15 Okt 2013

Bilangan-Bilangan Yang Menakutkan

Bilangan-bilangan Yang Menakutkan
oleh : Sumardyono, M.Pd



Teori bilangan merupakan salah satu cabang matematika yang paling mengasyikkan. Mengapa tidak ? Kebanyakan teka-teki atau permainan banyak terkait dengan bilangan. Permainan matematika yang terkenal dan sudah sejak lama ada antara lain bujursangkar ajaib, serta beberapa terapan deret dan kombinatorika.

Selain banyak bersinggungan dengan permainan dan teka-teki matematika, teori bilangan juga menyuguhkan keajaiban lain berupa masalah atau soal-soal yang belum terpecahkan (unsolved problem). Untuk menyebut beberapa yang terkenal dan bertahan lama, antara lain Dugaan Prima Kembar (twin prime conjucture), serta masalah Collatz (Collatz problem).

Pada artikel kali ini, penulis ingin memperkenalkan rekreasi matematika terkait bilangan, yaitu beberapa bilangan yang dinamakan dengan nama-nama yang menakutkan. Walau agak kontradiktif dengan sifat nama-nama yang diberikan, namun penelaahan jenis bilangan tersebut merupakan suatu kegiatan rekreasi yang cukup mengasyikkan.

Selengkapnya download file artikel disini

MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH DAN PREDIKSI

MATERI UKG LENGKAP SD RENDAH Dalam rangka membantu teman guru SD yang kesulitan mencari materi yang sesuai dengan KISI KISI UKG untuk tingka...