2 Mar 2012

Model Pembelajaran Pendekatan Scientific pada Kurikulum 2013

Model pembelajaran adalah suatu acuan atau pedoman dari sesuatu yang akan dilakukan yang di dalamnya memuat cara untuk menjadikan orang belajar.
Saat ini sudah banyak para pakar yang berusaha mengembangkan berbagai model pembelajaran matematika. Namun demikian, dalam makalah ini selain hanya difokuskan pada 4 model pembelajaran matematika yang berorientasi pada pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) juga akan sedikit diuraikan kembali model pembelajaran langsung yang mana untuk materi-materi tertentu sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika.
Dengan disahkannya kurikulum 2013, diperlukan model pembelajaran yang dapan menunjang tercapainya tujuan kurikulum 2013, metode pembelajaran ini yaitu melalui konsep Pendekatan Scientific merujuk pada kriteria sebagai berikut:
  1. Materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan atau dongeng semata.
  2. Penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis.
  3. Mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.
  4. Mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran.
  5. Mendorong dan menginspirasi siswa mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi pembelajaran.
  6. Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan.
  7. Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya.
ada tiga model pembelajaran yang digunakan dalam metode pendekatan scientific, yaitu:
  1. Model Discovery Learning silakan download disini
  2. Model Project Based Learning silakan download disini
  3. Model Problem Based Learning silakan download disini



MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH DAN PREDIKSI

MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH Dalam rangka membantu teman guru SD yang kesulitan mencari materi yang sesuai dengan KISI KISI UKG untuk tingka...