7 Mar 2013

SUKSES UN 2013, Dengan Modul SIAP UN 2013 !!!

SUKSES UN 2013, Dengan Modul SIAP UN 2013 !

 
Berapapun jumlah paket soal UN 2013 yang dibuat oleh KEMDIKNAS, apakah 5 paket, 20 paket atau bahkan 100 paket pun seharusnya tidak menjadi masalah bagi kita, sebab setiap paket soal walaupun berbeda bentuk soal maupun variabelnya pasti mempunyai kesetaraan dengan paket yang lain.
Dengan demikian, jika setiap anak sudah mempersiapkan diri melalui belajar intensif, rajin berlatih soal, sering mencari pengetahuan tambahan dari berbagai sumber yang tersedia, serta bantuan dari guru yang dengan bijak dapat memprediksi bentuk soal yang akan keluar, tentunya UN bukanlah hal yang harus ditakuti.
Pada faktanya, yang bingung dalam pelaksanaan UN bukanlah para siswa yang akan menghadapinya, tapi malah gurunya...!!!  
Bayangan akan tingkat keberhasilan UN di-sekolahnya, peringkat umum ditingkat Kabupaten, Provinsi, bahkan Nasional sudah merupakan beban tersendiri, belum lagi ditambah dengan pesan agar LULUS semua dengan nilai BAGUS (dan seharusnya harus demikian!) dari Dinas terkait, akan membuat guru menjadi semakin "Gugup" dalam mempersiapkan anak anak, yang terkadang bisa mempengaruhi kebijakan guru maupun sekolah untuk melakukan tindakan yang berlebihan dalam mempersiapkan para siswa dengan cara memberi soal sebanyak banyaknya kepada siswa tanpa melihat kenyataan bahwa para siswa sudah "nek" dengan latihan soal, bosan dengan banyaknya soal yang harus dikerjakan, dan hal ini tentunya sudah keluar dari konteks pembelajaran yang menyenangkan!
Solusi :
LULUS dengan Nilai BAGUS tentunya dapat diperoleh dengan latihan terukur, tidak usah terlalu banyak latihan soal yang kita berikan kepada siswa, yang penting adalah soal yang kita berikan tersebut adalah soal yang bermutu, selektif berdasar indikator yang essensial dari SKL yang ada!
Untuk itulah selain soal prediksi berdasar bedah SKL yang sudah kami upload sebelumnya, untuk saat ini kami siapkan lagi MODUL PERSIAPAN UJIAN NASIONAL 2013 dari Ibu Alfa Kristanti.
Mudah mudahan bermanfaat. Amin!!!

MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH DAN PREDIKSI

MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH Dalam rangka membantu teman guru SD yang kesulitan mencari materi yang sesuai dengan KISI KISI UKG untuk tingka...