31 Okt 2013

RPP DETAIL.Mat SMP Kurikulum 2013

RPP
Secara bertahap kami akan meng-upload  hasil yang diperoleh oleh rekan kami yang mengikuti DIKLAT GURU INTI  tingkat lanjut yang dilaksanakan di P4TK yaitu Bpk. Suwoto, Ibu Penny Christiana, serta Bpk. Moh. Azam, setelah file yang kami terima direvisi sesuai dengan cita rasa MGMP Matematika SMP Kabupaten Tulungagung tentunya.
http://www.mgmpmatematika.com/
Yang kami anggap paling penting diantara file yang ada, sehingga mendapat giliran upload pertama adalah contoh RPP DETAIL.Mat SMP Kurikulum 2013, serta silabus gabungan termutakhir!
Dari contoh tersebut paling tidak kita bisa mendapat gambaran bagaimana sih bentuk RPP-nya sehingga kita nanti mempunyai pedoman dalam membuat dan melaksanakannya disekolah kita masing masing.

Perangkat Pembelajaran Matematika Kelas 9 - revisi

Perangkat,rpp,silabus,kkm
Reposting dari perangkat Pembelajaran yang lalu : pada kesempatan kali ini..., kami haturkan kepada panjenengan berupa RPP Matematika yang sudah direvisi, sebagai alternatif untuk melengkapi perangkat pembelajaran yang sudah panjenengan miliki..., file ini-tidak baku dan masih sangat mungkin untuk dikembangkan lagi agar sesuai dengan lingkungan kerja panjenengan semua. Selain RPP juga kami sertakan Prota, Promes , KKM, Silabus serta Target Kurikulum...., silakan download pada link dibawah ini:
  1. Download KKM Kelas 9
  2. Download Promes
  3. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 1.1
  4. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 1.2
  5. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 1.3
  6. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 2.1
  7. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 2.2
  8. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 2.3
  9. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 3.1
  10. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 3.2
  11. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 3.2 PLH
  12. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 4.1
  13. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 4.2
  14. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 5.1
  15. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 5.2
  16. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 5.3
  17. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 6.1
  18. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 6.2
  19. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 6.3
  20. Download RPP Kelas 9 Kompetensi Dasar 6.4
  21. Download Silabus Kelas 9 Matematika Semester 1
  22. Download Silabus Kelas 9 Matematika Semester 2
  23. Download Target Kurikulum

25 Okt 2013

Format excel analisis butir soal


Anda kesulitan untuk membuat analisis butir soal ? Dengan bantuan format excel yang sudah disiapkan di web P4TK Matematika ini mudah mudahan anda bisa terbantu, sehingga akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan anda harapkan.
Mari kita pelajari bersama, kita fahami dan mari kita coba gunakan untuk menganalisis butir soal sehingga mutu dari soal yang kita buat semakin meningkat !

Download format excel analisis butir soal pada link dibawah ini :
  1. Analisis Butir Soal Pilihan Ganda .xls
  2. Analisis Butir Soal Uraian .xls
  3. Hasil Penilaian Kosong.xls

Garis Bilangan Pada Ms Word

Ada tugas matematika yang akan anda selesaikan…???, Berkaitan dengan membuat garis bilangan dalam Ms Office Word…???
Jika anda seorang guru matematika, maka suatu saat anda akan dihadapkan pada menggambar objek matematika. 
Jika cara kita kurang tepat, maka kita akan menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikannya. Banyak orang yang bisa melakukannya dan tentu banyak caranya.
Berikut adalah langkah-langkah membuat garis bilangan pada Ms. Word :
  1. Klik autoshape pilih line untuk membuat garis datar pilih ketebalan yang diinginkan (untuk memastikan bahwa garis anda mendatar maka tekan shift bersamaan dengan anda membuat garis).
  2. Klik kanan pada garis, Format autoshape, color and lines, begin style pilih panah, end style pilih panah.
  3. Buat garis tegak lurus, kemudian klik kanan pada garis tersebut, weight pilih sesuai keinginan misal 1,5.
  4. Klik kanan pada garis autoshape > size > height pilih 0.30.
  5. Buat text box, klik kanan pada text box, format text box, Color and line : color - no fill, line color : no line. Size height 0.95 cm, width 0,96 cm. Text box : left 0 cm, right 0 cm, top 0 cm, bottom 0 cm. OK.
  6. Klik kanan pada text box pilih perataan text dengan center. Ketikkan angka 1 di dalam text box.
  7. Seleksi aktifkan garis pendek dan text box. pilih perataan align center. Klik.
  8. Letakkan agar text box berada cukup dekat dibawah garis pendek. Aktifkan keduanya, kemudian grup.
  9. Kopi hasilnya sebanyak yang kita inginkan, aktifkan semuanya kemudian ratakan dengan align top. Geser paling kanan sesuai keinginan kita (nanti jadi titik paling kanan), aktifkan lagi semuanya kemudian ratakan distribusi horisontalnya dengan perintah : Distribute horisontally. Kemudian group.
  10. Nah langkah terakhir adalah mendekatkan antara garis panjang dengan objek hasil group tadi. Kemudian group keduanya. Ganti angka-angka satu sesuai keperluan. Nah jadi deh....???, nich penampakannya....
Garis Bilangan

Materi DIKLAT Kurikulum 2013


Kurikulum 2013 di tingkat sekolah secara resmi diterapkan pada tahun pelajaran 2013/2014, walaupun belum dilaksanakan pada semua sekolah.
Sementara untuk sekolah yang bernaung dibawah kementerian Agama (KEMENAG) semisal Madrasah, kurikulum baru akan dilaksanakan mulai tahun depan yakni Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Hal tersebut dilakukan supaya persiapan pelaksanaan kurikulum dapat dilakukan dengan baik.
Meski kurikulum secara menyeluruh kurikulum 2013 baru dimulai tahun depan, tidak ada salahnya bagi sekolah sekolah yang belum melaksanakan kurikulum tersebut untuk mempelajari dan memahami dulu agar semakin siap nantinya jika mulai diterapkan dimasing masing sekolah.
Berikut ini merupakan Rangkuman beberapa Materi Diklat Seputar Implementasi Kurikulum 2013 yang telah dipublikasikan oleh DEPDIKNAS.
1. Perubahan Mindeset ( Rhenald Kasali) Unduh
2. Perubahan Mindset Unduh
3. Rasional Kurikulum 2013 Unduh
4. Elemen Perubahan Kurikulum 2013 Unduh
5. SKL KI-KD Unduh
6. Strategi Implementasi Kurikulum Unduh
7. Konsep Pendekatan Scientific
8. Project Base Learning
9. Problem Base Learning
10. Discovery Learning
11. Konsep Penilaian Autentik pada Proses dan HasiL Unduh
12. Anaslis Buku Guru dan Siswa Mapel Unduh
13. Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik Unduh
14. Rambu Rambu Penyusunan RPP Unduh
15. Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik Unduh
16. Panduan Tugas Telah RPP
17. Panduan Tugas Analisis Rancangan Penilaian
18. Strategi Pengamatan Tayangan Video Unduh
19. Praktik Pembelajaran malalui peer Teaching
20. Konsep Pembelajaran Tematik Terpadu (Tematik-SD/MI)
21. Implementasi Tematik Terpadu (Tematik-SD/MI)
22. Contoh Implmentasi Pendekatan Scientific (Tematik-SD/MI)
23. Analisis Buku Guru dan Siswa Tematik (Tematik-SD/MI)
24. Rambu-Rambu Penyusunan RPP Tematik (Tematik-SD/MI)

23 Okt 2013

Kumpulan Soal OSN Matematika

Alhamdulillaah..., setelah hunting kesana kemari di internet untuk mencari soal OSN Matematika , akhirnya kami bisa mengumpulkan Soal OSN Matematika tersebut mulai dari tahun 2003 sampai dengan tahun 2013.

Silakan yang menhendaki untuk mengikuti link dibawah ini :
  1. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2003 Download atau Disini
  2. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2004 Download atau Disini
  3. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2005 Download atau Disini
  4. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2006 Download atau Disini
  5. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2007 Download atau Disini
  6. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2008 Download atau Disini
  7. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2009 Download atau Disini
  8. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2010 Download atau Disini
  9. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2011 Download atau Disini
  10. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2012 Download atau Disini
  11. Soal OSN matematika Kabupaten/kota tahun 2013 Download atau Disini
  12. Soal OSN matematika Penyisihan SD 2012 Download atau Disini
  13. Soal OSN matematika Semifinal SD 2012 Download atau Disini
  14. vektor soal-final-sd-babak1-2011 atau Disini
  15. vektor soal-final-sd-babak2-2011 atau Disini
  16. vektor soal-final-sd-babak3-2011 atau Disini
  17. Materi Pembinaan OSN Dasar
  18. Soal dan Pembahasan OSP Matematika SMA Tahun 2012

Soal dan Pembahasan OSN 2013 Matematika


Terlambat memang dalam kami reposting soal dan pembahasan OSN 2013 Matematika SMA Tingkat Kabupaten..., karena beberapa saat yang lalu..., kami sempat kebingungan mengingat web ini sangat sulit di indeks oleh mesin pencari! hal ini ternyata disebabkan oleh server host kami atau tempat kami menyewa web MGMP ini yang bermasalah..., sebab seluruh web kami yang kami sewakan ke salah satu penyedia layanan hosting tersebut semua ternyata sulit diakses dari Indonesia , akan tetapi jika diakses dari luar negeri... (Kami minta bantuan teman kami yang menempuh S2 di Australia, red), web ini masih tetap bisa muncul dan masih mudah sekali ditemukan, hanya kalau di Indonesia sendiri malah nggak ketemu. Dan hal ini mengakibatkan peringkat Web ini "terjun bebas" !
...., Alhamdulillah sekarang agaknya permasalahan mulai teratasi! untuk itu kami mohon ma'af kepada rekan rekan atas ketidak nyaman-an ini!
OK langsung aja ke inti dari postingan ini, silakan bagi yang berminat mendapatkan Soal serta pembahasan OSN Matematika 2013 SMA Tingkat Kabupaten untuk mendownload file-nya pada link dibawah ini :
  1. Soal OSN Matematika 2013 SMA Tingkat Kabupaten
  2. Pembahasan OSN Matematika 2013 SMA Tingkat Kabupaten
File ini kami ambil dari sumber : http://taktikmatematik.blogspot.com

20 Okt 2013

File Titipan : Perangkat Mengajar Bahasa Indonesia Lengkap !


Atas permintaan dari beberapa rekan guru Bahasa Indonesia yang sempat kontak kami, beliau ingin dicarikan link yang berisi materi tentang perangkat pembelajaran bahasa Indonesia yang lengkap ! Sebab beliau merasa kesulitan saat mencari di internet bahan rujukan guna membuat perangkat pembelajaran. 
Hal ini memang biasa kita alami..., saat kita mencoba mencari rpp atau silabus misalnya..., maka yang muncul dari indeks pencarian akan sangat bervariasi..., mulai dari web yang menawarkan rpp yang harus ditebus dengan cara transfer sejumlah uang, atau malah kesasar ke web bohong-an yang isinya gambar porno, yang mereka memanfaatkan kesulitan kita dengan menawarkan apa yang kita cari namun mereka memberi tawaran berbeda yang sesungguhnya merekapun tidak punya bahan materi tersebut..., nah dalam postingan kali ini, kami mencoba menawarka link alternatif..., yang tentu saja Insya'allah valid dan tentunya berisi bahan bahan yang diperlukan untuk membuat perangkat pembelajaran Bahasa Indonesia, tidak hanya RPP atau Silabus saja, akan tetapi juga berisi KKM, Pemetaan, Prota, Promes, SK, KD.
nah ...., silakan yang menghendaki langsung aja Download pada daftar link dibawah ini ! 

A. BHS INDO BERKARAKTER VII SMP
  1. KKM VII SMP DOWNLOAD
  2. Pemetaan VII SMP DOWNLOAD
  3. Program Tahunan VII SMP DOWNLOAD
  4. Program Semester VII SMP DOWNLOAD
  5. SK-KD VII SMP DOWNLOAD
  6. RPP Bhs Indonesia VII / 1 DOWNLOAD
  7. RPP Bhs Indonesia VII / 2 DOWNLOAD
  8. Silabus Bhs Indonesia VII / 1 DOWNLOAD
  9. Silabus Bhs Indonesia VII / 2 DOWNLOAD

B. BHS INDO BERKARAKTER VIII SMP
  1. KKM VIII SMP DOWNLOAD
  2. Pemetaan VIII SMP DOWNLOAD
  3. Program Tahunan VIII SMP DOWNLOAD
  4. .Program Semester VIII SMP DOWNLOAD
  5. SK-KD VIII SMP DOWNLOAD
  6. RPP Bhs Indonesia VIII / 1 DOWNLOAD
  7. RPP Bhs Indonesia VIII / 2 DOWNLOAD
  8. Silabus Bhs Indonesia VIII / 1 DOWNLOAD
  9. Slabus Bhs Indonesia VIII / 2 DOWNLOAD

C. BHS INDO BERKARAKTER IX SMP
  1. KKM IX SMP DOWNLOAD
  2. Pemetaan IX SMP DOWNLOAD
  3. Program Tahunan IX SMP DOWNLOAD
  4. Program Semester IX SMP DOWNLOAD
  5. SK-KD IX SMP DOWNLOAD
  6. RPP Bhs Indonesia IX / 1 DOWNLOAD
  7. RPP Bhs Indonesia IX / 2 DOWNLOAD
  8. Silabus Bhs Indonesia IX / 1 DOWNLOAD
  9. Silabus Bhs Indonesia IX / 2 DOWNLOAD

Sumber : http://goblogguru.wordpress.com/

16 Okt 2013

MATERI PELATIHAN GURU IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013


Meskipun banyak ditentang oleh banyak kalangan, kurikulum 2013 mau tetap diterapkan dalam dunia pemdidikan, hal ini ditandai dengan sudah diterapkanya kurikulum 2013 tersebut diberbagai sekolah, dan akan dilanjutkan dengan dilaksanakannya kurikulum tersebut pada sekolah sasaran.

Untuk itu ..., Kementerian Pendidikan Nasional melalui instansi jajaran yang terkait giat melaksanakan sosialisasi diberbagai daerah.

Bagi anda yang belum mendapatkan "giliran" untuk ikut pelatihan atau anda yang ikut tapi bahan yang anda dapatkan belum lengkap, silakan download materi sosialisasi kurikulum 2013 pada tautan dibawah ini :

  1. Implementasi Kurikulum 2013 SMP bidang Studi MATEMATIKA
  2. PPT Sosialisasi Kurikulum 2013 Umum
  3. Permendikbud + Materi

Silabus Kurikulum 2013


Meskipun bermunculan keraguan dari banyak pihak mengenai Kurikulum 2013 namun pada tahun ajaran 2013/2014 ini, Kurikulum 2013 akan mulai diterapkan secara terbatas pada sekolah-sekolah yang menjadi piloting.
Saat ini pun terhitung mulai mulai banyak Workshop serta pelatihan juga sosialisasi yang intensif tentang kurikulum 2013 terhadap guru sasaran yang dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia.
Meskipun penerapan kurikulum 2013 ini nantinya baru dilaksanakan secara terbatas, namun guru-guru sekolah yang lain yang tidak termasuk kedalam daftar menjadi penasaran dan ingin tahu seperti apa silabus khususnya bagi jenjang SMP yang telah dikembangkan oleh pemerintah tersebut, karena menurut rencana, nanti 2015 seluruh kelas dari tiap jenjang pendidikan sudah harus menerapkan kurikulum 2013. Jadi tidak ada salahnya untuk melihat-lihat seperti apa silabus kurikulum 2013 tersebut.

Dibawah ini adalah link download Silabus Kurikulum 2013 tingkat SMP :
  1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  2. Bahasa Indonesia
  3. Matematika
  4. Bahasa Inggris
  5. Seni Budaya
  6. Prakarya
  7. IPA
  8. IPS
  9. Penjasorkes

15 Okt 2013

Bilangan-Bilangan Yang Menakutkan

Bilangan-bilangan Yang Menakutkan
oleh : Sumardyono, M.Pd



Teori bilangan merupakan salah satu cabang matematika yang paling mengasyikkan. Mengapa tidak ? Kebanyakan teka-teki atau permainan banyak terkait dengan bilangan. Permainan matematika yang terkenal dan sudah sejak lama ada antara lain bujursangkar ajaib, serta beberapa terapan deret dan kombinatorika.

Selain banyak bersinggungan dengan permainan dan teka-teki matematika, teori bilangan juga menyuguhkan keajaiban lain berupa masalah atau soal-soal yang belum terpecahkan (unsolved problem). Untuk menyebut beberapa yang terkenal dan bertahan lama, antara lain Dugaan Prima Kembar (twin prime conjucture), serta masalah Collatz (Collatz problem).

Pada artikel kali ini, penulis ingin memperkenalkan rekreasi matematika terkait bilangan, yaitu beberapa bilangan yang dinamakan dengan nama-nama yang menakutkan. Walau agak kontradiktif dengan sifat nama-nama yang diberikan, namun penelaahan jenis bilangan tersebut merupakan suatu kegiatan rekreasi yang cukup mengasyikkan.

Selengkapnya download file artikel disini

DISEKSI PERSEGI (yang) SEMPURNA

DISEKSI PERSEGI (yang) SEMPURNA
Sumardyono, M.Pd.


Diseksi atau dissection adalah istilah matematis untuk operasi atau kegiatan memotong-motong suatu bangun datar menurut syarat-syarat tertentu. Masalah diseksi yang terkenal dan menjadi cikal bakal berkembangnya topik ini adalah puzzle atau teka-teki memotong-motong suatu bangun datar sedemikian hingga seluruh potongan yang ada dapat disusun kembali membentuk bangun datar yang lain.
Salah satu masalah diseksi yang berguna adalah diseksi suatu persegi pada sisi miring suatu segitiga siku-siku menjadi dua persegi pada sisi-sisi penyiku segitiga. Tentu masalah ini terkait erat dengan pembuktian Teorema Pythagoras.


Dalam artikel kali ini, penulis ingin membahas suatu masalah diseksi yang khusus pula, yaitu diseksi persegi yang sempurna. Diberikan suatu persegi, maka tujuannya adalah memotong-motong persegi tersebut menjadi sejumlah berhingga persegi lain yang semuanya berbeda ukuran.
 
Untuk melanjutkan artikel menarik ini, silakan download disini

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD)


Ada beberapa hal yang perlu dimengerti terutama mengenai istilah kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD). Menilik pada KTSP, bawah kedalaman muatan kurikulum dituangkan dalam kompetensi yang terdiri atas standar kompetensi dan kompetensi dasar pada setiap tingkat dan/atau semester.

Standar kompetensi merupakan penjabaran dari standar kompetensi lulusan (SKL).

SKL secara keseluruhan terdiri atas SKL satuan pendidikan, standar kompetensi kelompok mata pelajaran, standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran.

Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan untuk menyusun indikator kompetensi.


Pada kurikulum 2013 nanti, istilah SK-KD ini akan digantikan menjadi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Apakah pengertian 2 istilah tersebut ? 

Baiklah..mari kita simak penjelasan berikut yang saya ambil dari dokumen kurikulum 2013..

Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi Inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.

Kompetensi Inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar.
Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/ jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa.
Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.

Kompetensi Inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu berkenaan dengan:
  1. Sikap keagamaan (kompetensi inti 1), 
  2. Sikap sosial (kompetensi 2), 
  3. Pengetahuan (kompetensi inti 3), 
  4. Penerapan pengetahuan (kompetensi 4). 
Keempat kelompok itu menjadi acuan dari Kompetensi Dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif.
Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) yaitu pada waktu peserta didik belajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dan penerapan pengetahuan (kompetensi Inti kelompok 4).

Kompetensi Dasar  merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. 
Kompetensi Dasar adalah kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik.
Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresif atau pun humanisme. Karena filosofi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan di bagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan perenialisme. 

Dibawah ini merupakan Link Download dari KI-KD SMP Kurikulum 2013 :
  1. KI KD SMP 2013 B.Indonesia
  2. KI KD SMP 2013 B.Inggris
  3. KI KD SMP 2013 IPA
  4. KI KD SMP 2013 IPS
  5. KI KD SMP 2013 Matematika
  6. KI KD SMP 2013 Pend. Agama
  7. KI KD SMP 2013 Penjaskes
  8. KI KD SMP 2013 PPKn
  9. KI KD SMP 2013 Senibudaya
  10. KI KD SMP 2013 Prakarya

                                                                                                                        Sumber : http://infokurikulum2013.blogspot.com

Permendikbud Tentang Kurikulum 2013



Pemberlakuan kurikulum ini tentu didasari oleh peraturan Mendikbud tentang SKL (Standar Kompetensi Lulusan), Struktur Kurikulum dan lain-lain. Selama ini KI-KD (Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar) dan Struktur Kurikulum yang beredar masih dalam bentuk draft.
Saat ini perangkat kurikulum itu semua tidak lagi dalam bentuk draft, karena sudah disahkan oleh Mendikbud dalam bentuk Permendikbud. Permendikbud tersebut dapat diunduh melalui tautan di bawah ini:
Semoga bermanfaat.

Konvensi Ujian Nasional 2014



Konvensi Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mulai tanggal 26 sampai dengan 27 September 2013 bertujuan untuk mencari model penyelenggaraan UN yang kredibel, reliabel, dan akuntabel. Konvensi UN dihadiri oleh perwakilan dari berbagai kelompok di antaranya guru dan kepala sekolah jenjang pendidikan dasar dan menengah negeri dan swasta, lembaga swadaya masyarakat pendidikan dan masyarakat peduli pendidikan, dewan pendidikan dan komite sekolah, serta asosiasi yang bergerak di bidang pendidikan. Di samping itu, konvensi dihadiri perwakilan dinas pendidikan dan dinas agama baik di tingkat pusat, provinsi, serta kabupaten/kota juga.

Konvensi UN menyepakati bahwa UN tetap dilaksanakan sebagai sarana untuk mengukur prestasi belajar siswa. Sebagaimana diamanatkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 (jo. PP 32 tahun 2013) tentang Standar Nasional Pendidikan, hasil UN digunakan untuk pemetaan, sarana seleksi untuk melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, serta pembinaan.

Diskusi pada konvensi tersebut memustakan pada pada dua topik yaitu menejemen UN dan penentuan kelulusan. Berikut adalah hasil dari konvensi tersebut :

A. Menejemen UN
Kesimpulan diskusi tentang menejemen UN adalah sebagai berikut:
  1. 1.Penentuan kisi-kisi UN, dan pembuatan soal melibatkan pendidik dan para ahli dengan mekanisme ditetapkan oleh pemerintah pusat.
  2. Penyusunan kisi-kisi dilakukan oleh pemerintah pusat, sedangkan proses penyusunan soal diawasi oleh Badan Standar Nasional Pendidikan.
  3. Penggandaan dan pencetakan dilakukan di provinsi dengan pengawasan dari pemerintah pusat dan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta (PTN/PTS).
  4. Pendistribusian dilakukan oleh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Distribusi soal UN dari provinsi ke kabupaten/kota dilakukan oleh pemerintah provinsi, sedangkan distribusi dari kabupaten/kota ke satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah kabupaten/kota.
  5. Untuk menjamin keamanan dan mencegah kebocoran soal, pendistribusian baik dari provinsi ke kabupaten/kota maupun dari kabupaten/kota ke satuan pendidikan melibatkan kepolisian dan PTN/PTS.
  6. Penyerahan soal UN dari provinsi ke kabupaten/kota dan dari kabupaten/kota kepada satuan pendidikan disertai dengan berita acara.
  7. Pengawasan pelaksanaan UN pada tingkat satuan pendidikan dilakukan oleh dewan pendidikan, PTN/PTS, dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP).
  8.   Pengawasan di ruang ujian dilakukan oleh guru secara silang.
  9. Pemindaian Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) SMA/MA/SMALB/SMK/ Paket C dilakukan oleh perguruan tinggi, SMP/MTs/SMPLB/Paket B/Wustha dilakukan oleh dinas pendidikan provinsi, dan SD/MI/Paket A/Ula dilakukan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota.
  10. Kecurangan dalam pelaksanaan UN harus diikuti sanksi yang tegas.
B. Penentuan kelulusan
  1. Kelulusan UN ditentukan berdasarkan rasio 60% nilai UN dan 40% nilai sekolah. Komposisi nilai sekolah terdiri atas 70% nilai rapor dan 30% ujian sekolah.
  2. Batas kelulusan dari tahun ke tahun dinaikan secara bertahap.
  3. Nilai rapor harus dikirim setiap semester dan pengiriman dilakukan secara daring (on-line).
  4. Untuk meningkatkan kredibilitas dan reliabialitas UN maka ke depan dilakukan perbaikan-perbaikan sebagai berikut (a) UN mengukur ranah kognitif yang lebih tinggi (higher order thinking). Untuk itu, setiap soal diberi bobot berdasarkan pada tingkat kesulitan dan kompleksitas kompetensi yang diukur, (b) rasio kelulusan menjadi 100% ujian sekolah dan 100% UN. Hal ini berarti bahwa setiap siswa yang akan mengikuti ujian nasional harus lulus ujian sekolah terlebih dahulu.
  5. Untuk UN yang lebih kredibel dan reliabel dikembangkan peta jalan (roadmap) yang secara komprehensif mempertimbangkan berbagai aspek.
  6. Untuk menentukan intervensi peningkatan mutu yang lebih merata dan berkeadilan, pemanfaatan nilai UN sebagai dasar intervensi peningkatan mutu pendidikan pada tingkat satuan pendidikan perlu untuk segara dilaksanakan.
  7. Untuk menunjang penerimaann siswa baru pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi, penggunaan nilai UN sebagai dasar penerimaan segera diterapkan.

13 Okt 2013

INSTRUMEN PK GURU


  1. FORM ED PK GURU DOWNLOAD DISINI
  2. LEMBAR PENILAIAN SIKAP DOWNLOAD DISINI
  3. INSTRUMEN PK GURU MAPEL DOWNLOAD DISINI
  4. INSTRUMEN PK GURU BK DOWNLOAD DISINI
  5. PERMENPAN-NO-16-TH-2009-TENTANG-JAFUNGI GURU DOWNLOAD DISINI

MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH DAN PREDIKSI

MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH Dalam rangka membantu teman guru SD yang kesulitan mencari materi yang sesuai dengan KISI KISI UKG untuk tingka...