9 Des 2013

Pedoman PK Guru Lengkap

Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sudah dimulai karena menurut Permendiknas Nomor: 35 tahun 2010 dinyatakan bahwa Penilaian Kinerja Guru secara efektif dilaksanakan mulai 1 Januari 2013.

Untuk itu sebagai pemantapan tentang pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), anda bisa unduh file yang berkaitan dengan PK Guru tersebut.
  1. Permenpan16-2009_Jafung Guru dan AK
  2. Permendiknas38-2010_Penys-Jafung-Guru
  3. Permendiknas35-2010_Juknis-Jafung-dan-AK
  4. Per Menpan+Mendiknas2010_Juklak
  5. Buku 1 PKB Guru.pdf
  6. Buku 4 Pedoman PKB dan Angka Kreditnya
  7. Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB
  8. penilaian-kinerja-guru_pedoman-pengawas
  9. Pedoman PK Kepsek 
  10. Pedoman Ka Lab
  11. Pedoman Ka Program
  12. Tabel Peningkatan Karir Guru
  13. Penskoran Dan Skala Konversi Pk Guru
  14. Perhitungan Soal PAK PK GURU
  15. Lampiran 1D Form Penghitungan AK PKG
  16. Lampiran 1 B 
  17. Lampiran 1 C rekap hasil PKG
  18. Lampiran 2B laporan dan evaluasi guru BP
  19. Kompetensi Guru Kelas dan Cara Menilai
  20. Kompetensi Guru BK dan Cara Menilai
Semoga Bermanfaat !!!


17 Nov 2013

Materi Diklat OSN MATEMATIKA Dan IPS

OSN MatematikaMulai tanggal 14 s/d 16 November 2013 bertempat di Hotel Surya Indah Batu Malang, kami pembina OSN dari mapel Matematika dan IPS Provinsi Jawa Timur telah melaksanakan Workshop Pembina OS. Banyak hal yang bisa kami peroleh dari Workshop terbut, dan disini kami akan share hasil dari Kegiatan tersebut, yang bisa anda Download pada Link dibawah ini :

Materi Umum :
  1. MB for Success Coach



Mapel Matematika :
  1. Diknas TOT_2013 1
  2. Hasil Kerja Kelompok 1
  3. Hasil Kerja Kelompok 2
  4. Hasil Kerja Kelompok 3
  5. Hasil Kerja Kelompok 4
Materi IPS
  1. TUGAS  
  2. LATIHAN HIDROSFER
  3. LATIHAN SOAL METKLIM
  4. MATERI SOSIOLOGI

10 Nov 2013

Kumpulan Soal UN, Olimpiade

OSN

Bank Soal :
  1. Kompetisi Matematika Ke-26 Kelas 7 | Download
  2. Kompetisi Matematika Ke-26 Kelas 8 | Download
  3. Kompetisi Matematika Ke-26 Kelas 9 | Download
  4. Soal Tentang Aritmatika Sosial | Download
  5. Soal Tentang Himpunan | Download
  6. Soal Tentang Bangun Datar | Download
  7. Soal Tentang Bangun Ruang | Download
  8. Soal Tentang Perbandingan dan Kesebangunan | Download
  9. Soal Tentang Bilangan | Download
Kumpulan Soal Olimpiade Matematika SMP Tingkat Kota/Kabupaten:
  1. Olimpiade Matematika Kota tahun 2004 | Download
  2. Olimpiade Matematika Kota tahun 2005 | Download
  3. Olimpiade Matematika Kota tahun 2006 | Download
  4. Olimpiade Matematika Kota tahun 2007 | Download
  5. Olimpiade Matematika Kota tahun 2008 | Download
  6. Olimpiade Matematika Kota tahun 2009 | Download
  7. Olimpiade Matematika Kota tahun 2010 | Download
  8. Olimpiade Matematika Kota tahun 2011 | Download
  9. Olimpiade Matematika Kota tahun 2012 | Download
  10. Olimpiade Matematika Kota tahun 2013 | Download

Kumpulan Soal Olimpiade Matematika SMP Tingkat Propinsi:
  1. Olimpiade Matematika Propinsi tahun 2003 | Download
  2. Olimpiade Matematika Propinsi tahun 2004 | Download
  3. Olimpiade Matematika Propinsi tahun 2005 | Download
  4. Olimpiade Matematika Propinsi tahun 2006 | Download
  5. Olimpiade Matematika Propinsi tahun 2007 | Download
  6. Olimpiade Matematika Propinsi tahun 2008 | Download
  7. Olimpiade Matematika Propinsi tahun 2009 | Download
  8. Olimpiade Matematika Propinsi tahun 2010 | Download
  9. Olimpiade Matematika Propinsi tahun 2011 | Download
  10. Olimpiade Matematika Propinsi tahun 2012 | Download | Pembahasan | Download
  11. Olimpiade Matematika Propinsi tahun 2013 | Download | Pembahasan | Download
Kumpulan Soal Olimpiade Matematika SMP Tingkat Nasional:
  1. Olimpiade Matematika Nasional tahun 2003 | Download
  2. Olimpiade Matematika Nasional tahun 2004 | Download
  3. Olimpiade Matematika Nasional tahun 2005 | Download
  4. Olimpiade Matematika Nasional tahun 2006 | Download
  5. Olimpiade Matematika Nasional tahun 2007 | Download
  6. Olimpiade Matematika Nasional tahun 2008 | Download
  7. Olimpiade Matematika Nasional tahun 2009 | Download
  8. Olimpiade Matematika Nasional tahun 2011 | Download
Kumpulan Soal Ujian Nasional Matematika:
  1. Ujian Nasional Matematika 2003 Paket 1 | Download
  2. Ujian Nasional Matematika 2003 Paket 2 | Download
  3. Ujian Nasional Matematika 2003 Paket 3 | Download
  4. Ujian Nasional Matematika 2000 | Download
  5. Ujian Nasional Matematika 2001 | Download
  6. Ujian Nasional Matematika 2002 | Download
  7. Ujian Nasional Matematika 2003 | Download
  8. Ujian Nasional Matematika 2004 | Download
  9. Ujian Nasional Matematika 2005 | Download
  10. Ujian Nasional Matematika 2006 | Download
  11. Ujian Nasional Matematika 2007 | Download
  12. Ujian Nasional Matematika 2009 Paket 77A | Download
  13. Soal dan Pembahasan Ujian Nasional Matematika 2010 Paket B | Download 
  14. Ujian Nasional Matematika 2012 Paket C32 | Download
  15. Soal dan Pembahasan Ujian Nasional 2012 Paket Lengkap | Download
  16. Soal dan Pembahasan Ujian Nasional Matematika 2012 Paket A64 | Download
  17. Soal dan Pembahasan Ujian Nasional Matematika 2012 (10 Paket) | Download
  18. Soal dan Pembahasan Ujian Nasional Matematika 2012 (5 Paket) | Download
  19. Contoh Soal dan Pembahasan (Smart Solution) Ujian Nasional 2013 | Download
  20. Modul Persiapan Ujian Nasional Matematika 2013 (Ada Soal'nya)
Kumpulan Soal Prediksi Ujian Nasional Matematika:
  1. Prediksi Ujian Nasional Matematika 2012 Paket 25 | Download
  2. Prediksi Ujian Nasional Matematika 2013 Paket A013 | Download
  3. Prediksi Ujian Nasional Matematika 2013 Paket B025 | Download
  4. Prediksi Ujian Nasional Matematika 2013 | Download
Kumpulan Soal Pengayaan Ujian Nasional Matematika:
  1. Soal Pengayaan Ujian Nasional Matematika SMP 2013 Paket 1 | Download
  2. Soal Pengayaan Ujian Nasional Matematika SMP 2013 Paket 2 | Download
  3. Soal Pengayaan Ujian Nasional Matematika SMP 2013 Paket 3 | Download

    1 Nov 2013

    Penilaian SMP Kurikulum 2013

    PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI SIKAP

    1. Pengertian
    Sikap bermula dari perasaan yang terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek. Sikap juga sebagai ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang. Sikap dapat dibentuk, sehingga terjadi perilaku atau tindakan yang diinginkan. Kompetensi sikap yang dimaksud dalam panduan ini adalah ekspresi dari nilai-nilai atau pandangan hidup yang dimiliki oleh seseorang dan diwujudkan dalam perilaku.

    Penilaian kompetensi sikap dalam pembelajaran merupakan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengukur sikap peserta didik sebagai hasil dari suatu program pembelajaran. Penilaian sikap juga merupakan aplikasi suatu standar atau sistem pengambilan keputusan terhadap sikap.

    Kegunaan utama penilaian sikap sebagai bagian dari pembelajaran adalah refleksi (cerminan) pemahaman dan kemajuan sikap peserta didik secara individual.

    2. Cakupan
    Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.
    Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal dengan Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni kehidupan.

     Kurikulum 2013

    Pada jenjang SMP/MTs, kompetensi sikap spiritual mengacu pada:
    1. KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya, sedangkan kompetensi sikap sosial mengacu pada :
    2. KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
    Artikel selengkapnya bisa panjenengan download pada link dibawah ini :
    1. PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN
    2. PENILAIAN KOMPETENSI SIKAP
    3. Power Point PENILAIAN DAN MODEL RAPOR

    PANDUAN PENGUATAN PROSES PEMBELAJARAN SMP

    Pembelajaran

    Kurikulum 2013 diimplementasikan secara bertahap mulai tahun pelajaran 2013/2014. 
    Untuk tingkat SMP, pada tahun pertama Kurikulum 2013 diimplementasikan pada kelas VII di 1437 sekolah yang tersebar di 295 Kabupaten/Kota di seluruh provinsi di Indonesia.

    Komponen terpenting implementasi kurikulum adalah pelaksanaan proses pembelajaran yang diselenggarakan di dalam dan/atau luar kelas untuk membatu peserta didik mencapai kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 65 tahun 2013 tentang Standar Proses menyatakan bahwa proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.
    Di antara metode yang dianjurkan dalam Standar Proses tersebut adalah metode saintifik/ ilmiah, inkuiri, pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis projek pada semua mata pelajaran. Pendekatan/metode lainnya yang dapat diimplementasikan antara lain pembelajaran kontekstual dan pembelajaran kooperatif.

    Walaupun banyak guru SMP di Indonesia telah mengenal metode-metode tersebut, pengimplementasian metode-metode tersebut di kelas merupakan hal yang belum biasa. Untuk mengimplementasikannya, guru memerlukan panduan operasional yang memberikan gambaran utuh kegiatan-kegiatan pembelajaran operasional apa saja yang dilaksanakan pada tahap pendahuluan, inti, dan penutup. 
    Sehubungan dengan hal tersebut, perlu diterbitkan panduan proses pembelajaran yang secara rinci memberikan petunjuk operasional bagaimana metode-metode tersebut diimplementasikan pada kegiatan belajar mengajar pada tahap pendahuluan, inti, dan penutup. 
    Artikel Penting ini selengkapnya bisa di download :
    1. Penguatan Proses Pembelajaran SMP
    2. File PPT Penguatan Proses Pembelajaran SMP

    31 Okt 2013

    RPP DETAIL.Mat SMP Kurikulum 2013

    RPP
    Secara bertahap kami akan meng-upload  hasil yang diperoleh oleh rekan kami yang mengikuti DIKLAT GURU INTI  tingkat lanjut yang dilaksanakan di P4TK yaitu Bpk. Suwoto, Ibu Penny Christiana, serta Bpk. Moh. Azam, setelah file yang kami terima direvisi sesuai dengan cita rasa MGMP Matematika SMP Kabupaten Tulungagung tentunya.
    http://www.mgmpmatematika.com/
    Yang kami anggap paling penting diantara file yang ada, sehingga mendapat giliran upload pertama adalah contoh RPP DETAIL.Mat SMP Kurikulum 2013, serta silabus gabungan termutakhir!
    Dari contoh tersebut paling tidak kita bisa mendapat gambaran bagaimana sih bentuk RPP-nya sehingga kita nanti mempunyai pedoman dalam membuat dan melaksanakannya disekolah kita masing masing.

    Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 9 - revisi

    Perangkat,rpp,silabus,kkm
    Reposting dari perangkat Pembelajaran yang lalu : pada kesempatan kali ini..., kami haturkan kepada panjenengan berupa RPP Matematika yang sudah direvisi, sebagai alternatif untuk melengkapi perangkat pembelajaran yang sudah panjenengan miliki..., file ini-tidak baku dan masih sangat mungkin untuk dikembangkan lagi agar sesuai dengan lingkungan kerja panjenengan semua. Selain RPP juga kami sertakan Prota, Promes , KKM, Silabus serta Target Kurikulum...., silakan download pada link dibawah ini:
    1. Download KKM Kelas 9
    2. Download Promes
    3. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 1.1
    4. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 1.2
    5. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 1.3
    6. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 2.1
    7. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 2.2
    8. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 2.3
    9. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 3.1
    10. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 3.2
    11. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 3.2 PLH
    12. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 4.1
    13. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 4.2
    14. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 5.1
    15. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 5.2
    16. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 5.3
    17. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 6.1
    18. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 6.2
    19. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 6.3
    20. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 6.4
    21. Download Silabus Kelas 9 Matematika Semester 1
    22. Download Silabus Kelas 9 Matematika Semester 2
    23. Download Target Kurikulum

    25 Okt 2013

    Format excel analisis butir soal


    Anda kesulitan untuk membuat analisis butir soal ? Dengan bantuan format excel yang sudah disiapkan di web P4TK Matematika ini mudah mudahan anda bisa terbantu, sehingga akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan anda harapkan.
    Mari kita pelajari bersama, kita fahami dan mari kita coba gunakan untuk menganalisis butir soal sehingga mutu dari soal yang kita buat semakin meningkat !

    Download format excel analisis butir soal pada link dibawah ini :
    1. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda .xls
    2. Analisis Butir Soal Uraian .xls
    3. Hasil Penilaian Kosong.xls

    Garis Bilangan Pada Ms Word

    Ada tugas matematika yang akan anda selesaikan…???, Berkaitan dengan membuat garis bilangan dalam Ms Office Word…???
    Jika anda seorang guru matematika, maka suatu saat anda akan dihadapkan pada menggambar objek matematika. 
    Jika cara kita kurang tepat, maka kita akan menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikannya. Banyak orang yang bisa melakukannya dan tentu banyak caranya.
    Berikut adalah langkah-langkah membuat garis bilangan pada Ms. Word :
    1. Klik autoshape pilih line untuk membuat garis datar pilih ketebalan yang diinginkan (untuk memastikan bahwa garis anda mendatar maka tekan shift bersamaan dengan anda membuat garis).
    2. Klik kanan pada garis, Format autoshape, color and lines, begin style pilih panah, end style pilih panah.
    3. Buat garis tegak lurus, kemudian klik kanan pada garis tersebut, weight pilih sesuai keinginan misal 1,5.
    4. Klik kanan pada garis autoshape > size > height pilih 0.30.
    5. Buat text box, klik kanan pada text box, format text box, Color and line : color - no fill, line color : no line. Size height 0.95 cm, width 0,96 cm. Text box : left 0 cm, right 0 cm, top 0 cm, bottom 0 cm. OK.
    6. Klik kanan pada text box pilih perataan text dengan center. Ketikkan angka 1 di dalam text box.
    7. Seleksi aktifkan garis pendek dan text box. pilih perataan align center. Klik.
    8. Letakkan agar text box berada cukup dekat dibawah garis pendek. Aktifkan keduanya, kemudian grup.
    9. Kopi hasilnya sebanyak yang kita inginkan, aktifkan semuanya kemudian ratakan dengan align top. Geser paling kanan sesuai keinginan kita (nanti jadi titik paling kanan), aktifkan lagi semuanya kemudian ratakan distribusi horisontalnya dengan perintah : Distribute horisontally. Kemudian group.
    10. Nah langkah terakhir adalah mendekatkan antara garis panjang dengan objek hasil group tadi. Kemudian group keduanya. Ganti angka-angka satu sesuai keperluan. Nah jadi deh....???, nich penampakannya....
    Garis Bilangan

    Materi DIKLAT Kurikulum 2013


    Kurikulum 2013 di tingkat sekolah secara resmi diterapkan pada tahun pelajaran 2013/2014, walaupun belum dilaksanakan pada semua sekolah.
    Sementara untuk sekolah yang bernaung dibawah kementerian Agama (KEMENAG) semisal Madrasah, kurikulum baru akan dilaksanakan mulai tahun depan yakni Tahun Pembelajaran 2014/2015.
    Hal tersebut dilakukan supaya persiapan pelaksanaan kurikulum dapat dilakukan dengan baik.
    Meski kurikulum secara menyeluruh kurikulum 2013 baru dimulai tahun depan, tidak ada salahnya bagi sekolah sekolah yang belum melaksanakan kurikulum tersebut untuk mempelajari dan memahami dulu agar semakin siap nantinya jika mulai diterapkan dimasing masing sekolah.
    Berikut ini merupakan Rangkuman beberapa Materi Diklat Seputar Implementasi Kurikulum 2013 yang telah dipublikasikan oleh DEPDIKNAS.
    1. Perubahan Mindeset ( Rhenald Kasali) Unduh
    2. Perubahan Mindset Unduh
    3. Rasional Kurikulum 2013 Unduh
    4. Elemen Perubahan Kurikulum 2013 Unduh
    5. SKL KI-KD Unduh
    6. Strategi Implementasi Kurikulum Unduh
    7. Konsep Pendekatan Scientific
    8. Project Base Learning
    9. Problem Base Learning
    10. Discovery Learning
    11. Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan HasiL Unduh
    12. Anaslis Buku Guru dan Siswa Mapel Unduh
    13. Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik Unduh
    14. Rambu Rambu Penyusunan RPP Unduh
    15. Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik Unduh
    16. Panduan Tugas Telah RPP
    17. Panduan Tugas Analisis Rancangan Penilaian
    18. Strategi Pengamatan Tayangan Video Unduh
    19. Praktik Pembelajaran malalui peer Teaching
    20. Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu (Tematik-SD/MI)
    21. Implementasi Tematik Terpadu (Tematik-SD/MI)
    22. Contoh Implmentasi Pendekatan Scientific (Tematik-SD/MI)
    23. Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik (Tematik-SD/MI)
    24. Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik (Tematik-SD/MI)

    23 Okt 2013

    Kumpulan Soal OSN Matematika

    Alhamdulillaah..., setelah hunting kesana kemari di internet untuk mencari soal OSN Matematika , akhirnya kami bisa mengumpulkan Soal OSN Matematika tersebut mulai dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2013.

    Silakan yang menhendaki untuk mengikuti link dibawah ini :
    1. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2003 Download atau Disini
    2. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2004 Download atau Disini
    3. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2005 Download atau Disini
    4. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2006 Download atau Disini
    5. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2007 Download atau Disini
    6. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2008 Download atau Disini
    7. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2009 Download atau Disini
    8. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2010 Download atau Disini
    9. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2011 Download atau Disini
    10. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2012 Download atau Disini
    11. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2013 Download atau Disini
    12. Soal OSN matematika Penyisihan SD 2012 Download atau Disini
    13. Soal OSN matematika Semifinal SD 2012 Download atau Disini
    14. vektor soal-final-sd-babak1-2011 atau Disini
    15. vektor soal-final-sd-babak2-2011 atau Disini
    16. vektor soal-final-sd-babak3-2011 atau Disini
    17. Materi Pembinaan OSN Dasar
    18. Soal dan Pembahasan OSP Matematika SMA Tahun 2012

    Soal dan Pembahasan OSN 2013 Matematika


    Terlambat memang dalam kami reposting soal dan pembahasan OSN 2013 Matematika SMA Tingkat Kabupaten..., karena beberapa saat yang lalu..., kami sempat kebingungan mengingat web ini sangat sulit di indeks oleh mesin pencari! hal ini ternyata disebabkan oleh server host kami atau tempat kami menyewa web MGMP ini yang bermasalah..., sebab seluruh web kami yang kami sewakan ke salah satu penyedia layanan hosting tersebut semua ternyata sulit diakses dari Indonesia , akan tetapi jika diakses dari luar negeri... (Kami minta bantuan teman kami yang menempuh S2 di Australia, red), web ini masih tetap bisa muncul dan masih mudah sekali ditemukan, hanya kalau di Indonesia sendiri malah nggak ketemu. Dan hal ini mengakibatkan peringkat Web ini "terjun bebas" !
    ...., Alhamdulillah sekarang agaknya permasalahan mulai teratasi! untuk itu kami mohon ma'af kepada rekan rekan atas ketidak nyaman-an ini!
    OK langsung aja ke inti dari postingan ini, silakan bagi yang berminat mendapatkan Soal serta pembahasan OSN Matematika 2013 SMA Tingkat Kabupaten untuk mendownload file-nya pada link dibawah ini :
    1. Soal OSN Matematika 2013 SMA Tingkat Kabupaten
    2. Pembahasan OSN Matematika 2013 SMA Tingkat Kabupaten
    File ini kami ambil dari sumber : http://taktikmatematik.blogspot.com

    20 Okt 2013

    File Titipan : Perangkat Mengajar Bahasa Indonesia Lengkap !


    Atas permintaan dari beberapa rekan guru Bahasa Indonesia yang sempat kontak kami, beliau ingin dicarikan link yang berisi materi tentang perangkat pembelajaran bahasa Indonesia yang lengkap ! Sebab beliau merasa kesulitan saat mencari di internet bahan rujukan guna membuat perangkat pembelajaran. 
    Hal ini memang biasa kita alami..., saat kita mencoba mencari rpp atau silabus misalnya..., maka yang muncul dari indeks pencarian akan sangat bervariasi..., mulai dari web yang menawarkan rpp yang harus ditebus dengan cara transfer sejumlah uang, atau malah kesasar ke web bohong-an yang isinya gambar porno, yang mereka memanfaatkan kesulitan kita dengan menawarkan apa yang kita cari namun mereka memberi tawaran berbeda yang sesungguhnya merekapun tidak punya bahan materi tersebut..., nah dalam postingan kali ini, kami mencoba menawarka link alternatif..., yang tentu saja Insya'allah valid dan tentunya berisi bahan bahan yang diperlukan untuk membuat perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia, tidak hanya RPP atau Silabus saja, akan tetapi juga berisi KKM, Pemetaan, Prota, Promes, SK, KD.
    nah ...., silakan yang menghendaki langsung aja Download pada daftar link dibawah ini ! 

    A. BHS INDO BERKARAKTER VII SMP
    1. KKM VII SMP DOWNLOAD
    2. Pemetaan VII SMP DOWNLOAD
    3. Program Tahunan VII SMP DOWNLOAD
    4. Program Semester VII SMP DOWNLOAD
    5. SK-KD VII SMP DOWNLOAD
    6. RPP Bhs Indonesia VII / 1 DOWNLOAD
    7. RPP Bhs Indonesia VII / 2 DOWNLOAD
    8. Silabus Bhs Indonesia VII / 1 DOWNLOAD
    9. Silabus Bhs Indonesia VII / 2 DOWNLOAD

    B. BHS INDO BERKARAKTER VIII SMP
    1. KKM VIII SMP DOWNLOAD
    2. Pemetaan VIII SMP DOWNLOAD
    3. Program Tahunan VIII SMP DOWNLOAD
    4. .Program Semester VIII SMP DOWNLOAD
    5. SK-KD VIII SMP DOWNLOAD
    6. RPP Bhs Indonesia VIII / 1 DOWNLOAD
    7. RPP Bhs Indonesia VIII / 2 DOWNLOAD
    8. Silabus Bhs Indonesia VIII / 1 DOWNLOAD
    9. Slabus Bhs Indonesia VIII / 2 DOWNLOAD

    C. BHS INDO BERKARAKTER IX SMP
    1. KKM IX SMP DOWNLOAD
    2. Pemetaan IX SMP DOWNLOAD
    3. Program Tahunan IX SMP DOWNLOAD
    4. Program Semester IX SMP DOWNLOAD
    5. SK-KD IX SMP DOWNLOAD
    6. RPP Bhs Indonesia IX / 1 DOWNLOAD
    7. RPP Bhs Indonesia IX / 2 DOWNLOAD
    8. Silabus Bhs Indonesia IX / 1 DOWNLOAD
    9. Silabus Bhs Indonesia IX / 2 DOWNLOAD

    Sumber : http://goblogguru.wordpress.com/

    16 Okt 2013

    MATERI PELATIHAN GURU IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013


    Meskipun banyak ditentang oleh banyak kalangan, kurikulum 2013 mau tetap diterapkan dalam dunia pemdidikan, hal ini ditandai dengan sudah diterapkanya kurikulum 2013 tersebut diberbagai sekolah, dan akan dilanjutkan dengan dilaksanakannya kurikulum tersebut pada sekolah sasaran.

    Untuk itu ..., Kementerian Pendidikan Nasional melalui instansi jajaran yang terkait giat melaksanakan sosialisasi diberbagai daerah.

    Bagi anda yang belum mendapatkan "giliran" untuk ikut pelatihan atau anda yang ikut tapi bahan yang anda dapatkan belum lengkap, silakan download materi sosialisasi kurikulum 2013 pada tautan dibawah ini :

    1. Implementasi Kurikulum 2013 SMP bidang Studi MATEMATIKA
    2. PPT Sosialisasi Kurikulum 2013 Umum
    3. Permendikbud + Materi

    Silabus Kurikulum 2013


    Meskipun bermunculan keraguan dari banyak pihak mengenai Kurikulum 2013 namun pada tahun ajaran 2013/2014 ini, Kurikulum 2013 akan mulai diterapkan secara terbatas pada sekolah-sekolah yang menjadi piloting.
    Saat ini pun terhitung mulai mulai banyak Workshop serta pelatihan juga sosialisasi yang intensif tentang kurikulum 2013 terhadap guru sasaran yang dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia.
    Meskipun penerapan kurikulum 2013 ini nantinya baru dilaksanakan secara terbatas, namun guru-guru sekolah yang lain yang tidak termasuk kedalam daftar menjadi penasaran dan ingin tahu seperti apa silabus khususnya bagi jenjang SMP yang telah dikembangkan oleh pemerintah tersebut, karena menurut rencana, nanti 2015 seluruh kelas dari tiap jenjang pendidikan sudah harus menerapkan kurikulum 2013. Jadi tidak ada salahnya untuk melihat-lihat seperti apa silabus kurikulum 2013 tersebut.

    Dibawah ini adalah link download Silabus Kurikulum 2013 tingkat SMP :
    1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
    2. Bahasa Indonesia
    3. Matematika
    4. Bahasa Inggris
    5. Seni Budaya
    6. Prakarya
    7. IPA
    8. IPS
    9. Penjasorkes

    15 Okt 2013

    Bilangan-Bilangan Yang Menakutkan

    Bilangan-bilangan Yang Menakutkan
    oleh : Sumardyono, M.Pd



    Teori bilangan merupakan salah satu cabang matematika yang paling mengasyikkan. Mengapa tidak ? Kebanyakan teka-teki atau permainan banyak terkait dengan bilangan. Permainan matematika yang terkenal dan sudah sejak lama ada antara lain bujursangkar ajaib, serta beberapa terapan deret dan kombinatorika.

    Selain banyak bersinggungan dengan permainan dan teka-teki matematika, teori bilangan juga menyuguhkan keajaiban lain berupa masalah atau soal-soal yang belum terpecahkan (unsolved problem). Untuk menyebut beberapa yang terkenal dan bertahan lama, antara lain Dugaan Prima Kembar (twin prime conjucture), serta masalah Collatz (Collatz problem).

    Pada artikel kali ini, penulis ingin memperkenalkan rekreasi matematika terkait bilangan, yaitu beberapa bilangan yang dinamakan dengan nama-nama yang menakutkan. Walau agak kontradiktif dengan sifat nama-nama yang diberikan, namun penelaahan jenis bilangan tersebut merupakan suatu kegiatan rekreasi yang cukup mengasyikkan.

    Selengkapnya download file artikel disini

    DISEKSI PERSEGI (yang) SEMPURNA

    DISEKSI PERSEGI (yang) SEMPURNA
    Sumardyono, M.Pd.


    Diseksi atau dissection adalah istilah matematis untuk operasi atau kegiatan memotong-motong suatu bangun datar menurut syarat-syarat tertentu. Masalah diseksi yang terkenal dan menjadi cikal bakal berkembangnya topik ini adalah puzzle atau teka-teki memotong-motong suatu bangun datar sedemikian hingga seluruh potongan yang ada dapat disusun kembali membentuk bangun datar yang lain.
    Salah satu masalah diseksi yang berguna adalah diseksi suatu persegi pada sisi miring suatu segitiga siku-siku menjadi dua persegi pada sisi-sisi penyiku segitiga. Tentu masalah ini terkait erat dengan pembuktian Teorema Pythagoras.


    Dalam artikel kali ini, penulis ingin membahas suatu masalah diseksi yang khusus pula, yaitu diseksi persegi yang sempurna. Diberikan suatu persegi, maka tujuannya adalah memotong-motong persegi tersebut menjadi sejumlah berhingga persegi lain yang semuanya berbeda ukuran.
     
    Untuk melanjutkan artikel menarik ini, silakan download disini

    Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

    Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD)


    Ada beberapa hal yang perlu dimengerti terutama mengenai istilah kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD). Menilik pada KTSP, bawah kedalaman muatan kurikulum dituangkan dalam kompetensi yang terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar pada setiap tingkat dan/atau semester.

    Standar kompetensi merupakan penjabaran dari standar kompetensi lulusan (SKL).

    SKL secara keseluruhan terdiri atas SKL satuan pendidikan, standar kompetensi kelompok mata pelajaran, standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran.

    Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi.


    Pada kurikulum 2013 nanti, istilah SK-KD ini akan digantikan menjadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Apakah pengertian 2 istilah tersebut ? 

    Baiklah..mari kita simak penjelasan berikut yang saya ambil dari dokumen kurikulum 2013..

    Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

    Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar.
    Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/ jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa.
    Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.

    Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan:
    1. Sikap keagamaan (kompetensi inti 1), 
    2. Sikap sosial (kompetensi 2), 
    3. Pengetahuan (kompetensi inti 3), 
    4. Penerapan pengetahuan (kompetensi 4). 
    Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif.
    Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).

    Kompetensi Dasar  merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. 
    Kompetensi Dasar adalah kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.
    Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

    Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme. 

    Dibawah ini merupakan Link Download dari KI-KD SMP Kurikulum 2013 :
    1. KI KD SMP 2013 B.Indonesia
    2. KI KD SMP 2013 B.Inggris
    3. KI KD SMP 2013 IPA
    4. KI KD SMP 2013 IPS
    5. KI KD SMP 2013 Matematika
    6. KI KD SMP 2013 Pend. Agama
    7. KI KD SMP 2013 Penjaskes
    8. KI KD SMP 2013 PPKn
    9. KI KD SMP 2013 Senibudaya
    10. KI KD SMP 2013 Prakarya

                                                                                                                            Sumber : http://infokurikulum2013.blogspot.com

    Permendikbud Tentang Kurikulum 2013



    Pemberlakuan kurikulum ini tentu didasari oleh peraturan Mendikbud tentang SKL (Standar Kompetensi Lulusan), Struktur Kurikulum dan lain-lain. Selama ini KI-KD (Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar) dan Struktur Kurikulum yang beredar masih dalam bentuk draft.
    Saat ini perangkat kurikulum itu semua tidak lagi dalam bentuk draft, karena sudah disahkan oleh Mendikbud dalam bentuk Permendikbud. Permendikbud tersebut dapat diunduh melalui tautan di bawah ini:
    Semoga bermanfaat.

    Konvensi Ujian Nasional 2014



    Konvensi Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mulai tanggal 26 sampai dengan 27 September 2013 bertujuan untuk mencari model penyelenggaraan UN yang kredibel, reliabel, dan akuntabel. Konvensi UN dihadiri oleh perwakilan dari berbagai kelompok di antaranya guru dan kepala sekolah jenjang pendidikan dasar dan menengah negeri dan swasta, lembaga swadaya masyarakat pendidikan dan masyarakat peduli pendidikan, dewan pendidikan dan komite sekolah, serta asosiasi yang bergerak di bidang pendidikan. Di samping itu, konvensi dihadiri perwakilan dinas pendidikan dan dinas agama baik di tingkat pusat, provinsi, serta kabupaten/kota juga.

    Konvensi UN menyepakati bahwa UN tetap dilaksanakan sebagai sarana untuk mengukur prestasi belajar siswa. Sebagaimana diamanatkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 (jo. PP 32 tahun 2013) tentang Standar Nasional Pendidikan, hasil UN digunakan untuk pemetaan, sarana seleksi untuk melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, serta pembinaan.

    Diskusi pada konvensi tersebut memustakan pada pada dua topik yaitu menejemen UN dan penentuan kelulusan. Berikut adalah hasil dari konvensi tersebut :

    A. Menejemen UN
    Kesimpulan diskusi tentang menejemen UN adalah sebagai berikut:
    1. 1.Penentuan kisi-kisi UN, dan pembuatan soal melibatkan pendidik dan para ahli dengan mekanisme ditetapkan oleh pemerintah pusat.
    2. Penyusunan kisi-kisi dilakukan oleh pemerintah pusat, sedangkan proses penyusunan soal diawasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan.
    3. Penggandaan dan pencetakan dilakukan di provinsi dengan pengawasan dari pemerintah pusat dan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta (PTN/PTS).
    4. Pendistribusian dilakukan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Distribusi soal UN dari provinsi ke kabupaten/kota dilakukan oleh pemerintah provinsi, sedangkan distribusi dari kabupaten/kota ke satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota.
    5. Untuk menjamin keamanan dan mencegah kebocoran soal, pendistribusian baik dari provinsi ke kabupaten/kota maupun dari kabupaten/kota ke satuan pendidikan melibatkan kepolisian dan PTN/PTS.
    6. Penyerahan soal UN dari provinsi ke kabupaten/kota dan dari kabupaten/kota kepada satuan pendidikan disertai dengan berita acara.
    7. Pengawasan pelaksanaan UN pada tingkat satuan pendidikan dilakukan oleh dewan pendidikan, PTN/PTS, dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).
    8.   Pengawasan di ruang ujian dilakukan oleh guru secara silang.
    9. Pemindaian Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) SMA/MA/SMALB/SMK/ Paket C dilakukan oleh perguruan tinggi, SMP/MTs/SMPLB/Paket B/Wustha dilakukan oleh dinas pendidikan provinsi, dan SD/MI/Paket A/Ula dilakukan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota.
    10. Kecurangan dalam pelaksanaan UN harus diikuti sanksi yang tegas.
    B. Penentuan kelulusan
    1. Kelulusan UN ditentukan berdasarkan rasio 60% nilai UN dan 40% nilai sekolah. Komposisi nilai sekolah terdiri atas 70% nilai rapor dan 30% ujian sekolah.
    2. Batas kelulusan dari tahun ke tahun dinaikan secara bertahap.
    3. Nilai rapor harus dikirim setiap semester dan pengiriman dilakukan secara daring (on-line).
    4. Untuk meningkatkan kredibilitas dan reliabialitas UN maka ke depan dilakukan perbaikan-perbaikan sebagai berikut (a) UN mengukur ranah kognitif yang lebih tinggi (higher order thinking). Untuk itu, setiap soal diberi bobot berdasarkan pada tingkat kesulitan dan kompleksitas kompetensi yang diukur, (b) rasio kelulusan menjadi 100% ujian sekolah dan 100% UN. Hal ini berarti bahwa setiap siswa yang akan mengikuti ujian nasional harus lulus ujian sekolah terlebih dahulu.
    5. Untuk UN yang lebih kredibel dan reliabel dikembangkan peta jalan (roadmap) yang secara komprehensif mempertimbangkan berbagai aspek.
    6. Untuk menentukan intervensi peningkatan mutu yang lebih merata dan berkeadilan, pemanfaatan nilai UN sebagai dasar intervensi peningkatan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan perlu untuk segara dilaksanakan.
    7. Untuk menunjang penerimaann siswa baru pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, penggunaan nilai UN sebagai dasar penerimaan segera diterapkan.

    13 Okt 2013

    INSTRUMEN PK GURU


    1. FORM ED PK GURU DOWNLOAD DISINI
    2. LEMBAR PENILAIAN SIKAP DOWNLOAD DISINI
    3. INSTRUMEN PK GURU MAPEL DOWNLOAD DISINI
    4. INSTRUMEN PK GURU BK DOWNLOAD DISINI
    5. PERMENPAN-NO-16-TH-2009-TENTANG-JAFUNGI GURU DOWNLOAD DISINI

    30 Sep 2013

    Bahan RPP Matematika Kurikulum 2013

    Bahan RPP Matematika Kurikulum 2013

    Peny Christiana

    Bagi rekan rekan yang membutuhkan referensi RPP Matematika SMP sesuai Kurikulum 2013 kelas VII, VIII, IX lengkap ! dapat membuka oleh oleh dari Ibu Peny Christiana saat Workshop di Hotel Sahid.

    RPP Ini masih belum kami edit karena kesibukan yang sedang kami laksanakan, untuk itu silakan disesuaikan dengan kebutuhan rekan rekan semua.

    Langsung aja download disini

    20 Sep 2013

    Pedoman PK Guru 2013


    Penilaian Kinerja Guru (PKG) akan dilakukan per individu sama seperti yang diterapkan pada uji kompetensi guru (UKG).
    Kemendikbud (pemerintah) akan menjalankan kurikulum baru dengan diikuti meningkatnya kualitas gurudengan cara melaksanakan pembaharuan, mulai dari diperkenalkan dan dilaksanakannya kurikulum baru, penilaiaan kinerja serta pengangkatan calon guru.

    Sebenarnnya sosialisasi penilaian kinerja guru sudah dilaksanakan mulai jauh hari. Penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, dengan kualitas layanan profesi yang bermutu serta dapat menentukan secara tepat tentang kegiatan guru yang dilaksanakan guru saat di dalam kelas, dan membantu guru untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya, sehingga memunculkan terjadinya peningkatan kualitas pembelajaran.

    Hasil dari penilaian kinerja guru akan dimanfaatkan untuk menyusun profil kinerja guru sebagai bahan dalam penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB).
    Selain itu, hasil penilaian kinerja guru juga digunakan sebagai dasar penetapan perolehan angka kredit guru dalam rangka pengembangan karir guru.

    Penilaian kinerja guru akan berlaku secara efektif mulai tanggal 1 Januari 2013 sebagaimana Permendiknas 35/2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
    Berikut adalah kumpulan lengkap peraturan, buku pedoman, dan petunjuk teknis PKG dan yang lainnya,  yang bisa didownload melaluui link dibawah ini :
    1. Permenpan No 16 tahun 2009 | download
    2. Permendiknas No 35 tahun 2010 | download
    3. Permendiknas No 38 tahun 2010 | download
    4. Permepan+Mendiknas 2010 | download
    5. Buku 1 Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) | download
    6. Buku 2 Domlah PK Guru | download
    7. Buku 4 Pedoman PKB dan Angka Kredit | download
    8. Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB | download
    9. Pedoman PKG Pengawas | download
    10. Pedoman PKG Kepsek | download
    11. Pedoman PKG Kaprog | download
    12. Pedoman PKG Kalab | download
    13. Tabel peningkatan Angka Kredit | download
    14. Perhitungan Soal PAK PK Guru | download
    15. Penskoran dan skala konversi | download
    16. Lampiran 2B laporan dan ev guru BP | download
    17. Lampiran 1D Form Penghitungan AK PKG | download
    18. Lampiran 1B laporan dan ev PKG | download
    19. Lampiran 1 C rekap hasil PKG | download
    20. Kompetensi Guru Kelas dan Cara Menilai | download
    21. Kompetensi Guru BK dan Cara Menilai | download

    13 Sep 2013

    Dapodik 2013


    Dapodik tahun pelajaran baru 2013/2014 sudah direlease pada tanggal 15 Juli 2013 yang lalu. Tetapi launching itu dikerjakan terbatas cuma pada operator dapodik propinsi serta operator dapodik kabupaten/ kota bertempat di hotel Arion Swiss,Bandung, JawaBarat. Penampilan dapodik 2013 lalu telah beredar di internet. Tetapi yang butuh diketahui, penampilan yang tetap berbasis situs itu cuma untuk kepentingan TOT serta tetap beta. Aplikasi resminya terus berbasis dekstop, serta dapat didistribusikan ke sekolah-sekolah selepas lebaran melewati kk-datadiknya tiap-tiap.

    Di dalam master aplikasi yang baru, telah otomatis dapat terisi data awal dari dapodik versi pada mulanya yang dulu dikirim ke server optimal per 1Juli 2013. Data yang dikirim sesudah tanggal tersebut, terus dapat dimasukkan ke didalam aplikasi, namun tidak dapat dikemas jadi data awal (mesti melewati restore database).

    Bersumber dari website dikdas.kemdikbud.go.id, jumlah peserta TOT itu sejumlah 530 orang, terdiri dari 33 operator dapodik provinsi serta 497 operator dapodik Kabupaten/Kota. Dikarenakan banyaknya jumlah peserta, TOT digelar didalam lima gelombang.

    Dapodik

    Adapun jadwal TOT untuk Aplikasi Pendataan "Dapodik" 2013 yaitu seperti berikut : 
    Angkatan I
    Dikerjakan di hotel arion swiss, bandung, jawa barat, pada 15-17 juli 2013. Peserta dari aceh, sumatera utara, sumatera selatan, gorontalo, sulawesi sedang, serta banten.

    Angkatan II
    Dikerjakan di hotel arion swiss, bandung, jawa barat, pada 18-20 juli 2013. Peserta dari maluku, sulawesi barat, sulawesi tenggara, jambi, bengkulu, jateng, kalimantan selatan, serta nusa tenggara barat.

    Angkatan III
    Diadakan di hotel ibis trans studio, bandung, jawa barat, pada 22-24 juli 2013. Peserta dari riau, kepulauan riau, sulawesi selatan, bali, sulawesi utara, kalimantan timur, serta sumatera barat.

    Angkatan IV

    Digelar di hotel park, bandung, jawa barat, pada 25-27 juli 2013. Peserta dari papua barat, kepulauan bangka belitung, nusa tenggara timur, kalimantan barat, lampung, maluku utara serta kalimantan sedang.

    Angkatan V
    Digelar di hotel park, bandung, Jawa Barat, pada 29-31 juli 2013. Peserta dari papua, d. I yogyakarta, jawa barat, jawa timur, serta dki jakarta.

    Tujuan proses tot yaitu melatih operator dapodik supaya bisa mengerti serta memakai aplikasi pendataan dikdas 2013. Sesudah aktivitas, mereka diinginkan mensosialisasikan pengetahuan yang didapat pada operator-operator sekolah sebagai binaan di wilayahnya.

    Lantas, untuk beberapa operator sekolah yang menanti aplikasi dapodik versi teranyar, terus bersabar serta menanti sosialisasi dari operator kabupaten tiap-tiap. Buat persiapan saja kepentingan untuk isi data berbentuk siswa baru, serta account e-mail sekolah yang valid serta aktif.

    Untuk mendapatkan aplikasi pendataan dikdas 'dapodik" versi terbaru 2013 ini, silahkan anda ikuti terus informasi di blog ini.

    Link Download Manual Aplikaksi Dapodik terbaru

    8 Sep 2013

    Canon Error B200

     Canon Error B200


    Printer ngadat di saat penting tentu menjadi masalah tersendiri. Lebih dari sekedar terbengkalainya pekerjaan tapi juga memicu timbulnya serangkaian energi negatif akibat kontrol emosi yang tiba-tiba sulit dikendalikan.

    Utamanya untuk anak kos atau siapapun yang sepakat dengan penghematan, berikut coba saya paparkan tips/ langkah yang seringkali berhasil mengatasi Error B200 pada Printer Canon iP2770.

    Pengalaman, langkah ini sebenarnya bisa diterapkan untuk banyak jenis Printer ketika mengalami Error serupa, yaitu Error yang ketika Printer diperintah ngeprint, lampu akan ngeblink bergantian orange dan hijau sebanyak 8 sampai 10 kali. Kemudian dilayar monitor akan muncul Dialog Box menginformasikan telah terjadi sebuah error pada printer, dan anda diminta melepas semua koneksi termasuk power supply dan menghubungi kontak servis. Orang bengkel biasanya akan bilang yang rusak logic boardnya dan harus ganti. Konon harganya setara dengan harga printer baru. Sekali lagi hanya demi penghematan langkah ini barangkali layak anda coba :

    1. Reset Adaptor
    a. Matikan printer. lalu lepas koneksi printer dengan arus listrik, Lepas kabel yang masuk ke printer juga.

    b. Lepa adaptor. biasanya berada di bagian belakang kiri bawah. Melepasnya juga dari bawah. Khususon Canon iP2770 sangat mudah dilepas, yang seri lain agak sulit memang.

    c. Masukkan adaptor tersebut ke kantong plastik transparan. (dari pengalaman lebik baik yang agak tipis) lalu ikat span (tidak menyisakan bagian longgar pada kantong)

    d. Masukkan kedalam freezer selama kurang lebih 8 s/d 12 jam. (dari pengalaman frezer pada kulkas lebih efektif. maksudnya bukan yang khusus lemari es, sering gagal/belum tahu kenapa)

    e. Setelah waktu pendinginan terpenuhi, pasang kembali adaptor ke tempatnya. Hubungkan dengan listrik seperti semula.

    f. Nyalakan printer. Blink hilang dan printer siap digunakan.

    g. Hindari koneksi listrik terputus tiba-tiba (turun tegangan, mati lampu) agar tidak kambuh.

    2. Reset Logic-nya

    a. Matikan Printer, biarkan koneksi dengan listrik maupun PC

    b. Tekan tombol resume 2 detik,tetap tahan lalu tekan tombol power sampai hijau. Lalu lepas tombol reume dengan tetap menahan tombol power.

    c. Tekan lepas tombol resume 5 x (tahan ditekanan ke 5) mestinya lampu orange pas nyala. Lalu lepas bersamaan tombol resume dan powernya.

    d. Kalau masih normal, lampu akan menyala hijau. Tunggu sekitar 30 detik agar printer empurna memposisikan catridge (ditandai dengan suara khas printer). Setelah suara berhenti matikan printer.

    e. Nyalakan lagi printer. dan printer siap digunakan.

    3. Hack the Printer

    Sebelumnya mohon maaf. Istilahnya agak aneh, tapi ini biasanya jurus pamungkanya. Karena reset berulang pada printer akan mengakibatkan “kesalahan” aneh. Respon printer kurang normal. Ini ditandai dengan blink yang 10 x (normalnya hanya 8 x), serta catridge tidak meu ketengah ketika cover dibuka. Dan di menunya canon aja blink 10 x ga ada solusinya. Tapi bisa dicoba langkah ini :

    a. Matikan printer. Nyalakan lagi dan segera buka cover, maka catridge akan menuju tepi kiri kemudian balik ke tepi kanan, sebelum mencapai tepi kanan, halangi catridge, maka catridge akan berhenti ditengah.(normal)

    b. Lepas kedua catridge, lalu tutup kembali covernya, maka catridge box akan ditarik dikanan. Lalu roll akan berputar, biarkan saja sampai printer benar-benar diam. ( sekitar 30 detik). Normalnya lampu orange akan ngeblink 4 atau 5 x.

    c. Buka cover printer, maka catridge box akan ketengah. Pasang kembali catridge. Tutup cover. Tunggu sekitar 1 menit, biarkan printer melakukan apapun.

    d. Setelah printer diam, dan lampu menyala hijau, biasanya siap digunakan. Jangan langsung diperintah untuk mencetak dalam jumlah banyak. karena catridge yang panas akan membuat error ini kembali terulang.

    e. Biasakan mematikan dan mencabut koneksi printer dengan sumber listrik, jika error ini sudah menimpa printer anda.

    sementara itu dulu, semoga bisa bermanfaat bagi saudara-saudara yang masih “dipaksa” untuk hemat.



    Sumber : http://teknologi.kompasiana.com

    Efofex FX Draw

    Efofex FX Draw

    Gambar dari Grafik , gambar geometri, dan lain sebagainya merupakan hal yang sangat penting dalam matematika. Bagi seorang guru, pembelajaran yang inovatif akan meningkatkan minat siswa dalam menerima materi yang disampaikan. Menggambar dengan papan tulis interaktif atau menggunakan proyektor sebagai media pembelajaran sepertinya patut untuk dicoba mengingat perkembangan teknologi yang pesat saat ini sehingga menghasilkan pengajaran interaktif dan intuitif. Namun tidak sedikit Guru yang mengalami kesulitan dalam menggambar geometri menggunakan komputer.
    EFOFEX

    Tapi dengan menggunakan FX Draw dari Efofex Software, menggambar geometri di komputer menjadi lebih mudah. FX Draw merupakan software khusus gambar matematika dua dimensi (2D). Hasil gambarnya juga bisa disave dalam beberapa format gambar sehingga lebih memudahkan kita, bahkan jika ingin insert gambar tersebut ke dalam MS Office FX Draw sudah ada dalam add in.

    Guru aupun siswa mungkin perlu mencoba menggunakan software matematika ini, yang memungkinkan untuk menempatkan grafis publikasi kualitas ke dalam dokumen. Bagi yang menginginkan download full versionnya, silakan KLIK DISINI

    5 Jun 2013

    RPP MATEMATIKA SMA BERKARAKTER

    RPP MATEMATIKA SMA BERKARAKTER
    RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan inti dari apa yang akan disampaikan guru dalam proses pembelajaran. RPP sangat penting karena di dalamnya terdapat bagaimana seorang guru akan menyajikan bentuk materi sehingga dapat dengan mudah dicerna dan dipahami oleh semua siswa. Dan kali ini saya akan membagikan RPP Matematika SMA berkarakter lengkap. Tinggal sekali download saja anda akan mendapatkan semua yang anda butuhkan.


    rpp sma berkarakter


    Apa saja yang terdapat di dalamnya? Berikut ini daftar lengkap yang bisa anda dapatkan di artikel ini:

    • RPP matematika SMA berkarakter kelas X semester 1 dan 2
    • Silabus matematika SMA berkarakter kelas X semester 1 dan 2
    • RPP matematika SMA berkarakter kelas XI semester 1 dan 2
    • Silabus matematika SMA berkarakter kelas XI semester 1 dan 2
    • RPP matematika SMA berkarakter kelas XII semester 1 dan 2
    • Silabus matematika SMA berkarakter kelas XII semester 1 dan 2
    dan masih banyak lagi yang dapat anda unduh seperti SK dan KD matematika SMA, pemetaan, program semester, program tahunan dan KKM.

    Semoga bermanfaat.

    Sumber : http://blog.ideguru.com

    2 Jun 2013

    Fakta 1 menit = 60 detik

    Fakta 1menit = 60 detik


    Semua orang pasti sudah tau tentang konversi satuan waktu jam, menit dan detik. Bilangan 60 digunakan untuk menyatakan waktu, sejam 60 menit, semenit 60 detik. Bilangan 60 ini digunakan pertama kali oleh bangsa Sumeria, jadi mereka berhitung dengan basis 60 atau disebut juga Sexagesimal.

    Alasan kenapa digunakan bilangan 60 adalah bilangan ini bilangan terkecil yang bisa dibagi oleh enam angka pertama yaitu: 1,2,3,4,5,6.

    Jadi dengan mudah kita bisa terbayang: 1/2 jam = 30 mnt, 1/3 jam = 20 menit, 1/4 jam = 15 menit, dst. Bayangkan kalau satu jam = 100 menit, berarti 1/3 jam = 33,333 mnt??? Kalo kata orang, itu ngga bunyi …

    Kalo dalam konsep matematisnya, 60 itu highly composite number, atau bilangan yang angka pembaginya/ faktornya banyak, yaitu 1,2,3,4,5,6,10,12,15,20,30,60.

    Detik

    Detik atau sekon adalah satuan waktu dalam SI (Sistem Internasional, lihat unit SI) yang didefinisikan sebagai durasi selama 9.192.631.770 kali periode radiasi yang berkaitan dengan transisi dari dua tingkat hyperfine dalam keadaan ground state dari atom cesium-133 pada suhu nol kelvin.

    Dalam penggunaan yang paling umum, satu detik adalah 1/60 dari satu menit, dan 1/3600 dari satu jam.

    Sejarahnya

    Pada awalnya, istilah second dalam bahasa Inggris dikenal sebagai "second minute" (menit kedua), yang berarti bagian kecil dari satu jam. Bagian yang pertama dikenal sebagai "prime minute" (menit perdana) yang sama dengan menit seperti yang dikenal sekarang.

    Besarnya pembagian ini terpaku pada 1/60, yaitu, ada 60 menit di dalam satu jam dan ada 60 detik di dalam satu menit.

    Ini mungkin disebabkan oleh pengaruh orang-orang Babylonia, yang menggunakan hitungan sistem berdasarkan sexagesimal (basis 60).

    Istilah jam sendiri sudah ditemukan oleh orang-orang Mesir dalam putaran bumi sebagai 1/24 dari mean hari matahari. Ini membuat detik sebagai 1/86.400 dari mean hari matahari.

    Di tahun 1956, International Committee for Weights and Measures (CIPM), dibawah mandat yang diberikan oleh General Conference on Weights and Measures (CGPM) ke sepuluh di tahun 1954, menjabarkan detik dalam periode putaran bumi disekeliling matahari di saat epoch, karena pada saat itu telah disadari bahwa putaran bumi di sumbunya tidak cukup seragam untuk digunakan sebagai standar waktu.

    Gerakan bumi itu digambarkan di Newcomb's Tables of the Sun (Daftar matahari Newcomb), yang mana memberikan rumusan untuk gerakan matahari pada epoch di tahun 1900 berdasarkan observasi astronomi dibuat selama abad ke-18 dan 19.

    Dengan demikian detik didefinisikan sebagai 1/31.556.925,9747 bagian dari tahun matahari di tanggal 0 Januari 1900 jam 12 waktu ephemeris.

    Definisi ini diratifikasi oleh General Conference on Weights and Measures ke sebelas di tahun 1960. Referensi ke tahun 1900 bukan berarti ini adalah epoch dari mean hari matahari yang berisikan 86.400 detik. Melainkan ini adalah epoch dari tahun tropis yang berisi 31.556.925,9747 detik dari Waktu Ephemeris.

    Waktu Ephemeris (Ephemeris Time - ET) telah didefinisikan sebagai ukuran waktu yang memberikan posisi obyek angkasa yang terlihat sesuai dengan teori gerakan dinamis Newton.

    Dengan dibuatnya jam atom, maka ditentukanlah penggunaan jam atom sebagai dasar pendefinisian dari detik, bukan lagi dengan putaran bumi.

    Dari hasil kerja beberapa tahun, dua astronomer di United States Naval Observatory (USNO) dan dua astronomer di National Physical Laboratory (Teddington, England) menentukan hubungan dari hyperfine transition frequency atom caesium dan detik ephemeris.

    Dengan menggunakan metode pengukuran common-view berdasarkan sinyal yang diterima dari stasiun radio WWV, mereka menentukan bahwa gerakan orbital bulan disekeliling bumi, yang dari mana gerakan jelas matahari bisa diterka, di dalam satuan waktu jam atom.

    Sebagai hasilnya, di tahun 1967, General Conference on Weights and Measures mendefinisikan detik dari waktu atom dalam International System of Units (SI) sebagai

    Durasi sepanjang 9.192.631.770 periode dari radiasi sehubungan dengan transisi antara dua hyperfine level dari ground state dari atom caesium-133.

    Ground state didefinisikan di ketidak-adaan (nol) medan magnet. Detik yang didefinisikan tersebut adalah sama dengan detik ephemeris. Definisi detik yang selanjutnya adalah disempurnakan di pertemuan BIPM untuk menyertakan kalimat

    Definisi ini mengacu pada atom caesium yang diam pada temperatur 0 K. Dalam prakteknya, ini berarti bahwa realisasi detik dengan ketepatan tinggi harus mengkompensasi efek dari radiasi sekelilingnya untuk mencoba mengextrapolasikan ke harga detik seperti yang disebutkan di atas.

    Setiap orang wajib tahu waktu, oleh karena itu mari kita pelajari konversi atau perubahan waktu berikut ini :

    1 Detik = Sama Dengan Seper 60 Menit (1/60 Detik)
    1 Menit = Sama Dengan 60 Detik
    1 Jam = Sama Dengan 60 Menit
    1 Jam = Sama Dengan 3.600 Detik
    1 Hari = Sama Dengan 24 Jam
    1 Hari = Sama Dengan 1.440 Menit
    1 Hari = Sama Dengan 86.400 Detik
    1 Minggu = Sama Dengan 7 Hari
    1 Bulan = Sama Dengan 28 Sampai 31 Hari
    1 Bulan = Sama Dengan 4 Minggu
    1 Caturwulan Atau Cawu = Sama Dengan 4 Bulan
    1 Semester = Sama Dengan 6 Bulan
    1 Tahun = 365 Sama Dengan Hingga 366 Hari
    1 Tahun = Sama Dengan 12 Bulan
    1 Dasawarsa = Sama Dengan 10 Tahun
    1 Abad = Sama Dengan 100 Tahun

    sumber: http://cr7-fanyfauzi.blogspot.com/2011/09/sejarah-mengapa-1-menit-60-detik.html

    MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH DAN PREDIKSI

    MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH Dalam rangka membantu teman guru SD yang kesulitan mencari materi yang sesuai dengan KISI KISI UKG untuk tingka...