIKA UN 2012/2013


HASIL ANALISIS SKL DAN SI PERSIAPAN UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Dalam rangka membantu menghadapi UN 2012/2013, kami siapkan ANALISIS dan STANDAR ISI matematika yang bisa didownload disini

13 Nov 2012

Pembahasan Soal UN

Pembahasan Soal UN 
Sekali lagi kami harus banyak bersyukur kepada Tuhan, karena tidak putus putusnya kami menerima kegembiraan..., wacana keilmuan yang semakin bertambah, serta simpati dari rekan rekan guru yang cukup membuat kami berbesar hati....

Belum sempat kami Pengurus MGMP Matematika SMP Kabupaten Tulungagung membalas kebaikan Ibu Alfa Kristanti terhadap sumbangan beliau yang berupa Pembahasan Soal UN 2012, sudah datang lagi 5 paket pembahasan UN 2012 lain yang tentu manfaatnya bisa kita gunakan untuk belajar bersama dan terutama bagi peserta didik yang mulai saat ini sibuk mempersiapkan diri berlatih soal dalam menghadapi UN 2013!

Sekedar perlu diketahui bahwa artikel Pembahasan Soal 2012 yang kami upload pada tanggal 26 Oktober 2012 yang lalu telah dibuka lebih dari seribu kali (berdasar Page View), dengan demikian jelas bahwa artikel tersebut sangatlah disukai!

Dengan demikian kami yakin dengan datangnya kiriman Pembahasan Soal UN 2012 dalam bentuk paket yang baru ini bisa semakin banyak bisa memberikan manfaat bagi kita bersama,
Terimakasih tak terhingga kami ucapkan kepada Ibu Alfa Kristanti, dan mudah mudahan belaiau beserta keluarga senantiasa dalam kebaikan. Dan kami meyakini demikian karena :setiap kebaikan akan dibalas pula dengan kebaikan. Amin!

Link Download Pembahasan UN 2012 :
  1. Pembahasan UN 2012 Paket A17
  2. Pembahasan UN 2012 Paket B29
  3. Pembahasan UN 2012 Paket C32
  4. Pembahasan UN 2012 Paket D45
  5. Pembahasan UN 2012 Paket E57

10 Nov 2012

Contoh RPP SMP

Contoh RPP MGMP Matematika SMP Kab. Tulungagung

Hasil pertemuan MGMP tanggal 10 Nopember 2012, setiap peserta diharapkan membuat RPP dengan mengacu contoh format yang sudah ada :



Format RPP
Untuk Contoh selengkapnya :
RPP P. Wiradi
RPP Pythagoras
RPP Bu Peni
RPP Kesebangunan

26 Okt 2012

Pembahasan Soal UN 2012







Pembahasan Soal UN 2012

Sekali lagi... kami pengurus MGMP Matematika SMP Kabupaten Tulungagung mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Ibu Alfa Kristanti yang sudah berkenan untuk menyumbangkan artikel berupa Pembahasan Soal UN 2012 yang terdiri dari 5 paket.

Dengan pembahasan yang gampang dimengerti, serta ditulis dalam format PDF yang rapi, tentunya akan sangat mudah bagi kita dan juga peserta didik dalam mempelajarinya.

Beliau berharap bahwa pembahasan tersebut hendaknya dicermati, sehingga jika dimungkinkan terjadi kesalahan akan segera bisa dibetulkan..., apalagi jika kemudian para rekan guru mempunyai alternative lain dalam menyelesaikan soal tentunya akan semakin memperkaya keilmuan kita dan peserta didik dalam menyelesaikan soal, dan kami dengan sangat terbuka menerima pendapat dari para rekan rekan melaui kolom komentar maupun email kami : mgmpmatta@ymail.com

Selengkapnya silakan download melalui link dibawah ini :
Link download :
  1. Pembahasan soal UN 2012 Paket A13
  2. Pembahasan soal UN 2012 Paket B25
  3. Pembahasan soal UN 2012 Paket C37
  4. Pembahasan soal UN 2012 Paket D49
  5. Pembahasan soal UN 2012 Paket E52

24 Agu 2012

Evaluasi Guru Bersertifikasi

Evaluasi Guru Bersertifikasi
Oleh Prof. Suyanto, Ph.D
Plt. Dirjen Pendidikan Dasar Kemdikbud

Guru yang saat ini sudah memegang sertifikat pendidik akan segera dievaluasi. Demikian rencana pemerintah dalam kerangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan secara terus menerus. Pendidikan dalam prosesnya akan menghasilkan outcome yang final. Artinya, sekali satuan pendidikan memberikan tanda tamat belajar kepada siswa ya itulah hasil akhir dari proses yang ditawarkan sekolah dan dibeli oleh siswa. Jadi, kalau terjadi kesalahan dalam proses pendidikan yang diakibatkan oleh tidak dimilikinya kompetensi oleh guru, maka tidak ada lagi kesempatan untuk memperbaiki outcome dari sebuah proses pendidikan oleh satuan pendidikan itu sendiri.

Kalau saja guru mengajarkan konsep, pengetahuan, ilmu, maupun sistem nilai yang salah kepada siswa, maka setelah seorang siswa lulus dari sekolahnya semua bentuk kesalahan itu akan dibawa serta oleh para lulusan kemana saja dia hidup dan mengabdi. Oleh karena itu guru harus benar-benar profesional, menguasai kompetensi profesi, akademik, sosial, maupun kompetensi pribadi.

Sungguh sangat beda dalam industri barang yang besifat massif juga, seperti dalam industri otomotif. Jika ada produk mobil yang ternyata salah, maka produsennya dengan mudah pasang pengumuman agar semua pembeli merk mobil yang dibuat pada tahun tertentu datang lagi ke semua agen penjualannya untuk dibetulkan kesalahannya. Lalu bagaimana dalam dunia pendidikan formal persekolahan? Sangat tidak mungkin dan sangat tidak bisa untuk memanggil kembali semua lulusannya untuk dilakukan perbaikan konsep, pengetahuan, keilmuan, maupun tata nilai yang sudah terlanjur mereka terima secara salah dari guru-guru mereka. Itulah sebabnya guru memang sedapat mungkin tidak mengajarkan sedikitpun sesuatu hal yang salah pada siswanya. Oleh karena itu para guru kita yang saat ini telah memagang sertifikat pendidik yang jumlahnya telah mencapai 1.020.000 di jenjang pendidikan dasar dan menengah, perlu meningkatkan dirinya sebagai guru profesional dari hari ke hari tanpa henti. Mengapa begitu? Karena ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini melaju amat sangat cepat.

Tiga puluh tahun lalu suatu ilmu pengetahuan berkembang memerlukan waktu puluhan tahun. Saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang berlipat hanya memerlukan waktu dalam kurun bulan saja. Kalau saja guru guru kita yang telah memegang sertifikat profesi tidak dilihat secara periodik kompetensinya, sulit diketahui dan dicegah apakah guru kita memang telah menjalankan proses pembelajaran secara profesional di kelasnya masing-masing, sehingga tidak memberi bekal yang keliru baik secara pedagagis maupun akademik kepada para siswanya setelah lulus nanti.

Mengapa harus dievaluasi? Apakah tidak pantas dipercaya mereka para guru yang telah mendapatkan sertifikat pendidik? Persoalannya bukan percaya tidak percaya, tetapi permasalahnnya lebih terletak pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang selalu mengikuti prinsip deret ukur, sedang peningkatan kompetensi para guru bisa dipastikan hanya bisa berjalan sesuai prinsip deret hitung. Di samping itu, saat ini pembangunan pendidikan kita memusatkan pada kebijakan peningkatan mutu layanan.

Jika saja para guru yang telah disertifikasi itu tidak berdampak pada mutu layanan, apa kata dunia pada sektor pendidikan kita? Di negara maju semua profesional juga selalu dievaluasi secara periodik. Seorang mekanik saja, di Amerika Serikat, harus lulus uji sertifikasi setiap lima tahun sekali. Kalau tidak lulus, maka ijin bengkelnya dicabut. Begitu juga seorang dokter, setiap lima tahun sekali harus menjalani uji kompetensi. Kalau tidak lulus mereka di-grounded, tidak bisa prektek kedakteran lagi. Bagaimana semangat eavaluasi para guru bersertifikat pendidik? Tentu tidak ada niatan untuk memutuskan kegiatan mengajar mereka di dunia pendidikan, terlebih lebih memutuskan tunjangan profesinya. Tujuan utamanya ialah agar para guru profesional kita sadar bahwa continues professional development tetap dilakukan secara terus menerus.

Ada gejala bagi guru yang telah bersertifikasi tidak mau lagi meningkatkan kompetensi profesi mereka. Jika diminta untuk mengikuti seminar akademik saja mereka ogah-ogahan lantaran telah memiliki sertifikat pendidik. Di samping itu, pemerintah memang sudah luar biasa memberikan berbagai tunjangan kepada para guru kita. Paling tidak tahun ini di jenjang pendidikan dasar saja talah mencapai 30 trilyun rupiah untuk membayar berbagai tunjangan guru. Oleh karena itu wajar kalau kompetensi mereka dipetakan melalui sebuah evaluasi kompetensi.
Semoga begitu.

11 Agu 2012

RPP Kelas VII Semester 1, Alfa Kristanti

Alfa Kristanti, S.Pd.
RPP Kelas VII Semester 1 2012-2013

Sekali lagi kami bersyukur karena jalinan persaudaraan MGMP Matematika SMP Tulungagung semakin berkembang..., banyak rekan rekan yang peduli kepada perkembangan dunia pendidikan memberikan suport baik secara pribadi melalui E-mail kami maupun dalam bentuk komentar yang tersedia..., kami bisa sebutkan diantaranya Bpk. Subagyo, juga Ibu Nur Rakhmah, Bpk. Oki Firmansyah yang sering membantu saya dalam menyelesaiakan soal matematika, bahkan tidak segan segan mereka menyumbangkan artikel-nya kepada Web kita ini. 

Beberapa artikel ... dengan seijin beliau tentunya...kami Upload satu persatu, dengan harapan bisa menambah wawasan bagi kita semua..., dan satu hal yang kami sangat salut... bahwa beliau mengakui bahwa dalam membuat artikel masih terdapat hal hal yang perlu diperbaiki dan dikembangkan untuk disesuaikan dengan lingkungan kerja masing masing.

Pada kesempatan kali ini, postingan kami merupakan sumbangan dari Ibu Alfa Kristanti, S.Pd yang apabila dilihat dari RPP yang dibuat..., beliau berasal dari SMP Negeri 3 Kalibagor.

Kami sempat bertanya tanya..., dimanakah SMP Negeri 3 Kalibagor..? dan setelah kami cari dari Google ternyata kemungkinan berada di Banyumas Jawa Tengah, dan kami-pun sudah sempat melihat Web SMP Negeri 3 Kalibagor yang tampil sangat manis dan enak dilihat serta mudah dalam navigasinya...

Ucapan terimakasih tulus dari kami team MGMP Matematika SMP Kabupaten Tulungagung terhadap sumbangsih beliau. 

Mudah mudahan kebaikan selalu melimpah kepada beliau beserta keluarga dan lingkungan kerja beliau. Amin!

Ini cupilkannya :
 
A. Standar Kompetensi


B.  Kompetensi Dasar


C.  Indikator



   :


  :


  :



2.


 2.1.  
2.2.

2.1.1.

2.2.1.

2.2.2.

Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Mengenali bentuk aljabar dan unsur-unsurnya.
Melakukan Operasi pada bentuk aljabar.

Menjelaskan pengertian suku, variabel, konstanta, koefisien, faktor, dan suku sejenis.
Menyelesaikan operasi hitung (tambah, kurang, kali, bagi, dan pangkat) suku sejenis dan tidak sejenis
Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

Download lengkap file-nya disini

5 Agu 2012

Perangkat Pembelajaran Matematika

Perangkat Pembelajaran Matematika


Setelah waktu banyak tersita untuk mempersiapkan diri melaksanakan UKG Online, kembali kita harus berkonsentrasi diri untuk memperhatikan peserta didik kita, salah satunya adalah mempersiapkan dan melengkapi perangkat pembelajaran sebagai pedoman kita melaksanakan proses pembelajaran.

Pada postingan ini kami team MGMP matematika SMP kabupaten Tulungagung akan secara bertahap menambah artikel yang berkaitan dengan perangkat pembelajaran tahun pelajaran 2012-2013. 
Semoga bermanfaat!
Silakan downlaod disini :

2 Agu 2012

Bedah Kisi Kisi UKG Online Guru kelas SD


UKG


Anda memang tidak salah membaca..., ini memang bedah kisi kisi UKG Online 2012 Guru Kelas SD walaupun ada di Web MGMP Matematika SMP, karena ini merupakan salah satu bentuk empati kepada rekan rekan kami tercinta yang bertugas sebagai Guru Kelas SD dan masih ingin menambah referensi dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian nanti.

Persembahan ini juga merupakan penebusan dosa kami, karena kami tidak sempat menyelesaikan program bedah kisi kisi UKG online matematika SMP, dikarenakan tenggang waktu yang sangat sempit antara saat kami menerima Kisi Kisi matematika SMP dengan jadwal pelaksanaan UKG yang kebetulan tingkat SMP harus melaksanakan terlebih dahulu.

Kami masih belajar..., sehingga jelas akan banyak ketidaksempurnaan serta kesalahan yang jelas akan muncul dalam proses pengkajian kisi kisi tersebut.

Berbekal komitmen untuk berani mencoba dan akan belajar dari kesalahan untuk memacu kepada hasil karya lebih baik, maka kami bersama sama dengan forum guru SD Pucanglaban secara rutin mengadakan pertemuan yang dalam pertemuan tersebut selain belajar dan memperdalam teknologi komputer dan internet, juga belajar untuk memahami maksud yang dikandung dalam kisi kisi yang sudah diterbitkan oleh kemdikbud dan digabungkan dengan pencarian artikel terkait yang sesuai dengan indikator essensial pada kisi kisi tersebut yang antara lain sumber dari artikel tersebut adalah : http://srihendrawati.blogspot.com dan http://edukasi.kompasiana.com serta beberapa sumber yang lain, kemudian memadukannya agar sesuai.

Kami berharap bahwa hasil karya ini akan dapat memberi manfaat, khususnya pada kami dan kepada sesama pendidik pada umumnya.
Tentunya kritik dan saran akan sangat kami butuhkan untuk memperbaiki apa yang sudah kami lakukan.
Silakan untuk mengunduh selengkapnya bedah kisi kisi tersebut disini 
Screenshot :
4.3.1 Menganalisis dan menerapkan sifat-sifat segiempat.
         Sifat-sifat segi empat :
  1. Memiliki empat buah garis rusuk sama panjang
  2. Memiliki empat sudut sama besar
  3. Memiliki dua simetri lipat

    1 Agu 2012

    Kumpulan Permendiknas

    Bagi yang menginginkan berbagai PERMENDIKNAS yang berkaitan dengan pendidikan, Silakan Download pada link dibawah ini:


    TAHUN 2006
    Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang STANDAR ISI
    Permendiknas Nomor 23 tahun 2006 tentang STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
    Permendiknas Nomor 24 tahun 2006 tentang PERATURAN PELAKSANAAN STANDAR ISI DAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

    TAHUN 2007
    Permendiknas Nomor 12 tahun 2007 tentang STANDAR PENGAWAS SEKOLAH/MADRASAH
    Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 tentang STANDAR KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
    Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU
    Permendiknas Nomor 18 tahun 2007 tentang SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN
    Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang STANDAR PENGELOLAAN SATUAN PENDIDIKAN
    Permendiknas Nomor 20 tahun 2007 tentang STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN
    Permendiknas Nomor 24 tahun 2007 tentang STANDAR SARANA DAN PRASARANA SD/MI, SMP/MTs,SMA/MA
    Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang STANDAR PROSES

    TAHUN 2008
    Permendiknas Nomor 24 tahun 2008 tentang STANDAR TENAGA ADIMINISTRASI S/M
    Permendiknas Nomor 25 tahun 2008 tentang STANDAR TENAGA PERPUSTAKAAN S/M
    Permendiknas Nomor 26 tahun 2008 tentang STANDAR TENAGA LABORATORIUM S/M
    Permendiknas Nomor 28 tahun 2008 tentang STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI KONSELOR

    TAHUN 2009
    Permendiknas Nomor 39 tahun 2009 tentang PEMENUHAN BEBAN KERJA GURU DAN PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN
    Permendiknas Nomor 46 tahun 2009 tentang EJAAN BAHASA INDONESIA YANG DISEMPURNAKAN
    Permendiknas Nomor 58 tahun 2009 tentang STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
    Permendiknas Nomor 63 tahun 2009 tentang SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
    Permendiknas Nomor 69 tahun 2009 tentang STANDAR BIAYA

    TAHUN 2010

    Permendiknas Nomor 1 tahun 2010 tentang PERUBAHAN NAMA DEPDIKNAS MENJADI KEMENDIKNAS
    Permendiknas Nomor 2 tahun 2010 tentang RENSTRA KEMENDIKNAS TAHUN 2010 – 2014
    Permendiknas Nomor 9 tahun 2010 tentang PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI BAGI GURU DALAM JABATAN
    Permendiknas Nomor 28 tahun 2010 tentang PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

    PERMENDIKNAS Lengkap!


    Bagi yang menginginkan berbagai PERMENDIKNAS yang berkaitan dengan pendidikan, Silakan Download pada link dibawah ini:

    TAHUN 2006
    1. Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang STANDAR ISI
    2. Permendiknas Nomor 23 tahun 2006 tentang STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
    3. Permendiknas Nomor 24 tahun 2006 tentang PERATURAN PELAKSANAAN STANDAR ISI DAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

    TAHUN 2007
    1. Permendiknas Nomor 12 tahun 2007 tentang STANDAR PENGAWAS SEKOLAH/MADRASAH
    2. Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 tentang STANDAR KEPALA SEKOLAH/MADRASAH
    3. Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU
    4. Permendiknas Nomor 18 tahun 2007 tentang SERTIFIKASI GURU DALAM JABATAN
    5. Permendiknas Nomor 19 tahun 2007 tentang STANDAR PENGELOLAAN SATUAN PENDIDIKAN
    6. Permendiknas Nomor 20 tahun 2007 tentang STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN
    7. Permendiknas Nomor 24 tahun 2007 tentang STANDAR SARANA DAN PRASARANA SD/MI, SMP/MTs,SMA/MA
    8. Permendiknas Nomor 41 tahun 2007 tentang STANDAR PROSES

    TAHUN 2008
    1. Permendiknas Nomor 24 tahun 2008 tentang STANDAR TENAGA ADIMINISTRASI S/M
    2. Permendiknas Nomor 25 tahun 2008 tentang STANDAR TENAGA PERPUSTAKAAN S/M
    3. Permendiknas Nomor 26 tahun 2008 tentang STANDAR TENAGA LABORATORIUM S/M
    4. Permendiknas Nomor 28 tahun 2008 tentang STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI KONSELOR

    TAHUN 2009
    1. Permendiknas Nomor 39 tahun 2009 tentang PEMENUHAN BEBAN KERJA GURU DAN PENGAWAS SATUAN PENDIDIKAN
    2. Permendiknas Nomor 46 tahun 2009 tentang EJAAN BAHASA INDONESIA YANG DISEMPURNAKAN
    3. Permendiknas Nomor 58 tahun 2009 tentang STANDAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
    4. Permendiknas Nomor 63 tahun 2009 tentang SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
    5. Permendiknas Nomor 69 tahun 2009 tentang STANDAR BIAYA

    TAHUN 2010
    1. Permendiknas Nomor 1 tahun 2010 tentang PERUBAHAN NAMA DEPDIKNAS MENJADI KEMENDIKNAS
    2. Permendiknas Nomor 2 tahun 2010 tentang RENSTRA KEMENDIKNAS TAHUN 2010 – 2014
    3. Permendiknas Nomor 9 tahun 2010 tentang PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI BAGI GURU DALAM JABATAN
    4. Permendiknas Nomor 28 tahun 2010 tentang PENUGASAN GURU SEBAGAI KEPALA SEKOLAH/MADRASAH

    TAHUN 2011
    1. Permendiknas (peraturan menteri pendidikan nasional)nomor 2 tahun 2011 tentang UjianNasional Sekolah
    2. Permendiknas (peraturan menteri pendidikan nasional)nomor 7 tahun 2011 tentang Honor GuruBantu
    3. Permendiknas (peraturan menteri pendidikan nasional)nomor 10 tahun 2011 tentang Tunjangan Profesi Guru
    4. Permendiknas (peraturan menteri pendidikan nasional)nomor 22 tahun 2011 tentang TerbitanBerkala Ilmiah
    5. Permendiknas no 30 tahun 2011 tentang Beban Kerja Pengawas dan Guru

    TAHUN 2012

    1. Permen 24 tahun 2012 PJJ
    2. Pungutan Dan Biaya Pendidikan
    3. BADAN AKREDITASI NASIONAL

    TAHUN 2013
    1. Permendikbud No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum
    2. Lampiran 1. Pedoman Penyusunan dan Pengelolaan KTSP
    3. Lampiran 2. Pedoman Pengembangan Muatan Lokal
    4. Lampiran 3. Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler
    5. Lampiran 4. Pedoman Umum Pembelajaran
    6. Lampiran 5. Pedoman Evaluasi Kurikulum
    Nggak kalah penting :
    PERMENPAN NO 16 TAHUN 2009
    atau bisa juga download disini

    18 Jul 2012

    Kisi Kisi UKG Online


    UKG

    Bagi rekan rekan pendidik yang menginginkan kisi kisi UKG Online 2012 yang sudah OK (bukan Prediksi Lagi!) silakan di download berdasarkan mapel serta tingkat satuan pendidikan yang dibutuhkan.
    ( "Duleg" aja langsung di nama Mapel yg tersedia !)
    1. Matematika SMP
    2. Matematika SMA
    3. Guru Kelas SD
    4. PKn SMP
    5. PKn
    6. Bahasa Inggris SMP
    7. BK
    8. TIK
    9. IPA SMP
    10. Ekonomi
    11. Bahasa Inggris SMA
    12. Fisika SMA
    13. Fisika SMK
    14. Guru SDLB
    15. IPA SMK
    16. Penjas SMA
    17. Antropologi SMA
    18. Biologi SMA
    19. Sosiologi
    20. Penjas SD
    21. Penjas SMP
    Jangan Lupa Juga Ini Nich.....
    Download Pedoman Pelaksanaan UKG

    10 Jul 2012

    Power Point Bilangan Berpangkat


    Salah satu cara membuat proses pembelajaran bisa berlangsung dengan tidak membosankan adalah jika kita bisa lebih bervariasi dalam melaksanakannya, tidak melulu berkutat dengan kapur/ spidol dan papan tulis.

    Salah satu cara agar materi matematika bisa lebih menarik jika kita sajikan dalam bentuk slideshow porewerpoint, apalagi jika kemasan powerpoint tersebut juga di"customisasi" dengan apik, sehingga bisa menarik minat belajar peserta didik dengan lebih kuat.

    DIKLAT LANJUTAN P4TK MATEMATIKA

    Disini kami memberikan materi kelas 9 semester 2 yang sudah dibuat dalam bentuk file powerpoint yang merupakan oleh oleh dari Ibu Peny Christiana saat mengikuti kegiatan diklat tingkat lanjut di P4TK Matematika, Silakan didownload dan anda bisa menggunakan serta memodifikasi sesuai dengan kebutuhan sepanjang tidak merubah Essensi dari materinya.

    29 Jun 2012

    René Descartes

    René Descartes




    Dari Wikipedia bahasa Indonesia,ensiklopedia bebas.
    RenĂ© Descartes (ʀəˈne deˈkaÊ€t; lahir di La Haye, Perancis, 31 Maret 1596 – meninggal di Stockholm, Swedia, 11 Februari 1650 pada umur 53 tahun), juga dikenal sebagai Renatus Cartesius dalam literatur berbahasa Latin, merupakan seorang filsuf dan matematikawan Perancis.
    Karyanya yang terpenting ialah Discours de la méthode (1637) dan Meditationes de prima Philosophia (1641).
    Descartes, kadang dipanggil "Penemu Filsafat Modern" dan "Bapak Matematika Modern", adalah salah satu pemikir paling penting dan berpengaruh dalam sejarah barat modern. Dia menginspirasi generasi filsuf kontemporer dan setelahnya, membawa mereka untuk membentuk apa yang sekarang kita kenal sebagai rasionalisme kontinental, sebuah posisi filosofikal pada Eropa abad ke-17 dan 18.

    Pemikirannya membuat sebuah revolusi falsafi di Eropa karena pendapatnya yang revolusioner bahwa semuanya tidak ada yang pasti, kecuali kenyataan bahwa seseorang bisa berpikir.
    Dalam bahasa Latin kalimat ini adalah: cogito ergo sum sedangkan dalam bahasa Perancis adalah: Je pense donc je suis. Keduanya artinya adalah:

    "Aku berpikir maka aku ada". (Ing: I think, therefore I am)

    Meski paling dikenal karena karya-karya filosofinya, dia juga telah terkenal sebagai pencipta sistem koordinat Kartesius, yang memengaruhi perkembangan kalkulus modern.

    Ia juga pernah menulis buku Sekitar tahun 1629 yang berjudul Rules for the Direction of the Mind yang memberikan garis-garis besar metodenya. Tetapi, buku ini tidak komplit dan tampaknya ia tidak berniat menerbitkannya. Diterbitkan untuk pertama kalinya lebih dari lima puluh tahun sesudah Descartes tiada. Dari tahun 1630 sampai 1634, Descartes menggunakan metodenya dalam penelitian ilmiah. Untuk mempelajari lebih mendalam tentang anatomi dan fisiologi, dia melakukan penjajagan secara terpisah-pisah. Dia bergumul dalam bidang-bidang yang berdiri sendiri seperti optik, meteorologi, matematik dan pelbagai cabang ilmu lainnya.

    Sedikitnya ada lima ide Descartes yang punya pengaruh penting terhadap jalan pikiran Eropa: 
    1. pandangan mekanisnya mengenai alam semesta; 
    2. sikapnya yang positif terhadap penjajagan ilmiah; 
    3. penekanan penggunaan matematika dalam ilmu pengetahuan; 
    4. pembelaannya terhadap dasar awal sikap skeptis; dan 
    5. penitikpusatan perhatian terhadap epistemologi.

     Karya filsafat
    Pengetahuan yang Pasti
    Karya filsafat Descrates dapat dipahami dalam bingkai konteks pemikiran pada masanya, yakni adanya pertentangan antara scholasticism dengan keilmuan baru galilean-copernican. Atas dasar tersebut ia dengan misi filsafatnya berusaha mendapatkan pengetahuan yang tidak dapat diragukan. Metodenya ialah dengan meragukan semua pengetahuan yang ada, yang kemudian mengantarkannya pada kesimpulan bahwa pengetahuan yang ia kategorikan ke dalam tiga bagian dapat diragukan.
    1. Pengetahuan yang berasal dari pengalaman inderawi dapat diragukan, semisal kita memasukan kayu lurus kedalam air maka akan nampak bengkok
    2. Fakta umum tentang dunia semisal api itu panas dan benda yang berat akan jatuh juga dapat diragukan. Descrates menyatakan bagaimana jika kita mengalami mimpi yang sama berkali-kali dan dari situ kita mendapatkan pengetahuan umum tersebut
    3. Logika dan Matematikaprinsip-prinsip logika dan matematika juga ia ragukan. Ia menyatakan bagaimana jika ada suatu mahluk yang berkuasa memasukan ilusi dalam pikiran kita, dengan kata lain kita berada dalam suatu matrix.
    Dari keraguan tersebut, Descrates hendak mencari pengetahuan apa yang tidak dapat diragukan. Yang akhirnya mengantarkan pada premisnya Cogito Ergo Sum (aku berpikir maka aku ada). Baginya eksistensi pikiran manusia adalah sesuatu yang absolut dan tidak dapat diragukan. Sebab meskipun pemikirannya tentang sesuatu salah, pikirannya tertipu oleh suatu matriks, ia ragu akan segalanya, tidak dapat diragukan lagi bahwa pikiran itu sendiri eksis/ada.

    Pikiran sendiri bagi Descrates ialah suatu benda berpikir yang bersifat mental (res cogitans) bukan bersifat fisik atau material. Dari prinsip awal bahwa pikiran itu eksis descrates melanjutkan filsafatnya untuk membuktikan bahwa tuhan dan benda-benda itu ada.
     
    Ontologi Tuhan dan Benda

    Berangkat dari pembuktiannya bahwa pikiran itu eksis, filsafatnya membuktikan bahwa tuhan ada dan kemudian membuktikan bahwa benda material ada.

    Descartes mendasarkan akan adanya tuhan pada prinsip bahwa sebab harus lebih besar, sempurna, baik dari akibat. Dalam pikiran Descrates ia memiliki suatu gagasan tentang tuhan adalah suatu mahluk sempurna yang tak terhingga. Gagasan tersebut tidak mungkin muncul/disebabkan oleh pengalaman dan pikiran diri sendiri, karena kedua hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak sempurna dan dapat diragukan sehingga tidak memenuhi prinsip sebab lebih sempurna dari akibat. Gagasan tentang tuhan yang ada dalam kepala (sebagai akibat) hanya bisa disebabkan oleh sebuah mahluk sempurna yang menaruhnya dalam pikiran saya, yakni tuhan.

    Setelah membuktikan adanya tuhan, Descrates membuktikan bahwa benda material itu eksis. Ia menyatakan bahwa tuhan menciptakan manusia dengan ketidakmampuan untuk membuktikan bahwa benda material itu sejatinya tidak ada. Bahkan tuhan menciptakan manusia untuk memiliki kecenderungan pemahaman bahwa benda material itu eksis. Apabila pemahaman benda material eksis hanya merupakan sebuah matriks kompleks yang menipu pikiran manusia, itu berarti tuhan adalah penipu, dan bagi descrates penipu ialah ketidaksempurnaan. Padahal tuhan ialah mahluk yang sempurna, oleh karena itu tuhan tidak mungkin menipu, sehingga benda material itu pastilah ada.
    Metafisika
    Bagi Descrates, realitas terdiri dari tiga hal. Takni benda material yang terbatas(objek-objek fisik seperti meja, kursi, tubuh manusia,dsb), benda mental-non material yang terbatas (pikiran dan jiwa manusia), serta benda mental yang tak terbatas (Tuhan).

    Ia juga membedakan antara pikiran manusia dan tubuh fisik manusia. Pembagian ini juga mengantarkannya pada pembagian keilmuan. Realitas material sebagai ranah bagi keilmuan baru yang di bawa galileo dan copernicus, realitas mental bagi keilmuan dalam bidang agama, etika, dan sejenisnya.

    Namun, dualismenya ini juga yang kerap kali menjadi kritikan bagi berbagai filsuf lainnya seperti Barkley misalnya. Problem utama dari dualisme tersebut ialah bagaimana pikiran dan tubuh berinteraksi satu sama lainnya. serta terjebak dalam pilihan ekstrim, baginya benda hidup selain manusia (cth:hewan) tidak memiliki pikiran dan jiwa, sehingga hanya dipandang sebagai bentuk material sama halnya seperti mesin.

    25 Jun 2012

    Power Point Persamaan Kuadrat


    Power Point Persamaan Kuadrat

    Keindahan Matematika

    Keindahan Matematika
     
     
    Cuplikan editorial P4TK Matematika :
    Matematika ternyata menyimpan keindahan. Bagaimana mengungkap keindahan matematika? Untuk itu pada bulan ini, kami menyajikan tema editorial ”Keindahan Matematika”. Materi ini kami sajikan dengan tujuan agar pembaca dapat lebih memahami makna matematika sebagai sebuah ilmu yang dikenal sebagai pelayan ilmu pengetahuan (servant of sciences), ratu ilmu pengetahuan (queen of sciences), bahasa ilmu pengetahuan (language of sciences), yang hidup untuk menghidupkan ilmu-ilmu lain, dan merupakan salah satu dari ilmu-ilmu dasar (basic sciences).

    Banyak definisi mengenai matematika, tergantung kepada latar belakang dan pemahaman pembuat definisi sendiri. Disamping itu, banyak matematikawan yang mendefinisikan bahwa matematika adalah ilmu yang mempelajari mengenai teorema-teorema dan sistem aksiomatis. Definisi ini sedikit problematik karena belum mencakup topik-topik matematika yang bersifat eksploratif dan eksperimen baik yang dikerjakan secara manual oleh matematikawan sebelum abad ke-20, maupun yang dilakukan dengan komputer oleh matematikawan mulai abad ke-20.

    Menurut Prof. Ir. RMJT Soehakso, profesor Matematika pertama di Indonesia, Matematika mempunyai pola yang sangat menarik, begitu menariknya, beliau sering mengatakan bahwa Matematika bagaikan gadis tercantik di seluruh dunia. Rupanya setelah lama kita mempelajari Matematika, yang dimaksud cantik adalah polanya termasuk pola abstraknya, sedang yang dimaksud di seluruh dunia adalah kebaharuan Matematika bersifat universal di seluruh dunia, misalnya penemuan rumus abc dalam penyelesaian persamaan kuadrat dan penemuan rumus kosinus oleh Al Khawarizmi berlaku untuk seluruh dunia. Begitu pula semua penemuan penelitian misalnya disertasi doktor Matematika, unsur kebaharuannya berlaku secara universal di manapun.

    Metematika merupakan disiplin ilmu otonom, dapat berdiri sendiri, satu dari ilmu-ilmu pengetahuan yang mempunyai kekuatan kreatif akal manusia yang paling jelas. Matematika memainkan peran fundamental dalam ilmu pengetahuan modern, mempunyai pengaruh kuat baginya dan dipengaruhi pula olehnya dalam berbagai cara. Dalam matematika ada dua konsep yang seringkali menjadi perbedaan dalam matematika, yaitu matematika murni (pure mathematics) dan matematika terapan (applied mathematics). Hendaknya kita memandang keduanya sebagai satu keping mata uang, sama, hanya berbeda cara pandang dari kedua sisinya, dan tidak perlu dipertentangkan, bahkan saling menguatkan.

    Dari sudut pandang ilmu murni, matematika dipandang sebagai seni dan kreatifitas yang dimainkan oleh fikiran manusia. Matematika merupakan kreatifitas yang mengekspresikan keindahan bentuk aksioma, teorema, relasi logika, relasi numerik, yang semuanya menarik bagi penelitinya karena kesempurnaan logikanya, sehingga menjadikannya sebuah ilmu yang mendorong peningkatan kapasitas manusia. Karena kesempurnaan logika inilah, maka dalam matematika tidak ada kontradiksi tentang nilai kebenaran di dalamnya. Tokoh matematika seperti Pythagoras, Plato sampai Gauss melihat bahwa matematika dipandang sebagai sistem yang teratur dan lebih sempurna daripada dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. 
     
    Dari sisi aplikasi, matematika dapat mengungkap fenomena-fenomena alam, masalah kehidupan sehari-hari, dan masalah dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam empat abad terakhir kepentingan praktis matematika dalam ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) tak terbantahkan lagi, karena sebagian besar ilmuwan sangat menyadari makna matematika sebagai ilmu alat, sebagai pelayan, dan sebagai bahasa bagi ilmu-ilmu lainnya. Oleh karenanya diperbagai universitas di dunia, matematika dipandang mempunyai peran yang sangat penting pada hampir semua bidang IPTEK, seperti ilmu fisika, kimia, biologi, farmasi, ekonomi, ilmu komputer, ilmu-ilmu rekayasa, ilmu-ilmu sosial, dan lain-lain.
     
    Seorang Matematikawan Amerika Serikat (Hardy, 1940) mengatakan bahwa matematikawan bagaikan pelukis atau pembuat puisi, semuanya pembuat pola. Berikut contoh puisi matematika yang dibuat oleh Mutiara Hikmah, siswa SD Kelas IV SDN 08 Talang Jawa Tanjung Enim, pada kongres IndoMS 2008, yang membentuk pola menarik dan cantik.

    RUMAH SEGI EMPAT :

    Di suatu simpang empat
    Di pemukiman yang rapat
    Terdapat sebuah rumah segi empat
    Pintu dan jendelanya berwarna coklat

    Di halaman trapesium hijau nanluas
    Tumbuh lingkaran tanaman hias
    Ada juga tanaman pisang, rambutan dan nanas

    Diameter kebahagiaan terukir disebuah senyuman puas
    Dalam rumah sederhana segi empat
    Terdapat kamar bujur sangkar sebanyak empat
    Keliling kamar kutambahkan setiap sisinya yang berjumlah empat

    Luas kamarku adalah hasil dari sisi kuadrat
    Genting tanah liat menghiasi atap rumahku
    Tampak bangunan segitiga dari depan rumahku
    Keliling segitiga tambahkan setiap sisi atap rumahku
    Luas segitiga alas kali tinggi dibagi dua sisi atap rumahku

    Terdapat sebuah lukisan pemandangan yang terpanjang
    Di ruang tamuku yang berbentuk persegi panjang
    Bila ditambahkan setiap sisi ku dapatkan keliling persegi panjang
    Luas persegi panjang hasil perkalian lebar dan panjang

    Wahai kawan akulah penghuni rumah segi empat
    Aku ingin belajar dengan cermat dan giat
    Agar memperoleh ilmu yang bermanfaat
    Dan menjadi orang berguna di masyarakat.

    Sumber : P4TK Matematika

    21 Jun 2012

    LEONHARD EULER

    Leonard Euler
    Leonhard Euler
    Orang jenius ini dilahirkan dengan nama Leonhard Euler. Ia lahir tahun 1707 di Basel, Swiss. Dia diterima masuk Universitas Basel tahun 1720 ketika umurnya baru 13 tahun. 
    Mula-mula Euler belajar teologi (ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan keyakinan beragama), tetapi tak lama ia segera pindah ke mata pelajaran matematika.
    Dia peroleh gelar sarjana dari Universitas Basel umur 17 tahun! Dan saat usianya 21 tahun, Euler sudah menerima undangan Catherine I dari Rusia untuk bergabung dalam Akademi Ilmu Pengetahuan di St. Petersburg.
    Di umur 23 tahun, dia menjadi guru besar fisika dan matematika, dan saat usia 26 tahun Euler ditunjuk untuk menggantikan posisi ketua matematika yang tadinya diduduki oleh seorang matematikus masyhur Daniel Bernoulli
    Sayang, 2 tahun setelah itu, penglihatan matanya hilang sebelah. Tapi ia tak patah semangat. Euler terus bekerja dan berkarya menghasilkan artikel-artikel yang brilian.

    Leonhard Euler
    Tahun 1741 Frederick Yang Agung dari Prusia membujuk Euler agar meninggalkan Rusia dan memintanya bergabung ke dalam Akademi Ilmu Pengetahuan di Berlin. Dia tinggal di Berlin selama dua puluh lima tahun dan kembali ke Rusia tahun 1766.
    Tak lama kemudian, malang menimpanya. Kedua matanya tak bisa melihat lagi. Hebatnya, meski tak bisa melihat, Euler tetap bekerja melakukan penyelidikan dan berkarya. Euler memiliki kemampuan spektakuler dalam hal mental aritmatika.

    Euler wafat pada tahun 1783 di St.Petersburg (sekarang bernama Leningrad) di usia 76 tahun. Meski begitu, Euler tetap saja terus mengeluarkan kertas kerja kelas tinggi di bidang matematika. Oya, sang penemu matematika ini sempat menikah dua kali dan punya tiga belas anak. (Kidnesia/Michael H. Hart/Seratus Tokoh Berpengaruh dalam Sejarah)

    Luas Permukaan dan Volume Kubus

    Menghitung Luas Permukaan dan Volume Kubus

    Kubus ABCD.EFGH dengan panjang rusuk 2 satuan

    Luas BCGF = s x s
    = s2
    Luas Permukaan Kubus ABCD.EFGH
    = 6 x Luas BCGF
    = 6.s2


    Luas Permukaan Kubus
     dengan panjang sisi s satuan adalah 6.s2 satuan luas

    Contoh Soal:

    1. Hitung Luas permukaan kubus dengan panjang rusuk 7 cm !
    Jawab :Luas permukaan kubus = 6 x s2
    = 6 x 72
    = 6 x 49
    = 294 cm2

    2. Hitung Luas permukaan kubus jika luas salah satu sisinya 10 cm2 !

    Jawab :
    Luas salah satu sisi = 10
    s2 = 10
    Luas permukaan kubus = 6 x s2
    = 6 x 102
    = 6 x 100
    = 600 cm2


    3. Luas permukaan kubus adalah 600 cm2. Hitung panjang rusuk kubus tersebut !
    Jawab :
    Luas permukaan kubus = 6 x s2 600 = 6 x s2
    s2 = 600/6
    s2 = 100
    s = 10 cm


    Volum Kubus




        Kubus ABCD dengan panjang rusuk s satuan
        Luas Alas ABCD = sisi x sisi
         = s x s
        = s2
       Volum Kubus = Luas Alas ABCD x tinggi
       = s2 x s
       = s3
    Volum Kubus dengan panjang sisi s satuan adalah s3 satuan volum.
    Contoh Soal:
    1. Hitung Volum kubus yang mempunyai rusuk 9 cm !
    Jawab : Volum = s3
    = 93
    = 729 cm3.
    2. Hitung Volum kubus jika luas salah satu sisinya 9 cm2 !
    Jawab : Luas salah satu sisi = 9
    s2 = 9
    s = 3 cm
    Volum = s3
    = 33
    = 27 cm3
    3. Volum sebuah kubus adalah 125 cm3. Hitung panjang rusuk kubus tersebut !
    Jawab : Volum = s3
    125 = s3
    53 = s3
    s = 5 cm

    19 Jun 2012

    Pengertian KKM, Fungsi dan Cara Menetapkannya

    Pengertian KKM, Fungsi dan Cara Menetapkannya
    KKM merupakan kependekan dari Kriteria Ketuntasan Minimal yang digunakan sebagai acuan untuk menyatakan peserta didik tuntas dalam mengikuti pembelajaran, KKM sendiri harus ditetapkan diawal tahun pembelajaran berdasarkan hasil musyarwarah pendidik dan lembaga pendidikan yang mempunyai karakteristik sama. Dalam artian KKM dari setiap sekolah itu berbeda-beda tergantung terhadap kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik karena setiap sekolah tentunya mempunyai kompleksitas, daya dukung, dan intake siswa yang berbeda-beda. Pertimbangan pendidik atau forum MGMP secara akademis menjadi pertimbangan utama penetapan KKM

    Fungsi dari KKM
    1. Sebagai acuan bagi seorang guru untuk menilai kompetensi peserta didik sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) suatu mata pelajaran atau Standar Kompetensi (SK)
    2. Sebagai acuan bagi peserta didik untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti pembelajaran
    3. Sebagai target pencapaian penguasaan materi sesuai dengan SK/KD – nya
    4. Sebagai salah satu instrumen dalam melakukan evaluasi pembelajaran
    5. Sebagai “kontrak” pedagogik antara pendidik, peserta didik dan masyarakat (khususnya orang tua dan wali murid)

    Cara Menetapkan atau Menentukan KKM
    Guru atau kelompok guru menetapkan KKM mata pelajaran dengan mempertimbangkan tiga aspek kriteria, yaitu kompleksitas, daya dukung, dan intake peserta didik. Hasil penetapan KKM indikator berlanjut pada KD, SK hingga KKM mata pelajaran.
    Hasil penetapan KKM oleh guru atau kelompok guru mata pelajaran disahkan oleh kepala sekolah untuk dijadikan patokan guru dalam melakukan penilaian.
    KKM yang ditetapkan disosialisaikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, yaitu peserta didik, orang tua, dan dinas pendidikan.
    KKM dicantumkan dalam laporan hasi belajar atau rapor pada saat hasil penilaian dilaporkan kepada orang tua/wali peserta didik.

    Untuk Selanjutnya silakan download disini

    18 Jun 2012

    Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dalam Mata Pelajaran Matematika




    Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dalam Mata Pelajaran Matematika

    Jika kita melihat Standar Isi Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 mata pelajaran matematika SMP/MTs dari kelas VII sampai dengan kelas IX terdiri dari 59 kompetensi dasar(KD) yang akan diberikan kepada siswa SMP/MTs, dimana dari kompetensi dasar tersebut masih dijabarkan lagi dalam indikator-indikator pencapaian kompetensi dasar. Dalam membelajarkan 59 kompetensi dasar tersebut kepada siswa pastilah guru tidak lepas menggunakan model yang sudah tidak asing lagi yaitu model pembelajaran langsung. Model Pembelajaran langsung tidak sama dengan metode ceramah, tetapi metode ceramah merupakan bagian dari model pembelajaran langsung. Metode ceramah merupakan cara penyampaian keterangan atau informasi secara lisan dari guru kepada siswa. Model pembelajaran langsung sangat diperlukan dalam membelajarkan materi mata pelajaran matematika terutama yang terkait dengan membelajarkan operasi (aturan pengerjaan hitung, aljabar, matematika, dll.). Operasi sering disebut dengan skill (keterampilan) yaitu keterampilan dalam matematika berupa kemampuan pengerjaan (operasi) dan melakukan suatu prosedur atau aturan yang harus dikuasai oleh siswa dengan kecepatan dan ketepatan yang tinggi untuk memperoleh suatu hasil tertentu. Beberapa keterampilan ditentukan oleh seperangkat aturan atau instruksi atau prosedur yang berurutan, yang disebut algoritma. Menurut Gagne dalam Ismail, 2003, pengetahuan dibagi menjadi dua macam yaitu pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural. Pengetahuan prosedural adalah pengetahuan mengenai bagaimana orang melakukan sesuatu sedangkan pengetahuan deklaratif adalah pengetahuan tentang sesuatu. Model pembelajaran langsung dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa berkenaan dengan pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik dan dapat dipelajari selangkah demi selangkah. Model pembelajaran langsung merupakan model pembelajaran berpusat pada guru atau guru mendominasi kegiatan pembelajaran dan komunikasi terjadi satu arah, akan tetapi tetap harus menjamin keterlibatan siswa.
    Menurut Ismail, fase dalam pembelajaran langsung adalah :
    1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
    2. Mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan
    3. Membimbing pelatihan
    4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
    5. Memberikan latihan dan penerapan
    Download file lengkap

    Modul Bermutu Matematika

    Matematika
    Bahan Belajar Mandiri BERMUTU merupakan program inovatif untuk meningkatkan kualitas pengajaran melalui kelompok kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas. Program ini akan diadakan di 76 kabupaten/kota di Indonesia dengan harapan akhirnya program ini dapat dijadikan model pengembangan profesional yang sistematis bagi KKG dan MGMP di seluruh Indonesia. 

    Ada dua Bahan Belajar Mandiri BERMUTU, yaitu Bahan Belajar Mandiri Bidang Ilmu untuk guru dan Bahan Belajar Mandiri Manajemen untuk kepala sekolah dan pengawas.
      
    Tujuan 
    Terdapat 3 tujuan utama dari program ini :
    1. Meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah, dan pengawas dalam memperbaiki kualitas pengajaran. 
    2. Memberikan kontribusi pada peningkatan kualifikasi para peserta dengan adanya angka kredit yang diberikan kepada yang berhasil menyelesaikan program ini. 
    3. Memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas sistem pengembangan tenaga profesional melalui tersedianya program kelompok kerja guru, kepala sekolah, dan pengawas yang dapat diterapkan, sistematis, dan berkelanjutan. 
    Selengkapnya :
    Modul Matematika SD
    1. Download (9 Judul/9.3 MB) atau download DISINI
    Modul Matematika SMP 
    1. Download File Volume 1 (6 Judul/8 MB) atau download DISINI
    2. Download File Volume 2 (5 Judul/9,5 MB) atau download DISINI

    Modul-modul terpisah untuk tiap judul dapat diunduh melalui tautan berikut :

    Jenjang SD
    1. Pembelajaran_soal_cerita_SD Download  atau  DISINI
    2. Pemb Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Bil Cacah di SD Download atau DISINI
    3. Geometri Datar dan Ruang di SD Download atau  DISINI
    4. Strategi Pembelajaran Matematika SD Download atau  DISINI
    5. Pembelajaran Pengukuran Luas Bangun Datar dan Volume Bangun Ruang SD Download atau  DISINI
    6. Pengembangan Silabus dan RPP Matematika SD Download atau  DISINI
    7. Pembelajaran Tematik Di SD Download atau  DISINI
    8. Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian dan Pembagaian Pecahan SD Download atau  DISINI
    9. Pemanfaatan Alat Peraga Matematika dalam Pembelajaran SD Download atau  DISINI

    Jenjang SMP
    1. Kapita Selekta Pembelajaran Bilangan KlsVII_IX SMP Download atau  DISINI
    2. Kapita Selekta Pembelajaran Aljabar KelasVII SMP Download atau  DISINI
    3. Kapita Selekta Pembelajaran Aljabar KelasVIII-SMP Download atau  DISINI
    4. Kapita Selekta Pembelajaran Statistika Peluang Download atau  DISINI
    5. Geometri Ruang SMP Download atau  DISINI
    6. Kapita Selekta Pembelajaran Geometri Datar KelasVII SMP Download atau  DISINI
    7. Kapita Selekta Pembelajaran Geometri Datar KelasVIII-IX SMP Download atau  DISINI
    8. Model-Model Pembelajaran MatematikaSMP Download atau  DISINI
    9. Teknik Pengembangan Silabus RPP Matematika SMP Download atau  DISINI
    10. Pemanfaatan Komputer sebagaiMedia Pembelajaran Matematika SMP Download atau  DISINI
    11. Penilaian Hasil Belajaar Matematika Yang mengacu Standar Penilaian SMP Download atau  DISINI




    17 Jun 2012

    Ulasan Soal Statistika Matematika SMP/MTs Tahun 2012




    Ulasan Soal Statistika yang Diujikan pada UN Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Tahun 2012
    (Oleh Theresia Widyantini)

    Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun ini menyelenggarakan Ujian Nasional (UN). Untuk jenjang SMP/MTs ujian nasional mata pelajaran matematika telah dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 25 April 2012. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 tahun 2011, pasal 1, ujian nasional yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu dalam kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi. UN bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tersebut di atas.
    Terkait dengan soal UN bahwa soal dipilih dari bank soal sesuai dengan kisi-kisi UN. Kisi-kisi UN dikembangkan berdasarkan standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Proses pengembangan soal melibatkan unsur-unsur dosen dari perguruan tinggi, guru mata pelajaran, anggota BSNP dan pakar penilaian pendidikan.

    Download link artikel soal statistika yang diujikan pada UN Mata pelajaran Matematika SMP/MTs Tahun 2012

    Pembahasan Soal UN Matematika


    Berikut adalah hasil pembahasan soal UN tahun 2010/2011, bisa anda gunakan untuk bahan belajar, mengingat hampir dalam setiap pelaksanaan UN, SKL nya tidak jauh berbeda, sehingga bentuk soalnyapun mirip.

    1. Ujian Nasional SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011  atau download disini
    2. jian Nasional SMP 2010/2011
    3. Ujian Nasional SMA IPA 2010/2011
    4. Ujian Nasional SMA IPS 2010/201
     Atau anda bisa download melalui link  dibawah ini :

    1. Pembahasan Soal Matematika Ujian Nasional SD/MI Tahun Pelajaran 2010/2011
    2. Pembahasan Soal Matematika Ujian Nasional SMP 2010/2011
    3. Pembahasan Soal Matematika Ujian Nasional SMA IPA 2010/2011
    4. Pembahasan Soal Matematika Ujian Nasional SMA IPS 2010/2011

    MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH DAN PREDIKSI

    MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH Dalam rangka membantu teman guru SD yang kesulitan mencari materi yang sesuai dengan KISI KISI UKG untuk tingka...