2 Mei 2012

PTK IPA



PTK  IPA
Sebenarnya sudah agak lama aku mempunyai keinginan untuk menulis secara berkesinambungan pada satu hal yang aku fikir akan bermanfaat jika aku upload, yaitu masalah PTK!

Paling tidak manfaat itu akan aku rasakan sendiri sebagai sarana belajar untuk sedikit sedikit menambah pengetahuanku ( arep tambah akeh yo wis angel, sajeg-e tambah tuwo iki...he ... he...)

Jujur saja, sebenarnya PTK ini juga bukan buatanku ataupun hasil kegiatan yang aku lakukan sendiri, tapi aku dapat secara tak sengaja "NEMU", pas "akeh" pisan...., jadi akhirnya muncul dalam benak ini gagasan untuk mengedit dan menulisnya kembali secara berkesinambungan kayak serial sinetron Indonesia gitu, biar bisa aku gunakan sebagai sarana untuk berbagi.

Namun..., mengingat kesibukan yang terus "Nrithil", akhirnya baru pertanggal 1 Mei 2012 ini aku bisa mulai mengedit, menulis dan kemudian mengunggahnya di Web kesayanganku ini ... aku katakan Web kesayanganku ini karena sing paling sregep "mirsani" yo mung aku dhewe ditambah Pak Gadhang, ngono wae karo Pak Gadhang disambi momong anak utowo FB-nan lho..., jan kebangeten koq..., he he... ( Nguapunten lho Paaaaak.....), padahal Web ini milik bersama..., yo mung aku kedhapuk dadi admin-e ngono wae, lumayan-lah.... iso nitip nampang neng pojokan, bermanfaat bagi kalayak yen pas usum tikus...

Penyebab terlambat mulainya penulisan ini yang kedua adalah masalah teknis..., Keyboard Laptopku itu kalau digunakan untuk menulis sering "mencolot mencolot", bukan keybordnya lho yang mencolot, tapi hurufnya..., jadi sering artikel yang semestinya sudah teratur rapi sesuai dengan ukuran kemampuan saya yang pas pasan ini jadi semrawut lagi...., (ntar kalau rekan rekan menemukan kalimat yang ruwet nggak pareng marah lho yo...., malah sing paling apik podho urunan wae kanggo nyumbang tuku keyboard..., sebab nganti artikel iki di unggah tunjangan sertifikasi yo durung ono kabare...).

Tapi jangan khawatir..., walau tantangan menghadang, dorongan untuk berbagi ilmu PTK Insya'Allah tetap kuat koq..., hanya misalkan contoh PTK nya nanti ternyata bidang studinya belum muncul ya harus sabar ..., sebab yo antri...

Terus...., PTK ini juga hanya sebagai wacana, yang tentu saja harus dipelajari lagi..., ditelaah, dikembangkan...., disesuaikan dengan karakter peserta didik dan sarana pendukungnya..., (ntar kalau PTK nya sudah bagus tak giliran aku yang minta....)

Terutama nich..., bagi rekan rekan yang mau berangkat PLPG, dan belum punya contoh PTK...., sering sering aja berkunjung dan melihat Web ini..., siapa tahu nanti pas bidang studine muncul..., biar paling tidak nanti punya gambaran jika diminta untuk membuat PTK..., puenting temenan lho kuwi..., repot banget yen budhal PLPG ra duwe gambaran, pikiran bisa Errot...eh error....

Sementara..... sudah dulu basa basinya..., kita mulai serial contoh PTK 1, IPA

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah

Kurikulum pendidikan selalu mengalamiproses penyempurnaan dengan tujuan dapat meningkatkan mutu pendidikan secara nasional, sehingga dapat membentuk sumberdaya manusia yang bermutu tinggi. Ha ltersebut perlu direspon oleh seluruh warga negara utamanya oleh masyrakat pendidikan. Karena itu dalam implementasinya, guru harus selalu berupaya untukmencari dan menemukan berbagai strategi pembelajaran yang dapat memperkaya pengalaman belajar anak melalui kegiatan fisik maupun sosial.
Akan tetapi itu tidaklah mudah, masalahnya komposisi dalam kelas pada sekolah-sekolah di Indonesia umumnya terdiri atas peserta didik yang memiliki tingkat kecakapan yang bervariasi (mixedability) baik dalam hal kecerdasan intelektual, kecerdasan verbal, kecerdasan visual, maupun kecerdasan interpersonal. Keadaan tersebut mengakibatkan dalam proses belajar mengajar sering terjadi siswa yang tingkat kecerdasannya tinggi mendominasi kegiatan belajar dikelas dan siswa yang kurang kecerdasan intelektualnya cenderung pasif,
Seterusnya silakan download disini

MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH DAN PREDIKSI

MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH Dalam rangka membantu teman guru SD yang kesulitan mencari materi yang sesuai dengan KISI KISI UKG untuk tingka...