Untuk mengunduh File Silabus OSN 2012 :
29 Mar 2012
SILABUS OSN 2012
Dalam rangka menyongsong Olimpiade OSN 2012, kami menyiapkan Silabusnya..., mudah mudahan bisa bermanfaat bagi Guru yang menjadi pembina OSN dan terutamanya adalah peserta yang akan mengikuti kegiatan tersebut.
27 Mar 2012
Silabus OSN 2012
Silabus OSN 2012
Dalam rangka pelaksanaan OLIMPIADE MIPA, IPS MGMP SMP Kabupaten Tulungagung yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 April 2012, Tim MGMP memberikan panduan bagi peserta dan pendamping berupa silabus OSN yang bisa di download pada link dibawah ini :
25 Mar 2012
Tagihan Individu KKG Bermutu
1. Silabus
Silabus merupakan tugas individual wajib, artinya semua guru yang mengikuti kegiatan di KKG/ MGMP harus membuatnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.
Silabus yang dilaporkan adalah yang anda buat dan digunakan di sekolah.
Silabus yang harus dilaporkan adalah untuk standar kompetensi dan kompetensi dasar dengan ketentuan:
a. Untuk Guru Kelas:
- Satu tahun ajaran
- Salah satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
- Salah satu tingkat dari sejumlah tingkat yang menjadi tanggungjawabnya.
- Satu tahun ajaran
- Salah satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
- Salah satu tingkat yang menjadi tugas mengajarnya
- Salah satu mata pelajaran yang diajarkannya
Silabus yang dilaporkan disusun menggunakan format yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) atau yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota anda
2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
RPP merupakan tugas individual wajib, artinya semua guru yang mengikuti kegiatan di KKG/ MGMP harus membuatnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.
a. Untuk Guru Kelas:
- Satu tahun ajaran
- Salah satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
- Salah satu tingkat dari sejumlah tingkat yang menjadi tanggungjawabnya.
b. Untuk Guru Bidang Studi:
- Satu tahun ajaran
- Salah satu kelas yang menjadi tugas mengajarnya
- Salah satu tingkat yang menjadi tugas mengajarnya
- Salah satu mata pelajaran yang diajarkannya
RPP disusun menggunakan format yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) atau yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan di Kabupaten/Kota anda.
Jurnal Belajar merupakan tugas individual wajib, artinya semua guru yang mengikuti kegiatan di KKG/ MGMP harus membuatnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya.
Jurnal belajar berisi catatan tentang berbagai kegiatan belajar di kelompok kerja yang dilakukan oleh setiap guru anggotanya.
Jurnal Belajar yang harus dibuat oleh masing-masing anggota Pokja minimal 17 (tujuh belas), satu untuk in service dan 16 (enam belas) untuk on service.
Jurnal belajar yang dilaporkan disusun menggunakan format yang diterbitkan oleh Pengelola Program BERMUTU sebagaimana dapat dilihat dalam halaman berikut:
4. Karya Ilmiah:
Karya Tulis Ilmiah merupakan tugas pilihan, oleh sebab itu peserta tidak harus membuat PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dan atau Kajian Kritis, kecuali bagi mereka yang membutuhkan untuk kenaikan pangkat. Peserta dapat menggunakan format yang selama ini telah ada.
Macam-macam KTI :
a. Makalah
b. Artikel
c. Kajian Kritis
d. Laporan Best Practice
e. Hasil Terjemahan Bahan Ajar
f. Penulisan Buku
g. Diktat
h. Jobsheet
i. HandOut
21 Mar 2012
Kuis Barisan Bilangan
Menjadi komedian dan pemain sepakbola terkenal, tidak membuat CHRISTIAN GONSULE melupakan belajar matematika!!! Masak iya sihhh.....???
lha terrbukti koq bahwa saat ini SULE sibuk menyelesaikan KUIS BARISAN BILANGAN !
Ingin menemani SULE belajar....???
Ingin menemani SULE belajar....???
6 Mar 2012
Hasil Pembahasan Soal UAN tahun 2010/2011
Hasil Pembahasan Soal UAN tahun 2010/2011
Berikut adalah hasil pembahasan soal UAN tahun 2010/2011 (Paket soal yang diujikan di Kota Yogyakarta) oleh tim pembahas PPPPTK Matematika.
Berikut adalah hasil pembahasan soal UAN tahun 2010/2011 (Paket soal yang diujikan di Kota Yogyakarta) oleh tim pembahas PPPPTK Matematika.
- 1. Pembahasan Soal Matematika Ujian Nasional SMP 2010/2011
- 2. Pembahasan Soal Matematika Ujian Nasional SMA IPA 2010/2011
- 3. Pembahasan Soal Matematika Ujian Nasional SMA IPS 2010/2011
Sumber: P4TK Matematika
5 Mar 2012
RPP Kelas VIII
4 Mar 2012
2 Mar 2012
Model Pembelajaran Pendekatan Scientific pada Kurikulum 2013
Model pembelajaran adalah suatu acuan atau pedoman dari sesuatu yang akan dilakukan yang di dalamnya memuat cara untuk menjadikan orang belajar.
Saat ini sudah banyak para pakar yang berusaha mengembangkan berbagai model pembelajaran matematika. Namun demikian, dalam makalah ini selain hanya difokuskan pada 4 model pembelajaran matematika yang berorientasi pada pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) juga akan sedikit diuraikan kembali model pembelajaran langsung yang mana untuk materi-materi tertentu sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika.
Dengan disahkannya kurikulum 2013, diperlukan model pembelajaran yang dapan menunjang tercapainya tujuan kurikulum 2013, metode pembelajaran ini yaitu melalui konsep Pendekatan Scientific merujuk pada kriteria sebagai berikut:
Saat ini sudah banyak para pakar yang berusaha mengembangkan berbagai model pembelajaran matematika. Namun demikian, dalam makalah ini selain hanya difokuskan pada 4 model pembelajaran matematika yang berorientasi pada pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) juga akan sedikit diuraikan kembali model pembelajaran langsung yang mana untuk materi-materi tertentu sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika.
Dengan disahkannya kurikulum 2013, diperlukan model pembelajaran yang dapan menunjang tercapainya tujuan kurikulum 2013, metode pembelajaran ini yaitu melalui konsep Pendekatan Scientific merujuk pada kriteria sebagai berikut:
- Materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan atau dongeng semata.
- Penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis.
- Mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.
- Mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran.
- Mendorong dan menginspirasi siswa mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi pembelajaran.
- Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan.
- Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya.
- Model Discovery Learning silakan download disini
- Model Project Based Learning silakan download disini
- Model Problem Based Learning silakan download disini
Pythagoras
Pythagoras, Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.
Pythagoras (582 SM – 496 SM, bahasa Yunani: Πυθαγόρας) adalah seorang matematikawan dan filsuf Yunani yang paling dikenal melalui teoremanya.
Pythagoras juga dikenal sebagai "Bapak Bilangan", dia memberikan sumbangan yang penting terhadap filsafat dan ajaran keagamaan pada akhir abad ke-6 SM. Kehidupan dan ajarannya tidak begitu jelas akibat banyaknya legenda dan kisah-kisah buatan mengenai dirinya.
Salah satu peninggalan Pythagoras yang terkenal adalah teorema Pythagoras, yang menyatakan bahwa kuadrat hipotenusa dari suatu segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya (sisi-sisi siku-sikunya). Walaupun fakta di dalam teorema ini telah banyak diketahui sebelum lahirnya Pythagoras, namun teorema ini dikreditkan kepada Pythagoras karena ia yang pertama kali membuktikan pengamatan ini secara matematis.
Pythagoras dan murid-muridnya percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini berhubungan dengan matematika, dan merasa bahwa segalanya dapat diprediksikan dan diukur dalam siklus beritme. Ia percaya keindahan matematika disebabkan segala fenomena alam dapat dinyatakan dalam bilangan-bilangan atau perbandingan bilangan. Terdapat legenda yang menyatakan bahwa ketika muridnya Hippasus menemukan bahwa √2, hipotenusa dari segitiga siku-siku sama kaki dengan sisi siku-siku masing-masing 1, adalah bilangan irasional, murid-murid Pythagoras lainnya memutuskan untuk membunuhnya karena tidak dapat membantah bukti yang diajukan Hippasus.
Dalam matematika, teorema Pythagoras adalah suatu keterkaitan dalam geometri Euklides antara tiga sisi sebuah segitiga siku-siku. Teorema ini dinamakan menurut namanya.
Dalam tradisi Yunani, diceritakan bahwa ia banyak melakukan perjalanan, diantaranya ke Mesir. Perjalanan Phytagoras ke Mesir merupakan salah satu bentuk usahanya untuk berguru, menimba ilmu, pada imam-imam di Mesir. Konon, karena kecerdasannya yang luar biasa, para imam yang dikunjunginya merasa tidak sanggup untuk menerima Phytagoras sebagai murid. Namun, pada akhirnya ia diterima sebagai murid oleh para imam di Thebe. Disini ia belajar berbagai macam misteri. Selain itu, Phytagoras juga berguru pada imam-imam Caldei untuk belajar Astronomi, pada para imam Phoenesia untuk belajar Logistik dan Geometri, pada para Magi untuk belajar ritus-ritus mistik, dan dalam perjumpaannya dengan Zarathustra, ia belajar teori perlawanan.
Selepas berkelana untuk mencari ilmu, Phytagoras kembali ke Samos dan meneruskan pencarian filsafatnya serta menjadi guru untuk anak Polycartes, penguasa tiran di Samos. Kira-kira pada tahun 530, karena tidak setuju dengan pemerintahan tyrannos Polycartes, ia berpindah ke kota Kroton di Italia Selatan. Di kota ini, Phytagoras mendirikan sebuah tarekat beragama yang kemudian dikenal dengan sebutan “Kaum Phytagorean.”
Kaum Phytagorean
Kaum phytagorean sangat berjasa dalam meneruskan pemikiran-pemikiran Phytagoras. Semboyan mereka yang terkenal adalah “authos epha, ipse dixit” (dia sendiri yang telah mengatakan demikian). Kaum ini diorganisir menurut aturan-aturan hidup bersama, dan setiap orang wajib menaatinya. Mereka menganggap filsafat dan ilmu pengetahuan sebagai jalan hidup, sarana supaya setiap orang menjadi tahir, sehingga luput dari perpindahan jiwa terus-menerus.
Diantara pengikut-pengikut Phytagoras di kemudian hari berkembang dua aliran. Yang pertama disebut akusmatikoi (akusma = apa yang telah didengar; peraturan): mereka mengindahkan penyucian dengan menaati semua peraturan secara seksama.
Pythagoras (582 SM – 496 SM, bahasa Yunani: Πυθαγόρας) adalah seorang matematikawan dan filsuf Yunani yang paling dikenal melalui teoremanya.
Pythagoras juga dikenal sebagai "Bapak Bilangan", dia memberikan sumbangan yang penting terhadap filsafat dan ajaran keagamaan pada akhir abad ke-6 SM. Kehidupan dan ajarannya tidak begitu jelas akibat banyaknya legenda dan kisah-kisah buatan mengenai dirinya.
Salah satu peninggalan Pythagoras yang terkenal adalah teorema Pythagoras, yang menyatakan bahwa kuadrat hipotenusa dari suatu segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari kaki-kakinya (sisi-sisi siku-sikunya). Walaupun fakta di dalam teorema ini telah banyak diketahui sebelum lahirnya Pythagoras, namun teorema ini dikreditkan kepada Pythagoras karena ia yang pertama kali membuktikan pengamatan ini secara matematis.
Pythagoras dan murid-muridnya percaya bahwa segala sesuatu di dunia ini berhubungan dengan matematika, dan merasa bahwa segalanya dapat diprediksikan dan diukur dalam siklus beritme. Ia percaya keindahan matematika disebabkan segala fenomena alam dapat dinyatakan dalam bilangan-bilangan atau perbandingan bilangan. Terdapat legenda yang menyatakan bahwa ketika muridnya Hippasus menemukan bahwa √2, hipotenusa dari segitiga siku-siku sama kaki dengan sisi siku-siku masing-masing 1, adalah bilangan irasional, murid-murid Pythagoras lainnya memutuskan untuk membunuhnya karena tidak dapat membantah bukti yang diajukan Hippasus.
Dalam matematika, teorema Pythagoras adalah suatu keterkaitan dalam geometri Euklides antara tiga sisi sebuah segitiga siku-siku. Teorema ini dinamakan menurut namanya.
Dalam tradisi Yunani, diceritakan bahwa ia banyak melakukan perjalanan, diantaranya ke Mesir. Perjalanan Phytagoras ke Mesir merupakan salah satu bentuk usahanya untuk berguru, menimba ilmu, pada imam-imam di Mesir. Konon, karena kecerdasannya yang luar biasa, para imam yang dikunjunginya merasa tidak sanggup untuk menerima Phytagoras sebagai murid. Namun, pada akhirnya ia diterima sebagai murid oleh para imam di Thebe. Disini ia belajar berbagai macam misteri. Selain itu, Phytagoras juga berguru pada imam-imam Caldei untuk belajar Astronomi, pada para imam Phoenesia untuk belajar Logistik dan Geometri, pada para Magi untuk belajar ritus-ritus mistik, dan dalam perjumpaannya dengan Zarathustra, ia belajar teori perlawanan.
Selepas berkelana untuk mencari ilmu, Phytagoras kembali ke Samos dan meneruskan pencarian filsafatnya serta menjadi guru untuk anak Polycartes, penguasa tiran di Samos. Kira-kira pada tahun 530, karena tidak setuju dengan pemerintahan tyrannos Polycartes, ia berpindah ke kota Kroton di Italia Selatan. Di kota ini, Phytagoras mendirikan sebuah tarekat beragama yang kemudian dikenal dengan sebutan “Kaum Phytagorean.”
Kaum Phytagorean
Kaum phytagorean sangat berjasa dalam meneruskan pemikiran-pemikiran Phytagoras. Semboyan mereka yang terkenal adalah “authos epha, ipse dixit” (dia sendiri yang telah mengatakan demikian). Kaum ini diorganisir menurut aturan-aturan hidup bersama, dan setiap orang wajib menaatinya. Mereka menganggap filsafat dan ilmu pengetahuan sebagai jalan hidup, sarana supaya setiap orang menjadi tahir, sehingga luput dari perpindahan jiwa terus-menerus.
Diantara pengikut-pengikut Phytagoras di kemudian hari berkembang dua aliran. Yang pertama disebut akusmatikoi (akusma = apa yang telah didengar; peraturan): mereka mengindahkan penyucian dengan menaati semua peraturan secara seksama.
Yang kedua disebut mathematikoi (mathesis = ilmu pengetahuan): mereka mengutamakan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pasti.
Soal Theorema Pythagoras
Soal Theorema Pythagoras
Berikut ini adalah kumpulan soal soal yang berkaitan dengan teorema Pythagoras, yang kami ambil dari http://matematikasmpdki.blogspot.com, harapan kami... dengan latihan soal ini bisa menambah kemampuan serta ketrampilan peserta didik dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan Pythagoras
Link Download Kumpulan soal soal Theorema Pythagoras :
Sumber : http://matematikasmpdki.blogspot.com
Persiapan OSN 2012 Matematika
Belajar, berlatih dengan giat adalah satu cara untuk meraih keberhasilan. Dalam rangka menyongsong kegiatan Olimpiade Matematika Tingkat Kabupaten yang Insya'Allah akan digelar oleh MGMP Matematika SMP Kabupaten Tulungagung, disini kami berikan Soal OSN tahun 2011.
Harapan kami soal ini bisa digunakan untuk berlatih bagi guru dan peserta didik.
Soal OSN Matematika Tahun 2011 bisa di download disini atau disini
Harapan kami soal ini bisa digunakan untuk berlatih bagi guru dan peserta didik.
Soal OSN Matematika Tahun 2011 bisa di download disini atau disini
1 Mar 2012
Pelengkap RPP
Pelengkap RPP
Didalam RPP yang kita buat tentunya berpedoman kepada Standar Isi Matematika SMP dan RPP tersebut harus memuat nilai nilai karakter bangsa. Keduanya bisa di download disini :
1. Standar Isi Matematika SMP
2. Nilai nilai karakter bangsa
1. Standar Isi Matematika SMP
2. Nilai nilai karakter bangsa
KISI KISI UN 2012 LENGKAP
Kisi-Kisi UN Tahun Pelajaran 2011/2012 untuk : SD-MI dan SMP-MTs-SMPLB, SMA-MA-SMALB dan SMK dari BNSP, dan kepada seluruh peserta didik yang akan mengkikuti UN dan juga kepada para pendidik, Team MGMP Kabupaten Tulungagung mengucapkan selamat menyongsong pelaksanaan UN TP 2011/2011, semoga dengan semangat belajar dan berlatih akan teraih cita-cita dengan hasil yang maksimal. Amin.
Download Kisi-Kisi UN SMP :
Download Kisi-Kisi UN SMP :
- Kisi-Kisi Matematika
- Kisi-Kisi Bahasa Indonesia
- Kisi-Kisi Bahasa Inggris
- Kisi-Kisi IPA
- Kisi-Kisi SMP - MTs - SMPLB - SMA - MA - SMALB - SMK ( Download )
Langganan:
Postingan (Atom)
MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH DAN PREDIKSI
MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH Dalam rangka membantu teman guru SD yang kesulitan mencari materi yang sesuai dengan KISI KISI UKG untuk tingka...
-
Ulasan Soal Statistika yang Diujikan pada UN Mata Pelajaran Matematika SMP/MTs Tahun 2012 (Oleh Theresia Widyantini) Pemerintah melalui Kem...
-
Ada tugas matematika yang akan anda selesaikan…???, Berkaitan dengan membuat garis bilangan dalam Ms Office Word…??? Jika anda seorang guru...
-
Rumus Nilai Akhir Kelulusan SMP 2014/2015 Rumus nilai akhir ( NA ) penentu kelulusan peserta didik sekolah menengah pertama (SMP) ...