28 Mei 2012

SOAL KENAIKAN KELAS IPA

Dalam rangka menghadapi UKK bagi peserta didik kelas VII dan kelas 8 SMP/MTs, ada baiknya jika mau melaksanakan self test untuk mengukur kemampuan mata pelajaran IPA.
Untuk itu kami siapkan seperangkat soal latihan yang terdiri dari Biologi, Fisika dan Kimia bagi peserta didik kelas VII dan kelas VIII.
Link Download :

Semoga bermanfaat!!!

22 Mei 2012

Tutorial Ms Office

Dilingkungan pendidikan dan perkantoran, penggunaan aplikasi perkantoran seperti Microsoft Office sangatlah penting, karena dengan aplikasi office itulah semua pekerjaan yang biasanya dilakukan secara manual oleh manusia kini digantikan oleh komputer, seperti membuat tulisan (laporan, buku, menuat RPP, Silabus, PTK), presentasi, perhitungan, kirim surat, dll. Semua tidak terlepas dari bantuan aplikasi office. Kami pernah merasakan betapa menyitanya waktu dan tenaga saat masih menggunakan mesin ketik manual dalam mengerjakan tugas tugas tersebut, sering kami harus mengulang ulang pekerjaan, karena saat mengerjakan tugas tersebut kami jumpai kesalahan, karena hasil pekerjaan tidak dapat dipreview terlebih dahulu!

Dengan diperkenalkannya Ms Office, maka tugas yang kami laksanakan jauh teras lebih ringan, pekerjaan bisa dipreview terlebih dahulu sebelum berlanjut ke proses pencetakan, sehingga jika terjadi kesalahan bisa segera di benarkan, hasil tampilan pekerjaanpun dapat dipercantik dengan berbagai pernak pernik bawaan program secara native maupun bisa diambilkan dari ribuan template yang bertebaran di internet!

Namun sayang..., masih banyak yang belum dapat menguasai program tersebut dengan baik..., sehingga kemudahan yang ditawarkan masih belum bisa dimanfaatkan dengan maksimal..., masih sering kita jumpai beberapa orang yang harus "Ndandhakne" saat membuat RPP, Silabus atau pekerjaan yang lain...

Untuk itu pada kesempatan ini, kami pilihkan , Tutorial yang menurut cukup mudah untuk digunakan dalam kita belajar. sebenarnya..., tutorial ini merupakan buku materi yang diperuntukkan untuk SMA, namun dengan kemudahan yang ditawarkan oleh buku ini, rasanya tidak salah jika kita gunakan sebagai panduan untuk belajar..., Silakan didownload dan dibaca..., atau sebaiknya dicetak dan kita gunakan untuk panduan kita belajar....



Download Tutorial Ms Word



Download Tutorial Power Point



Download Tutorial Ms Excel
Semoga bermanfaat!!!

Sumber :http://videobelajar.com

17 Mei 2012

Garis Bilangan Pada Ms Word

Ada tugas matematika yang akan anda selesaikan…???, Berkaitan dengan membuat garis bilangan dalam Ms Office Word…???

Jika anda seorang guru matematika, maka suatu saat anda akan dihadapkan pada menggambar objek matematika. Jika cara kita kurang tepat, maka kita akan menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikannya. Banyak orang yang bisa melakukannya dan tentu banyak caranya.

Berikut adalah langkah-langkah membuat garis bilangan pada Ms. Word :

1. klik autoshape pilih line untuk membuat garis datar pilih ketebalan yang diinginkan (untuk memastikan bahwa garis anda mendatar maka tekan shift bersamaan dengan anda membuat garis).

2. Klik kanan pada garis, Format autoshape, color and lines, begin style pilih panah, end style pilih panah.

3. Buat garis tegak lurus, kemudian klik kanan pada garis tersebut, weight pilih sesuai keinginan misal 1,5.

4. Klik kanan pada garis autoshape > size > height pilih 0.30.

5. Buat text box, klik kanan pada text box, format text box, Color and line : color - no fill, line color : no line. Size height 0.95 cm, width 0,96 cm. Text box : left 0 cm, right 0 cm, top 0 cm, bottom 0 cm. OK.

6. Klik kanan pada text box pilih perataan text dengan center. Ketikkan angka 1 di dalam text box.

7. Seleksi aktifkan garis pendek dan text box. pilih perataan align center. Klik di lain.

8. Letakkan agar text box berada cukup dekat dibawah garis pendek. Aktifkan keduanya, kemudian grup.

9. Kopi hasilnya sebanyak yang kita inginkan, aktifkan semuanya kemudian ratakan dengan align top. Geser paling kanan sesuai keinginan kita (nanti jadi titik paling kanan), aktifkan lagi semuanya kemudian ratakan distribusi horisontalnya dengan perintah : Distribute horisontally. Kemudian group.

Nah langkah terakhir adalah mendekatkan antara garis panjang dengan objek hasil group tadi. Kemudian group keduanya. Ganti angka-angka satu sesuai keperluan. Nah jadi deh....???, nich penampakannya....



16 Mei 2012

Menghitung Keliling Dan Luas Segitiga dengan Ms Excel



Perlu anda ketahui, dengan menggunakan excel kita dapat membuat sebuah formula sederhana untuk menghitung luas segitiga sembarang dan keliling segitiga.

Dalam contoh ini akan dibahas kasus tentang ketiga panjang sisi segitiga diketahui.

Dengan mengetahui panjang sisi segitiga maka kelilig dapat dihitung dengan menjumlahkan panjang ketiga sisi segitiga. Sedangkan luas dapat dihitung dengan menggunakan nilai akar dari data setengah keliling dikurangkan dengan panjang masing-masing sisi. Rumus untuk menghitung keliling dan luas segitiga bisa dilihat dibawah ini:

Selanjutnya di sel B6,B7 dan B8 isi dengan panjang setiap sisi segitiga.
Kemudian lakukan perhitungan berikut:
a. S adalah setengah panjang keliling di sel C11 ketik formula =(B6+B7+B8)/2
b. Luas segitiga, di sel sel C12 ketik formula =SQRT(C11*(C11-B6)*(C11-B7)*(C11-B8))
c. Keliling segitiga di sel C13 ketik rumus =B6+B7+B8
Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Setelah mengetik rumus di atas, saat mengganti nilai panjang sisi segitiga pada sel sel B6,B7 dan B8, maka secara otomatis excel akan menghitung luas dan keliling segitiga!
Jika kurang jelas, silakan sampaikan pada kolom komentar, Insya'Allah akan kami bantu.

14 Mei 2012

PANDUAN MENULIS ABSTRAKSI PTK

Ada kejadian menarik saat seorang sahabat yang mau berangkat PLPG di Rayon UNP Kediri mampir ke rumah saya…., setelah basa basi sekedarnya, beliau meminta kepada saya untuk membuatkan contoh “Abstraksi PTK”….???
Waduuuh, jelas saja saya bingung…, lha wong saya termasuk orang yang bukan ahlinya je….,
Namun saya nggak kehabisan akal…, karena saya ingat punya paman yang selalu hampir bisa menjawab segalanya, mulai pertanyaan sederhana bagaimana cara membuat ‘sego pecel Madiun’ yang enak, sampai dengan yang rumit semisal menerangkan struktur SUKHOI SJ100, (tidak bermaksud untuk mengungkit Threat masalah SUKHOI disini lho, ntar di”umprengi” lagi sama pengunjung Web... he he…), Oh ya sekedar anda tahu, paman saya tadi namanya “Google”…., anda juga mengenalnya…???
Nah…, akhirnya setelah bertanya sama beliau, saya mencoba memilih jawaban yang ini :

Bahwa Abstrak merupakan uraian ringkas, cermat dan menyeluruh dari isi suatu karangan ilmiah. Untuk itu Abstrak yang baik harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

1. Merupakan uraian ringkas, cermat dan menyeluruh sehingga mencerminkan keseluruhan isi judul. Abstrak dapat berdiri sendiri sebagai satu kesatuan yang utuh.

2.Tanpa komentar dari pembuatnya di luar apa yang dikemukakan dalam karangan ilmiah. Maksud dari tanpa komentar disini adalah bawah tanpa ada unsur subjektif dari penulis karena semua didasarkan atas hasil penelitian.

3.Dapat dikerjakan orang lain, tetapi sebaiknya dibuat sendiri oleh penulisnya karena ia lebih memahami apa yang disajikannya dalam karangan ilmiah tersebut.

4.Terdapat pada permulaan karangan ilmiah sehingga pembaca segera dapat mengetahui informasi yang disajikan sesuai dengan keperluan atau minatnya.

5.Isi suatu abstrak sebaiknya jangan melebihi 250 kata atau sekitar 25 baris jika setiap baris terdiri atas 10 kata.

6.Dalam abstrak tak ada pergantian paragraf (tanpa alinea). Artinya adalah dalam abstarks tidak ada paragraf

7.Huruf yang digunakan dalam abstrak sebaiknya berbeda besarnya dengan huruf isi karangan ilmiah.

8.Sedapat mungkin dihindari pemakaian, kalimat aktif, sebaiknya kalimat pasif.

9.Kepustakaan, singkatan, ilustrasi, grafik dan tabel tidak boleh dicantumkan.
10. Di bawah abstrak sebaiknya dicantumkan kata-kata kunci (key words) sebanyak 3 hingga 10 kata yang kira-kira dapat dipakai untuk mengindeks karangan ilmiah kita dalam suatu deretan karangan ilmiah sejenis. Kata kunci (key word) adalah kata-kata yang penting dan paling menonjol dalam karangan ilmiah itu. Contoh: Kalau suatu karangan ilmiah membahas mengenai hubungan antara segitiga, siku siku dan Pythagoras dengan Teorema, maka kata-kata kuncinya adalah segitiga, siku siku, Pythagoras dan Teorema Pythagoras.

Ingin menambah…???

11 Mei 2012

PTK BK


BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah

Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan yang begitu pesat, maka berkembang pula ilmu pendidikan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan tersebut. Tidak mudah mentransformasikan materi yang begitu padat dan sulit menjadi dengan mudah diterima oleh para siswa. Untuk itu diperlukan media pembantu agar siswa dengan mudah menyerap materi yang diberikan oleh guru.

Masalahnya adalah sekarang bagaimana agar dalam proses transformasi sikap dan nilai tersebut dapat berjalan dengan lancar, mudah diterima oleh siswa dan dapat menyatu raga dengan pribadi siswa. Dalam beberapa wacana disebutkan bahwa agar proses belajar mengajar berlangsung baik dan dapat dengan mudah diterima oleh siswa, siswa harus dibawa pada situasi yang konkrit, agar siswa dapat mengamati sendiri, menanggapi sendiri dan memiliki pengalaman sendiri yang bersifat nyata.
Dalam proses belajar mengajar untuk dapat membawa siswa dalam situasi yang konkrit, diperlukan suatu alat bantu pembelajaran yang tepat, yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Dalam hal ini media pembelajaran bisa berupa buku-buku pustaka, benda tiruan, benda-benda peninggalan, peta, gambar, foto, OHP, alat dan saran... selengkapnya bisa di download disini

10 Mei 2012

PTK ELEKTRO : Think Pair Share


PTK ELEKTRO


ABSTRAKSI

Judul Penelitian : PENINGKATAN KUALITAS DAN PRESTASI BELAJAR KETERAMPILAN ELEKTRONIKA SISWA KELAS IX-B SMP NEGERI 1 PUCANGLABAN DENGAN PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL THINK PAIR SHARE
Disusun Oleh : ............................

Kata Kunci : model think pair share, peningkatan kualitas dan prestasi

Manusia memiliki derajat potensi, latar belakang historis, serta harapan masa depan yang berbeda-beda. Karena adanya perbedaan, manusia dapat silih asah (saling mencerdaskan). Pembelajaran kooperatif secara sadar menciptakan interaksi yang silih asah, sehingga sumber belajar bagi siswa bukan hanya guru dan buku ajar tetapi juga sesama siswa.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah:
(a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share?
(b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share terhadap motivasi belajar siswa?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah:
 (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share pada siswa Kelas IX-B tahun pelajaran 2010/2011.
(b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Think Pair Share.

Selengkapnya bisa di download disini

9 Mei 2012

PTK PAI TAPPS


PTK PAI TAPPS
ABSTRAKSI

Judul Penelitian : PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL TAPPS DENGAN BIMBINGAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 PUCANGLABAN

Oleh : ...................................

Kata Kunci : model TAPPS, prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran.

Pendidikan Agama Islam tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas Pendidikan Agama Islam dengan bekerja kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. (Hartoyo, 2000: 24). Penelitian ini berdasarkan permasalahan:
Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TAPPS?
Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model TAPPS terhadap motivasi belajar siswa?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah:
Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model TAPPS.
Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model TAPPS.

Selanjutnya didownload disini

PTK IPA FISIKA



PTK IPA FISIKA
BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pendekatan merupakan seperangkat wawasan yang secara sistematis digunakan sebagai landasan berpikir dalam menggarap bahan dan menentukan prosedur kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu. Pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan diharapkan, guru membutuhkan sebuah pendekatan untuk mengajar siswanya. Salah satu pendekatan yang dapat dilaksanakan guru dalam proses pembelajaran adalah pendekatan pembelajaran terpadu. 

Pembelajaran terpadu merupakan suatu sistem pembelajaran yang memungkinkan siswa baik secara individu maupun kelompok, aktif mencari, menggali dan menemukan konsep serta prinsip keilmuan secara holistik bermakna dan otentik. Pembelajaran terpadu akan terjadi apabila peristiwa­peristiwa otentik atau eksplorasi topik atau tema menjadi pengendali di dalam kegiatan belajar mengajar. 
Pembelajaran ini dapat diterapkan untuk semua bidang studi terlebih bidang studi Fisika. Karena melatih ketrampilan siswa untuk berfikir secara kreatif dan inovatif melalui Fisika merupakan latihan awal bagi anak berfikir kritis dalam mengembangkan daya cipta dan minat siswa secara dini pada alam sekitarnya.

Selengkapnya bisa didownload disini

PTK PKn :

PTK PKn

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Media pengajaran merupakan alat yang digunakan guru ketika mengajar untuk membantu memperjelas materi pelajaran yang disampaikan kepada siswa, dan mencegah terjadinya verbalisme pada diri siswa. Pengajaran yang banyak menggunakan verbalisme, tentu akan membosankan, sebaliknya pengajaran akan lebih menarik bila siswa gembira dalam belajar atau senang karena merasa tertarik dan mengerti pelajaran yang diterimanya. Dengan demikian kegiatan belajar akan lebih efektif. 

Belajar yang efektif harus dimulai dari pengalaman langsung atau pengalaman kongkrit dan menuju kepada pengalaman yang lebih abstrak. Belajar akan lebih efektif jika dibantu dengan alat peraga dalam pengajaran dari pada tanpa dibantu dengan alat pengajaran. Agar proses belajar mengajar dapat berhasil dengan baik, siswa sebaiknya diajak untuk memanfaatkan semua alat inderanya. Guru berusaha untuk menampilkan rangsangan (stimulus), yang dapat diproses dengan berbagai indera. Semakin banyak alat indera yang digunakan untuk menerima dan mengolah informasi, maka semakin besar kemungkinan informasi tersebut dimengerti dan dapat dipertahankan dalam ingatan. 

Selengkapnya download disini

8 Mei 2012

PTK MATEMATIKA : Konstruktivis

ABSTRAK

Munafath, 2011. Meminimalkan kesulitan belajar materi persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII–A SMP........................................., dengan pendekatan konstruktivis,

Kata kunci : kesulitan belajar; pendekatan konstruktivis; persamaan garis lurus

Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat sulit untuk dipelajari, bahwa tidak menarik dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain, hanya sedikit sekali siswa yang menyukainya, ini terbukti dengan hasil pembelajaran yang diperoleh siswa selalu rendah.

Untuk mengubah pandangan tersebut diperlukan suatu cara yang bisa membuat siswa tertarik untuk mempelajari matematika. Belajar merupakan proses yang membuat seseorang mengalami perubahan tingkah laku baik dalam bentuk pengetahuan dan sikap sebagai hasil dari pengalaman yang diperolehnya, dengan demikian orang yang belajar merupakan orang yang mengalami sendiri proses pembelajaran tersebut. Pembelajaran matematika harus dapat dikemas dalam bentuk yang menyenangkan dan melibatkan semua siswa secara aktif, sehingga siswa memperoleh sendiri pengetahuan yang harus dimilikinya.

Penelitian ini bertujuan untuk meminimalkan kesulitan belajar siswa dalam bidang studi matematika, kegiatannya dilaksanakan dalam proses pembelajaran, dengan memaksimalkan keaktifan siswa, guru hanya sebagai fasilitator dan motifator. Dalam pembelajaran konstruktivis siswa belajar dengan mengalami sendiri dan membangun pengetahuan sendiri dari pengalaman yang dialaminya, dan pada akhirnya belajarnya bermakna, bila belajarnya bermakna maka kesulitan belajar siswa teratasi. 
Selengkapnya download disini

7 Mei 2012

PTK MATEMATIKA 2


BAB I PENDAHULUAN 1.1. 
Latar Belakang Masalah Kurangnya ketahanan pribadi dalam belajar matematika dapat diduga akan berpengaruh besar terhadap gairah belajar matematika. Jika hal ini dibiarkan maka siswa akan semakin tidak menyenangi matematika bahkan pada taraf tertentu akan bersikap anti pati pada pelajaran matematika. Akibat dari itu semua semua tentu prestasi belajar matematika akan semakin rendah. Matematika dianggap sangat penting bagi kehidupan manusia. Matematika memiliki keterkaitan dan menjadi pendukung berbagai bidang ilmu serta berbagai aspek kehidupan manusia. Tetapi di sisi lain, matematika juga dianggap sebagai mata pelajaran yang cukup sulit bagi siswa, bahkan cukup menakutkan bagi beberapa siswa di SMP Negeri ......................... Tulungagung. 

Selanjutnya dapat didownload disini 

PTK BAHASA JAWA

PTK BAHASA JAWA

B. RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan pada uraian latar belakang, masalah utama yang perlu dibahas adalah :

" Bagaimana penerapan pembelajaran kurikulum muatan lokal Bahasa Jawa di Kelas I SMPN 1 Pucanglaban Kec. Pucanglaban Tulungagung ?"

Adapun masalah-masalah penelitian secara terinci antara lain:
  1. Bagaimana perencanaan yang dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Jawa Peserta didik Kelas I di SMPN 1 Pucanglaban Kec. Pucanglaban Tulungagung ? 
  2. Bagaimana pelaksanaan penerapan pembelajaran Bahasa Jawa di SMPN 1 Pucanglaban Kec. Pucanglaban Tulungagung? 
  3. Bagaimana evaluasi pembelajaran Bahasa Jawa di SMPN 1 Pucanglaban Kec. Pucanglaban Tulungagung

C. TUJUAN PENELITIAN

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan yang dikemukakan pada rumusan masalah, yaitu:
1. Mendeskripsikan perencanaan yang dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran muatan lokal Bahasa Jawa di SMPN 1 Pucanglaban Kec. Pucanglaban Tulungagung.

Selengkapnya download disini

6 Mei 2012

PTK MATEMATIKA

PTK MATEMATIKA

BAB I PENDAHULUAN 
1.1. Latar Belakang Masalah Kurangnya ketahanan pribadi dalam belajar matematika dapat diduga akan berpengaruh besar terhadap gairah belajar matematika. Jika hal ini dibiarkan maka siswa akan semakin tidak menyenangi matematika bahkan pada taraf tertentu akan bersikap anti pati pada pelajaran matematika. Akibat dari itu semua semua tentu prestasi belajar matematika akan semakin rendah. Matematika dianggap sangat penting bagi kehidupan manusia. Matematika memiliki keterkaitan dan menjadi pendukung berbagai bidang ilmu serta berbagai aspek kehidupan manusia. Tetapi di sisi lain, matematika juga dianggap sebagai mata pelajaran yang cukup sulit bagi siswa, bahkan cukup menakutkan bagi beberapa siswa di SMP Negeri ......................... Tulungagung.
Selanjutnya dapat didownload disini

PTK MATEMATIKA (1)

BAB I 
PENDAHULUAN 

1.1. Latar Belakang Masalah 

     Kurangnya ketahanan pribadi dalam belajar matematika dapat diduga akan berpengaruh besar terhadap gairah belajar matematika. Jika hal ini dibiarkan maka siswa akan semakin tidak menyenangi matematika bahkan pada taraf tertentu akan bersikap anti pati pada pelajaran matematika. Akibat dari itu semua semua tentu prestasi belajar matematika akan semakin rendah. Matematika dianggap sangat penting bagi kehidupan manusia. Matematika memiliki keterkaitan dan menjadi pendukung berbagai bidang ilmu serta berbagai aspek kehidupan manusia. Tetapi di sisi lain, matematika juga dianggap sebagai mata pelajaran yang cukup sulit bagi siswa, bahkan cukup menakutkan bagi beberapa siswa di SMP Negeri ......................... Tulungagung. Hal ini terlihat pada saat pembelajaran berlangsung hampir 60% diantara para siswa memiliki ketahanan pribadi dalam belajar matematika masih rendah , data yang lain dapat dilihat dari hasil wawancara beberapa siswa. Sedikitnya siswa yang mengajukan pertanyaan dan berani menjawab pertanyaan atau menanggapi....... selanjutnya download disini atau disini

5 Mei 2012

MATERI MATEMATIKA ESSENTIAL SULIT

MATERI MATEMATIKA ESSENTIAL SULIT

Menurut pengalaman dalam kita melaksanakan pembelajaran matematika di SMP, tentunya akan kita jumpai beberapa materi yang ternyata sulit untuk diterima oleh peserta didik kita dan ada yang terkadang diluar dugaan kita ternyata dengan mudah untuk dimengerti oleh para peserta didik.

Dan ternyata jika kita sempat memperhatikan, materi yang sulit bagi peserta didik tidak akan jauh dari materi yang itu itu juga...

Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami menyajikan materi yang umumnya sulit dipahami para peserta didik, dan kebetulan merupakan materi materi yang essensial. Tentunya dibutuhkan perhatian lebih terhadap materi tersebut dan diperlukan metode yang benar benar cocok dan efektive.

Salah satu yang bisa saya kemukakan misalnya pada:
ASPEK : GEOMETRI

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
3. Memahami bangun datar, bangun ruang, garis sejajar, dan sudut, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.

INDIKATOR
  1. Menghitung luas bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
  2. Menentukan volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung
Peserta didik akan sering kesulitan jika sudah bertemu dengan luas/ volume gabungan dari dua bangun ruang...,yang salah satu bentuk soalnya keluar pada UAN 2012)
Untuk lebih jelasnya masalah materi essential dan sulit silakan didownlaod disini

3 Mei 2012

PTK Bahasa Inggris SMP : ICARE

..............kelanjutan pengantar PTK2...>>>

Karena bukunya dikemas dengan model cetakan yang unik, kecil kecil dihiasi dengan sampul berdesign grafis tingkat tinggi, sehingga menimbulkan kesan "eye catching" atau enak dipandang (yen disawang ki jan ngresepake...), sehingga kesan pertama saat melihat, orang langsung tertarik dan sulit untuk tidak membaca isinya....
Berbeda dengan kebanyakan buku buku mata pelajaran saat itu..., yang kebanyakan dicetak dengan design kaku, dengan sampul bergambar rumus rumus yang saat melihat saja kita sudah harus mengeriyitkan jidat, otak langsung puyeng bekerja dan berfikir sambil menebak nebak ...rumus opo yo kuwi....??? wong selagine nyawang sampule buku wae koq uwis mikir..., durung njerone buku...>>>
Opini selanjutnya masuk ke isi buku dan Insya"allah akan aku tulis pada pengantar PTK 4 nanti....
OK..., sekarang saatnya masuk ke hasil edit PTK 3 Bahasa Inggris SMP dengan metode pendekatan SISTEM ICARE.... opo maneh kuwi...???!!!
aku dhewe yo rung mudheng..., enaknya kita lihat screenshot-nya aja yuuk....???? :

MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGUNGKAPKAN
MONOLOG DESCRIPTIVE LISAN SEDERHANA YANG BERTERIMA
SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 PUCANGLABAN
MENGGUNAKAN SISTIM ICARE
Munafath

Abstract: The class action research is as an effort to increase the students’ skill to express the simple descriptive monolog literally of the students class VIIA SMP Negeri 1 Pucanglaban , Tulungagung region. This is as a solution of the difficulties of the English teacher to teach the students in oral learning activity. It used three cycles of the classroom action research. The ICARE system is used in this learning activities, that consists of five components, Introduce, Connect, Apply, Reflect and Extend. The learning topic is The Personal Description to describe famous people using English literary proficiency.
The finding in qualitative approach and quantitative approach show that the ICARE system could increase the students’ skill to express the simple descriptive monolog orally in terms of:
(1) increasing of the students skills to express the simple descriptive monolog,
(2) improving the students’ ability to use spoken English literary proficiency dealing with the correct pronunciation, structure and fluently and
(3) increasing the students’ self confident.
Key words: Monolog Descriptive Lisan Sederhana yang berterima, Sistim ICARE

Abstrak: Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan mengungkapkan monolog Descriptive sederhana yang berterima bagi siswa kelas VIIA di SMP Negeri 1 Pucanglaban Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini sebagai jawaban dari kesulitan guru bahasa Inggris ketika membelajarkan siswa pada siklus lisan. Pelaksanaan (PTK) ini menggunakan tiga siklus dengan menerapkan pembelajaran monolog Descriptive lisan sederhana yang berterima menggunakan sistim ICARE. Sistim ICARE dilaksanakan melalui lima tahap yaitu, Introduce (Kenalkan), Connect (Hubungkan), Apply (Terapkan), Reflect (Refleksikan) dan Extend (Perluaslah) pada bahasan Personal Descriptive untuk mendiskripsikan orang-orang terkenal dengan kriteria penilaian meliputi permahaman kosa kata, pengucapan, kelancaran dan ketepatan menggunakan struktur kalimat.
Hasil analisis data yang diperoleh secara kualitatif dan secara kuantitaif menunjukkan bahwa dengan menggunakan sistim ICARE, dapat meningkatkan keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive lisan sederhana yang berterima, hal ini ditandai dengan:
(1) meningkatnya keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive sederhana,
(2) meningkatnya kemampuan siswa didalam menggunakan bahasa Inggris lisan yang beterima dengan pengucapan yang relatif tepat, pada umumnya lancar dan menggunakan struktur kalimat yang tepat,
(3) meningkatnya keberanian siswa dalam mengungkapkan monolog descriptive sederhana.
Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan upaya untuk menjawab kesulitan yang penulis alami ketika membelajarkan siswa bahasa Inggris yaitu.... selanjutnya download disini

2 Mei 2012

PTK IPA



PTK  IPA
Sebenarnya sudah agak lama aku mempunyai keinginan untuk menulis secara berkesinambungan pada satu hal yang aku fikir akan bermanfaat jika aku upload, yaitu masalah PTK!

Paling tidak manfaat itu akan aku rasakan sendiri sebagai sarana belajar untuk sedikit sedikit menambah pengetahuanku ( arep tambah akeh yo wis angel, sajeg-e tambah tuwo iki...he ... he...)

Jujur saja, sebenarnya PTK ini juga bukan buatanku ataupun hasil kegiatan yang aku lakukan sendiri, tapi aku dapat secara tak sengaja "NEMU", pas "akeh" pisan...., jadi akhirnya muncul dalam benak ini gagasan untuk mengedit dan menulisnya kembali secara berkesinambungan kayak serial sinetron Indonesia gitu, biar bisa aku gunakan sebagai sarana untuk berbagi.

Namun..., mengingat kesibukan yang terus "Nrithil", akhirnya baru pertanggal 1 Mei 2012 ini aku bisa mulai mengedit, menulis dan kemudian mengunggahnya di Web kesayanganku ini ... aku katakan Web kesayanganku ini karena sing paling sregep "mirsani" yo mung aku dhewe ditambah Pak Gadhang, ngono wae karo Pak Gadhang disambi momong anak utowo FB-nan lho..., jan kebangeten koq..., he he... ( Nguapunten lho Paaaaak.....), padahal Web ini milik bersama..., yo mung aku kedhapuk dadi admin-e ngono wae, lumayan-lah.... iso nitip nampang neng pojokan, bermanfaat bagi kalayak yen pas usum tikus...

Penyebab terlambat mulainya penulisan ini yang kedua adalah masalah teknis..., Keyboard Laptopku itu kalau digunakan untuk menulis sering "mencolot mencolot", bukan keybordnya lho yang mencolot, tapi hurufnya..., jadi sering artikel yang semestinya sudah teratur rapi sesuai dengan ukuran kemampuan saya yang pas pasan ini jadi semrawut lagi...., (ntar kalau rekan rekan menemukan kalimat yang ruwet nggak pareng marah lho yo...., malah sing paling apik podho urunan wae kanggo nyumbang tuku keyboard..., sebab nganti artikel iki di unggah tunjangan sertifikasi yo durung ono kabare...).

Tapi jangan khawatir..., walau tantangan menghadang, dorongan untuk berbagi ilmu PTK Insya'Allah tetap kuat koq..., hanya misalkan contoh PTK nya nanti ternyata bidang studinya belum muncul ya harus sabar ..., sebab yo antri...

Terus...., PTK ini juga hanya sebagai wacana, yang tentu saja harus dipelajari lagi..., ditelaah, dikembangkan...., disesuaikan dengan karakter peserta didik dan sarana pendukungnya..., (ntar kalau PTK nya sudah bagus tak giliran aku yang minta....)

Terutama nich..., bagi rekan rekan yang mau berangkat PLPG, dan belum punya contoh PTK...., sering sering aja berkunjung dan melihat Web ini..., siapa tahu nanti pas bidang studine muncul..., biar paling tidak nanti punya gambaran jika diminta untuk membuat PTK..., puenting temenan lho kuwi..., repot banget yen budhal PLPG ra duwe gambaran, pikiran bisa Errot...eh error....

Sementara..... sudah dulu basa basinya..., kita mulai serial contoh PTK 1, IPA

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah

Kurikulum pendidikan selalu mengalamiproses penyempurnaan dengan tujuan dapat meningkatkan mutu pendidikan secara nasional, sehingga dapat membentuk sumberdaya manusia yang bermutu tinggi. Ha ltersebut perlu direspon oleh seluruh warga negara utamanya oleh masyrakat pendidikan. Karena itu dalam implementasinya, guru harus selalu berupaya untukmencari dan menemukan berbagai strategi pembelajaran yang dapat memperkaya pengalaman belajar anak melalui kegiatan fisik maupun sosial.
Akan tetapi itu tidaklah mudah, masalahnya komposisi dalam kelas pada sekolah-sekolah di Indonesia umumnya terdiri atas peserta didik yang memiliki tingkat kecakapan yang bervariasi (mixedability) baik dalam hal kecerdasan intelektual, kecerdasan verbal, kecerdasan visual, maupun kecerdasan interpersonal. Keadaan tersebut mengakibatkan dalam proses belajar mengajar sering terjadi siswa yang tingkat kecerdasannya tinggi mendominasi kegiatan belajar dikelas dan siswa yang kurang kecerdasan intelektualnya cenderung pasif,
Seterusnya silakan download disini

MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH DAN PREDIKSI

MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH Dalam rangka membantu teman guru SD yang kesulitan mencari materi yang sesuai dengan KISI KISI UKG untuk tingka...