..............kelanjutan pengantar PTK2...>>>
Karena bukunya dikemas dengan model cetakan yang unik, kecil kecil dihiasi dengan sampul berdesign grafis tingkat tinggi, sehingga menimbulkan kesan "eye catching" atau enak dipandang (yen disawang ki jan ngresepake...), sehingga kesan pertama saat melihat, orang langsung tertarik dan sulit untuk tidak membaca isinya....
Berbeda dengan kebanyakan buku buku mata pelajaran saat itu..., yang kebanyakan dicetak dengan design kaku, dengan sampul bergambar rumus rumus yang saat melihat saja kita sudah harus mengeriyitkan jidat, otak langsung puyeng bekerja dan berfikir sambil menebak nebak ...rumus opo yo kuwi....??? wong selagine nyawang sampule buku wae koq uwis mikir..., durung njerone buku...>>>
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGUNGKAPKAN
MONOLOG DESCRIPTIVE LISAN SEDERHANA YANG BERTERIMA
SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 PUCANGLABAN
MENGGUNAKAN SISTIM ICARE
Berbeda dengan kebanyakan buku buku mata pelajaran saat itu..., yang kebanyakan dicetak dengan design kaku, dengan sampul bergambar rumus rumus yang saat melihat saja kita sudah harus mengeriyitkan jidat, otak langsung puyeng bekerja dan berfikir sambil menebak nebak ...rumus opo yo kuwi....??? wong selagine nyawang sampule buku wae koq uwis mikir..., durung njerone buku...>>>
Opini selanjutnya masuk ke isi buku dan Insya"allah akan aku tulis pada pengantar PTK 4 nanti....
OK..., sekarang saatnya masuk ke hasil edit PTK 3 Bahasa Inggris SMP dengan metode pendekatan SISTEM ICARE.... opo maneh kuwi...???!!!
OK..., sekarang saatnya masuk ke hasil edit PTK 3 Bahasa Inggris SMP dengan metode pendekatan SISTEM ICARE.... opo maneh kuwi...???!!!
aku dhewe yo rung mudheng..., enaknya kita lihat screenshot-nya aja yuuk....???? :
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGUNGKAPKAN
MONOLOG DESCRIPTIVE LISAN SEDERHANA YANG BERTERIMA
SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 PUCANGLABAN
MENGGUNAKAN SISTIM ICARE
Munafath
Abstract: The class action research is as an effort to increase the students’ skill to express the simple descriptive monolog literally of the students class VIIA SMP Negeri 1 Pucanglaban , Tulungagung region. This is as a solution of the difficulties of the English teacher to teach the students in oral learning activity. It used three cycles of the classroom action research. The ICARE system is used in this learning activities, that consists of five components, Introduce, Connect, Apply, Reflect and Extend. The learning topic is The Personal Description to describe famous people using English literary proficiency.
The finding in qualitative approach and quantitative approach show that the ICARE system could increase the students’ skill to express the simple descriptive monolog orally in terms of:
The finding in qualitative approach and quantitative approach show that the ICARE system could increase the students’ skill to express the simple descriptive monolog orally in terms of:
(1) increasing of the students skills to express the simple descriptive monolog,
(2) improving the students’ ability to use spoken English literary proficiency dealing with the correct pronunciation, structure and fluently and
(3) increasing the students’ self confident.
Key words: Monolog Descriptive Lisan Sederhana yang berterima, Sistim ICARE
Abstrak: Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan mengungkapkan monolog Descriptive sederhana yang berterima bagi siswa kelas VIIA di SMP Negeri 1 Pucanglaban Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini sebagai jawaban dari kesulitan guru bahasa Inggris ketika membelajarkan siswa pada siklus lisan. Pelaksanaan (PTK) ini menggunakan tiga siklus dengan menerapkan pembelajaran monolog Descriptive lisan sederhana yang berterima menggunakan sistim ICARE. Sistim ICARE dilaksanakan melalui lima tahap yaitu, Introduce (Kenalkan), Connect (Hubungkan), Apply (Terapkan), Reflect (Refleksikan) dan Extend (Perluaslah) pada bahasan Personal Descriptive untuk mendiskripsikan orang-orang terkenal dengan kriteria penilaian meliputi permahaman kosa kata, pengucapan, kelancaran dan ketepatan menggunakan struktur kalimat.
Hasil analisis data yang diperoleh secara kualitatif dan secara kuantitaif menunjukkan bahwa dengan menggunakan sistim ICARE, dapat meningkatkan keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive lisan sederhana yang berterima, hal ini ditandai dengan:
Key words: Monolog Descriptive Lisan Sederhana yang berterima, Sistim ICARE
Abstrak: Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan suatu upaya untuk meningkatkan keterampilan mengungkapkan monolog Descriptive sederhana yang berterima bagi siswa kelas VIIA di SMP Negeri 1 Pucanglaban Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini sebagai jawaban dari kesulitan guru bahasa Inggris ketika membelajarkan siswa pada siklus lisan. Pelaksanaan (PTK) ini menggunakan tiga siklus dengan menerapkan pembelajaran monolog Descriptive lisan sederhana yang berterima menggunakan sistim ICARE. Sistim ICARE dilaksanakan melalui lima tahap yaitu, Introduce (Kenalkan), Connect (Hubungkan), Apply (Terapkan), Reflect (Refleksikan) dan Extend (Perluaslah) pada bahasan Personal Descriptive untuk mendiskripsikan orang-orang terkenal dengan kriteria penilaian meliputi permahaman kosa kata, pengucapan, kelancaran dan ketepatan menggunakan struktur kalimat.
Hasil analisis data yang diperoleh secara kualitatif dan secara kuantitaif menunjukkan bahwa dengan menggunakan sistim ICARE, dapat meningkatkan keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive lisan sederhana yang berterima, hal ini ditandai dengan:
(1) meningkatnya keterampilan siswa mengungkapkan monolog descriptive sederhana,
(2) meningkatnya kemampuan siswa didalam menggunakan bahasa Inggris lisan yang beterima dengan pengucapan yang relatif tepat, pada umumnya lancar dan menggunakan struktur kalimat yang tepat,
(3) meningkatnya keberanian siswa dalam mengungkapkan monolog descriptive sederhana.
Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan upaya untuk menjawab kesulitan yang penulis alami ketika membelajarkan siswa bahasa Inggris yaitu.... selanjutnya download disini
Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan upaya untuk menjawab kesulitan yang penulis alami ketika membelajarkan siswa bahasa Inggris yaitu.... selanjutnya download disini